» » » Polres Sanggau Terima Asistensi dan Supervisi dari Polda Kalbar

Polres Sanggau Terima Asistensi dan Supervisi dari Polda Kalbar

Penulis By on Selasa, 12 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang PPKO Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Asistensi dan Supervisi Dalam Rangka Pengecekan Situasi Kamtibmas, Ops Aman Nusa II/PMK dan Percepatan Vaksinasi Covid-19 Di Wilkum Polres Sanggau.

Kegiatan Asistensi dipimpin oleh Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol Muhammad Guntur, S.I.K., M.H., selaku Ketua Tim Asistensi beserta AKM 1 Itwasda Polda Kalbar Kombes Pol Eddy Suryantha Tarigan, S.I.K, PA Sat Brimob Polda Kalbar Ipda Fery Dim Saputra, S.H, PA Itwasda Polda Kalbar Ipda Ady Irawan, S.ST, yang dihadiri oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberty Kombo, S.I.K, M. AP., serta Pejabat Ops Aman Nusa II/PMK dan Paurkes Urkes Polres Sanggau.

Dalam arahannya, Dansat Brimob Polda Kalbar mengatakan bahwa Situasi kamtibmas di wilayah Polda Kalbar cenderung landai, penyelesaian perkara cukup tinggi, diharapkan Keberhasilan ini dapat dipertahankan.

“Tahapan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 sudah di mulai, mesin politik telah berjalan, diharapkan anggota polri harus menjaga netralitas dan jangan terlibat politik praktis,” ucapnya.

Guntur juga meminta agar seluruh Anggota Polri dapat menjaga situasi kamtibmas yang kondusif.

“PMK menjadi atensi Presiden dan melibatkan Polri dalam penanganan PMK yang meresahkan masyarakat dengan melaksanakan Ops Aman Nusa II Penanganan PMK khususnya di wilayah hukum Polda Kalbar,” ujarnya.

“Hasil dari Operasi Aman Nusa II / PMK ini harus dapat dirasakan oleh masyarakat dengan upaya pencegahan dan penanganan serta Ban Ops harus nyata dilaksanakan,”tambahnya.

Dansat Brimob juga mengingatkan agar Dalam pelaksanaan Ops Aman Nusa II/PMK datangi peternak untuk memberikan sosialisasi dan himbauan.

“Terkait Vaksinasi Covid-19 agar ditingkatkan dan sampaikan kepada seluruh anggota bahwa pandemi belum berakhir, belum menjadi endemic,” tutupnya.


Dalam kegiatan yang sama, AKM 1 Itwasda Polda Kalbar Kombes Pol Eddy Suryantha Tarigan menjelaskan bahwa Salah satu tujuan kegiatan asistensi untuk membantu dalam pelakaanan Ops Aman Nusa II/PMK, apabila ada permasalahan dan kendala agar disampaikan sebagai bahan laporan kegiatan asistensi kepada bapak Kapolda.

“Harkamtibmas seyogyanya dilaksanakan evaluasi setiap bulan untuk melihat tren agar dapat di antisipasi kejahatan/gangguan yang tertinggi. Potensi konflik terkait perkebunan perlu dilakukan langkah langkah antisipasi untuk menangani potensi konflik yang dimungkinkan akan terjadi,” ungkapnya.

Terkait PMK, Kombes Pol Eddy mengungkapkan saat ini sudah terjadi 6 kasus di 1 wilayah Kecamatan, langkah langkah antisipasi agar tetap dilaksanakan.

“Seluruh polsek jajaran melaksanakan kegiatan KRYD untuk mendukung pelaksanaan Operasi Penanganan PMK,” pintanya.

Terkait vaksinasi bahwa pandemi belum berakhir, kegiatan vaksinasi agar ditingkatkan khususnya vaksin booster di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Tingkatkan kembali kesadaran masyarakat untuk dapat menerima vaksin ke dua dan boooster melalui edukasi dan sosialisasi, jemput bola daerah yang cakupan vaksinasi masih rendah,” ajaknya.

Kombes Pol Eddy juga menyampaikan atensi bapak Kapolda tentang peredaran narkoba terutama di daerah perbatasan, jangan sampai ada anggota yang telibat dalam jaringan.

Adapun sasaran pelaksanaan Asistensi dan Supervisi dalam rangka Pengecekan Situasi Kamtibmas, PMK dan Percepatan Vaksinasi Covid-19 antara lain meliputi kelengkapan Administrasi Pelaporan dalam hal Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan Kegiatan, Pengendalian dan Dukungan Anggaran Ops Aman Nusa II/PMK.

Dilaksanakannya kegiatan Asitensi dan Supervisi dalam rangka melakukan Pengawasan dan Pemeriksaan hasil kegiatan pelaksanaan Pengecekan Situasi Kamtibmas, Ops Aman Nusa II/PMK dan Percepatan Vaksinasi Covid-19 di Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya