» » » Vicon Rapat Kordinasi Pengawasan (RAKORWAS) Kompolnas - Polri Tahun 2022

Vicon Rapat Kordinasi Pengawasan (RAKORWAS) Kompolnas - Polri Tahun 2022

Penulis By on Selasa, 26 Juli 2022 | No comments


Polres Sanggau - Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P beserta para Kasat dan Perwira Polres Sanggau menghadiri kegiatan Video Conference Rapat Kordinasi Pengawasan Kompolnas - Polri Tahun 2022 dengan tema Independensi Pengawasan Guna Perubahan Mindset dan Culture Set Dalam Penegakan Kode Etik Profesi Untuk Mewujudkan Polri Yang Presisi.

Kegiatan dihadiri oleh Sekretaris sekaligus Ketua Harian Kompolnas Irjen. Pol. (Purn.) Dr. Benny Josua Mamoto, S.H., M.Si., Menkumham RI Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D., Kaba Intelkam Polri Komjen. Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si., PJU Mabes Polri, para Komisioner Kompolnas, para Kapolda, PJU Polda, Kapolres beserta PJU Polres/Ta jajaran kewilayahan secara virtual melalui Zoom Teleconference.

Dalam Sambutan Wakapolri yang disampaikan oleh Kaba Intelkam Polri Komjen. Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si mengucapkan Terimakasih kepada jajaran Kompolnas yang semenjak berdiri telah mendukung POLRI dalam menjalankan Tupoksi Polri sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat untuk wujudkan Polri yang presisi.

Apresiasi sebesarnya kepada kompolnas atas atensinya terhadap Institusi Polri, berharap melalui kegiatan ini dapat semakin ditingkatkan dan terwujud dan kesejahteraan akan terus meningkat, akan dicintai oleh masyarakat,” ucapnya.

Komjen Pol Ahmad Dofiri mengungkapkan Dambaan masyarakat akan kehadiran Polri yang profesional dan mandiri juga diharapkan dilakukan oleh Peran Kompolnas sebagai pengawas eksternal.

Ia juga megatakan bahwa Kegiatan Rakorwas sebagai wujud peningkatan kemitraan dan harmonisasi kerjasama antara Kompolnas dengan fungsi pengawasan Internal Polri dalam rangka meningkatkan efektivitas pengawasan menuju Polri Presisi dengan tujuan utama mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri sesuai dengan tema "Independensi Pengawasan Guna Perubahan Mindset dan Culture Set Dalam Penegakan Kode Etik Profesi Untuk Mewujudkan Polri Yang Presisi".

Dengan terlaksananya kegiatan Rakorwas agar dapat menjadi bahan masukan dalam menentukan arah bijak penataan regulasi, sistem dan metode serta dapat mengubah Kultur Polri agar lebih baik di masa mendatang,” ungkapnya.

Perkembangan dan Tantangan Dinamika Kompleksitas tugas Polri di era Digital, peran teknologi dan media digital mempunyai peranan penting terhadap perkembangan Sitkamtibmas, Polri harus terus meningkatkan SDM melalui pemanfaatan teknologi , perubahan pola pelayanan Kepolisian juga harus lebih mengedepankan tindakan yang humanis kepada masyarakat secara proaktif dan preventif.

Dalam bidang penegakan hukum, Polri harus senantiasa meningkatkan profesionalisme dan transparansinya kepada masyarakat sehingga tujuan penegakan hukum dapat dicapai dan semakin meningkatnya Tingkat kepercayaan masyarakat dan Penilaian Publik terhadap Kinerja Polri,” terangnya.

Melalui kegiatan Rakorwas ini, Komjen Pol Ahmad Dofiri meminta untuk tingkatkan Sistem pengawasan yang akuntabel terhadap kinerja Polri maksimalkan fungsi pengawasan tuk hadapi tuntutan masyarakat baik secara internal dan eksternal melalui Kompolnas, Efektivitas pengawasan oleh Kompolnas akan  mampu mendorong menuju Polri yang PRESISI.

Tujuan pelaksanaan kegiatan rapat koordinasi pengawasan untuk membahas upaya dan langkah-langkah konkrit dalam peningkatan efektivitas pengawasan oleh Kompolnas guna menuju Polri PRESISI dengan tujuan utama untuk mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri. Serta Tingkatkan sinergitas baik Internal dan Eksternal di semua jajaran secara lebih optimal,” ucapnya.

Bersama Internal dan Eksternal Polri siap meningkatkan sosialisasi dan edukasi secara masiv guna modernisasi pelayanan yang cepat, profesional dan akuntabel tuk meningkatkan kinerja dalam menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat.

Mohon dukungan kepada Kompolnas untuk mengawasi Polri agar dapat menjadi institusi yang semakin dicintai dan dipercaya masyarakat,” tutupnya.

Pelaksanaan Video Conference RAKORWAS Kompolnas - Polri Tahun 2022 dalam rangka meningkatkan sinergitas antara unsur Internal dan Eksternal Polri dalam Sistem pengawasan untuk membahas upaya dan langkah-langkah konkrit dalam peningkatan efektivitas pengawasan untuk mewujudkan Polri yang Profesional dan Mandiri menuju Polri yang Presisi.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya