» » » Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar Lakukan Patroli dan Koordinasi Vaksinasi Hewan Ternak

Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar Lakukan Patroli dan Koordinasi Vaksinasi Hewan Ternak

Penulis By on Jumat, 22 Juli 2022 | No comments


Pontianak  - Untuk mengantisipasi meluasnya wabah Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternak di Kota Pontianak, Subsatgas Lantas Polda kalbar Aman Nusa II memiliki kiat jitu melaksanakan patroli prioritas sasaran pada kendaraan pengangkut hewan ternak. Hal ini disampaikan AKBP Ayun Kusnawaji selaku Kasatgas 1 Pencegahan Aman Nusa II PMK.
 
Ada beberapa titik lokasi jalan sudah kami petakan dan terus dipantau merupakan daerah rawan pintu masuk arus kendaraan pengangkut hewan ternak.
 
Beberapa Lokasi prioritas tersebut adalah wilayah Kota Pontianak jalan Dr. Wahidin, Jalan Ujung Pandang Ampera dan wilayah Kubu Raya Jalan Adis Sucipto serta Jalan Paret Mayor Jalan Trans Kalimantan tersebut dianggap sebagai pintu masuk arus kendaraan Membawa hewan ternak.
 
AKBP Ayun Kusnawaji mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kota Pontianak dalam proses percepatan penyaluran vaksinasi PMK pada hewan ternak di Kota Pontianak.
 
Dirinya menekankan, bahwa saat ini Pemerintah menetapkan kunci menghindari PMK diantaranya dengan 5M. Memberikan vaksin pada hewan ternak sehat, Menjaga sanitasi dan biosekuriti kandang hewan ternak, Membatasi lalu lintas hewan ternak dan produk hewan ternak, Mengisolasi hewan ternak yang sakit juga hewan ternak yang baru dan Melaksanakan stamping out (pemusnahan) hewan ternak yang sakit PMK di area bebas PMK.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya