» » » Malam Penutupan Rangkaian Kegiatan Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Malam Penutupan Rangkaian Kegiatan Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022

Penulis By on Jumat, 08 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Rumah Betang Raya Dori 'Mpulor Ds. Sei Mawang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Malam Penutupan Rangkaian Kegiatan Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Ke XVIII Kabupaten Sanggau Tahun 2022, Kamis (7/7) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP, M.Si., Wakil Bupati Sanggau sekaligus Ketua DAD Kab Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Kabagops Polres Sanggau Kompol Ida Bagus Gde Sinung, S.H., M.H., Kasdim 1204/Sgu Mayor Czi Budi Rahardi, Sekda Kabupaten Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka, MM., Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Kasi Intel Kejari Sanggau Fredy Wiryawan, S.H., Ketua Panitia Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Sudarsono, S. AP., Wakil Ketua Panitia Gawai Ritual Adat Dayak Nosu Minu Podi Yuvenalis Krismono. S.E., M.Si., Camat se-Kabupaten Sanggau, Ketua DAD Kecamatan se-Kabupaten Sanggau, Ketua DPC dan PAC TBBR se-Kabupaten Sanggau, Tokoh Masyarakat Dayak, para undangan dan pengunjung Gawai Adat Dayak Nosu Minu Podi sebanyak kurang lebih 1500 orang.

Dalam sambutannya Ketua DAD Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa Kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi ini dapat dilaksanakan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi masyarakat adat dayak itu sendiri dan masyarakat dari berbagai etnis lainnya sebagai wujud keberagaman dalam memajukan Budaya Daerah .

Tadi pagi telah dilaksanakan kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi diawali dengan ritual di pedagi dan dilanjutkan dengan beraump raya yang dihadiri oleh pengurus DAD Kabupaten Sanggau, DAD Kecamatan hendaknya momentum ini untuk meningkatkan kesadaran kita selaku masyarakat Sanggau untuk selalu menjunjung Adat dan Budaya yang ada di daerah kita.


“Saya berharap antusias dari masyarakat dalam melaksanakan ritual adat dayak tetap dipertahankan dan dilestarikan hingga nantinya perhelatan Ritual Adat Nosu Minu Podi ini tetap terlaksana pada tahun-tahun berikutnya. Terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan ritual adat ini,” ucapnya.

“Selanjutnya terima kasih kepada DAD Kecamatan Toba sebagai tuan rumah pelaksanaan kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi Tahun 2022,” pungkasnya.

Kegiatan Ritual Adat Nosu Minu Podi rutin dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan Yang Esa atas panen padi yang diperoleh dan sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi masyarakat adat Dayak dalam memajukan budaya Dayak.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya