» » » Kapolres Sanggau Hadiri Pembukaan Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Kapolres Sanggau Hadiri Pembukaan Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Penulis By on Kamis, 07 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Kaporles Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K menghadiri kegiatan Pembukaan Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022 yang dilaksanakan di Rumah Betang Raya Dori 'Mpulor Desa Sei Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Kamis (7/7).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Sanggau, Kepala Rupbasan Kabupaten Sanggau, Kepala Rutan Kelas II B Sanggau, Kepala BPN Sanggau, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sanggau, Dansubdenpom XII Sanggau, Kepala Loka POM Sanggau, Anggota DPR-RI, DPRD Provinsi Kalimantan Barat dan DPRD Kabupaten Sanggau, Direktur PT. Antam, Pimpinan Bank Dan Lembaga Keuangan Kabupaten Sanggau, Raja Keraton Tayan, Pangeran Ratu Surya Negara, Pastor Paroki Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau dan Paroki Bunda Pengharapan Bunut Sanggau, Sekretaris Jenderal MADN, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Landak dan Kabupaten Sekadau, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang (Patih Jaga Pati Laman Sembilan Domong Sepuluh Kabupaten Ketapang), Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Sanggau, Para Camat, Ketua DAD Kecamatan Se-kabupaten Sanggau, Ketua DPC dan PAC TBBR se-Kabupaten Sanggau, Tokoh Masyarakat Dayak, Tokoh Adat dan Tokoh Agama se-Kabupaten Sanggau, para undangan dan peserta Ritual Adat Nosu Minu Podi sebanyak kurang lebih 1000 orang.

Rangkaian kegiatan diawali dengan Pancung Buluh Muda oleh Bupati Sanggau dilanjutkan dengan Ritual adat Nosu Minu Podi, Laporan Ketua Panitia serta Pembacaan hasil beraump.

Ketua DAD Kabupaten Sanggau Drs. Yohanes Ontot dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Esa atas panen padi yang diperoleh dan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi masyarakat adat dayak dalam memajukan budaya dayak.


“Kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi KE-XVIII Tahun 2022 dilaksanakan 2 (dua) hari yaitu tanggal 6-7 Juli 2022 oleh karena itu tidak dilaksanakan kegiatan perlombaan seperti tahun sebelumnya karena saat ini belum berakhir Covid-19,” ucapnya.
 
Ketua DAD Sanggau berharap agar kedepan generasi-generasi muda kita adalah generasi yang berkwalitas, kreatif, berbudaya dan bermartabat dengan tetap mempertahankan nilai-nilai kearifan lokal dengan identitas dirinya sebagai bangsa yang berbudaya yaitu bangsa Indonesia.
 
“Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisifasi, membantu dan mendukung atas terlaksananya kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi Ke-XVIII,” tutupnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya