» » » Kapolres Sanggau Pimpin Kegiatan Syukuran Hari Bhayangkara ke-76

Kapolres Sanggau Pimpin Kegiatan Syukuran Hari Bhayangkara ke-76

Penulis By on Selasa, 05 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Usai pelaksanaan Apel Hari Bhayangkara secara Virtual, Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kel. Beringin Kec. Kapuas Kab. Sanggau telah dilaksanakan kegiatan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022, Selasa (5/7) pagi.

Kegiatan dihadiri Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, Ketua DPRD Kabupaten Sanggau Jumadi, S.Sos, M. Si, Forkompimda Kabupaten Sanggau, Kepala Instansi Vertikal, Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M. AP., PJU Polres Sanggau, Perwira Staf, Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau beserta Pengurus, Purnawirawan dan Warakauri.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau mengajak untuk memankatkan puji syukur kehadirat Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya hari ini kita masih diberikan nikmat kesehatan baik jasmani maupun rohani untuk dapat hadir bersama di tempat ini mengikuti acara Syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 dengan Tema “Polri Presisi Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Untuk Mewujudkan Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

“Tema tersebut mencerminkan Polri terus berupaya menyelaraskan program kerja dengan program pembangunan yang dijalankan Pemerintah, salah satunya pemulihan ekonomi nasional dan reformasi struktural dalam tubuh polri sendiri,” ucapnya.

Pada kesempatan ini saya atas nama pribadi dan selaku Kapolres Sanggau mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara Ke-76 Kepada Seluruh Personel Polres Sanggau yang saya cintai dan saya banggakan.

Diiringi dengan ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas yang telah dipersembahkan demi kemajuan dan kebaikan Institusi Polri. Semoga pengorbanan yang tulus ikhlas tersebut dapat bermanfaat bagi kejayaan Bangsa dan Negara serta bernilai ibadah di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Kita sepenuhnya menyadari, bahwa seluruh capaian keberhasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas tidak terlepas dari dukungan dan peran serta aktif segenap Stake Holders dan komponen masyarakat. Oleh karena itu pada kesempatan yang membahagiakan ini, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada mitra kerja dan semua pihak yang telah membantu Polri selama ini,” ucap Kapolres Sanggau.

Berbagai rangkaian dalam memperingati Hari Bhayangkarapun telah dilaksanakan di antaranya kegiatan Batikes Donor Darah, Pertandingan Sepak Bola Persahabatan, Pertandingan Menembak, Baktikes Vaksinasi Serentak, Lomba Kebersihan Mako dan Rumdin, olahraga bersama Sinegritas TNI-Polri, Baksos dan Bansos di Wilayah Perbatasan, Turnamen Futsal, Anjangsana Kepada Purnawirawan / Warakawuri, Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan, Ziarah dan Tabur Bunga, Doa Bersama Lintas Agama, Hingga Pada Puncak Pelaksanaan Upacara Hari Bhayangkara Ke-76 yang dilaksanakan secara virtual.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kapolres Sanggau menyampaikan beberapa hal yang menjadi perhatian dan penekanan diantaranta saat ini kita masih berada dalam masa penanganan Covid-19, tentunya saya selaku Kapolres mengingatkan kepada rekan-rekan untuk senantiasa berpartisipasi aktif dalam hal ini. Polri jangan sampai lengah sedikitpun dalam menjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum sesuai dengan aturan yang berlaku di Negara Tercinta Kita Ini.

“Sebagai abdi negara sudah seharusnya kita bersama saling bahu-membahu untuk meningkatkan kemananan dan kenyamanan serta ketertiban di tengah masyarakat. Kita jangan sampai lengah dalam memberikan pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia. Teruslah bertransformasi menuju Polri yang responsif, transparan dan berkeadilan serta menjadi abdi utama untuk Nusa dan Bangsa, Jaya Selalu Polisi Indonesia,” pesan Kapolres Sanggau.

“Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan, keselematan dan kelancaran kepada kita semua dalam menjalankan tugas dan pengabdian pada Institusi Polri yang kita banggakan ini,” tutupnya.


Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dalam sambutannya menyampaikan Hari ini kita bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, kita dapat merayakan Hari Bhayangkara Ke-76 Th 2022.

“Pemerintah Daerah mengapresiasi Polres Sanggau dalam hal menjaga keamanan di Kabupaten Sanggau, masalah keamanan bukan hanya di pundak Polri namun perlu peran serta partisipasi dari masyarakat,” ucapnya.

Wakil Bupati Sanggau mengungkapkan bahwa Permasalahan sosial tidak dapat di prediksi, Kabupaten Sanggau merupakan daerah pertambangan dan perkebunan, jalinan kerjasama Pemda, Polri dan Lembaga lainnya perlu ditingkatkan.

“Kehadiran Polri ditengah-tengah masyarakat memberikan rasa nyaman dan damai. Semoga Polri sukses selalu, Selamat Hari Bhayangkara Ke-76,” tukasnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Pemberian Piagam Penghargaan Kapolda Kalbar kepada Anggota yang berprestasi yakni Bripka Novi Iswandi Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Sekayam yang berhasil meraih Juara ke-3 dalam lomba Video 3 Pilar Tingkat Polda dan Tingkat Polres  yang diserahkan langsung oleh Kapolres Sanggau.

Pemberian Penghargaan Kapolres Sanggau kepada Anggota Berprestasi diantaranya Bripka Novi Iswandi Anggota Bhabinkamtibmas Desa Bungkang Polsek Sekayam (Berprestasi Dalam Pelaporan Pada Aplikasi BOS V.2 Tertinggi Dengan Jumlah 512 Pelaporan), Bripka Firdaus Febri Tri Suhardi, S.Pd Anggota Bhabinkamtibmas Desa Kuala Rosan Polsek Meliau (Berprestasi Membuat Terobosan Kreatif Menjadi Guru Bantu Dalam Upaya Membantu Memberantas Buta Aksara Di Wilayah Daerah Binaan).

Pemberian Hadiah Perlombaan yang diserahkan oleh Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau Ny. Chia Ade Kuncoro diantaranya Lomba Kebersihan Mapolsek Juara Pertama Polsek Sekayam, Lomba Kebersihan Ruang Kerja Juara Pertama Bagren, Lomba Kebersihan Rumah Dinas Juara Pertama Aspol Akp Sulastri, S.H., M.M.

Kemudian dilanjutkan dengan Penyerahan Sertifikat Aset BMN Kabupaten Sanggau dari Kepala BPN Sanggau kepada Kapolres Sanggau.

Selanjutnya Prosesi Pemotongan Tumpeng dan Pemotongan Kue oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sanggau dan diserahkan kepada Anggota tertua yanki Pamen Polres Sanggau AKBP Dwi Karno dan Anggota termuda Bripda Repi Arpiandi.

Usai Kegiatan syukuran, Kapolres Sanggau mengatakan dilaksanakannya kegiatan Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 sebagai momentum untuk repleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Mengingat tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks dan persoalan sosial yang dinamis menuntut Polri untuk bersikap responsif dan peka serta terus menerus mereformasi diri dan meningkatkan kualitas kinerja secara Profesional,” ucapnya.

“Kegiatan Syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 ini juga sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta agar kita semua sebagai komponen Bangsa Indonesia senantiasa diberikan kekuatan menghadapi tantangan ke depan menuju Indonesia Tangguh- Indonesia Tumbuh,” tukas Kapolres Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya