» » » Cegah PMK Bhabinkamtibmas Polsek Mukkok Cek Ternak Sapi Warga Binaan

Cegah PMK Bhabinkamtibmas Polsek Mukkok Cek Ternak Sapi Warga Binaan

Penulis By on Kamis, 28 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Dalam upaya pencegahan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Mukok Bripka Ahmad Kardoyo mendatangi salah satu peternak sapi milik Sdr. Yusran di Dusun Sungai Akar Desa Semuntai Kecamatan Mukok Kabupaten Sanggau, Kamis (28/7).

Dalam kesempatan tersebut Bripka Ahmad Kardoyo melakukan pengecekan serta kondisi ternak sapi warga kemudian memberikan edukasi / gambaran tentang penyakit PMK serta cara mengantisipasinya dengan memberikan vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan menyemprotkan disinfektan sekitar kandang agar kandang tetap dalam keadaan bersih.

“Kami memberikan edukasi kepada peternak terkait pencegahan penyebaran penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak,” terang Bhabinkamtibmas.

“Disamping itu kami juga menghimbau kepada peternak apabila ada kelainan pada hewan ternak seperti mulut berbusa segera laporkan ke penyuluh peternakan atau dokter hewan,” tambah Bripka Ahmad Kardoyo.

Kedatangan Bhabinkamtibmas mendapatkan sambutan dari Sdr. Yusran pemilik ternak sapi yang di kunjungi Bripka Ahmad Kardoyo dan mengucapkan terima kasih atas imbauan yang telah di sampaikan.

Sementara itu, Kapolsek Mukok Ipda Suhariyanto menjelaskan, monitoring ini sangat penting sebagai upaya mencegah penyebarluasan penyakit PMK di wilayah Kecamatan Mukok.

“Peran aktif peternak sangat diharapkan agar dapat mendeteksi secara dini gejala ternak yang terserang virus guna mencegah penyebarluasan PMK,” kata dia.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya