» » » Cegah penyebaran PMK Satgas OPS PMK Polresta Pontianak Polda Kalbar Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Kandang Peternak

Cegah penyebaran PMK Satgas OPS PMK Polresta Pontianak Polda Kalbar Rutin Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Kandang Peternak

Penulis By on Kamis, 21 Juli 2022 | No comments


Pontianak, Kalbar - Menindak lanjuti arahan Kapolresta  Pontianak,  Kombes Pol Andi Herindra, S.I.K. Satgas OPS Aman Nusa II Pencegahan PMK Polresta Pontianak  bersama dengan Dinas Pangan Perternakan dan Perikanan  Kota Pontianak melakukan  penyemprotan disinfektan terhadap kandang  ternak sapi warga, Rabu (20/7).

Pelaksanaan menyemprotan disinfektan ditingkatkan terhadap sapi yang sehat guna meningkatkan antibodi pasca puluhan sapi terserang penyakit mulut dan kuku (PMK) di wilayah Kota Pontianak.

Seperti yang dilakukan Satgas OPS Aman Nusa II PMK Polresta Pontianak saat melakukan penyemprotan kandang sapi milik Bapak H. Jiman dan Pak Samuri di Jalan Parit Haji Husein II Rabu siang ini.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan terhadap kandang sapi maupun kandang kambing milik warga untuk mencegah penularan maupun penyebaran. Disamping melakukan penyemprotan satgas Aman Nusa II PMK juga melakukan Himbauan dan sosialisasi masalah penyebaran PMK pada hewan Ternak, seperti melaksanakan Patroli Dialogis dan humanis.

Kasat Samapta Polresta Pontianak, AKP Samidi selaku Kasatgas Penanganan mengungkapkan bahwa sebentar lagi akan dilakukan vaksinasi terhadap ternak kuku genap, kemarin Vaksin untuk PMK sudah datang dan Kalbar mendapat ± 30 ribu dosis dan saat ini masih disimpan dikantor Dinas terkait, penyemprotan disifektan terhadap ternak sapi ini diharapkan dapat meminimalisir penyebab penyakit dan mencegah ini penyebarluasan penyakit PMK di wilayah Kota Pontianak.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya