» » » Upaya Pencegahan Dini PMK, Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar Lakukan Penyemprotan Desinfektan Kandang Ternak

Upaya Pencegahan Dini PMK, Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar Lakukan Penyemprotan Desinfektan Kandang Ternak

Penulis By on Senin, 15 Agustus 2022 | No comments


Waspada dan antisipasi wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak berkuku belah atau genap, Anggota Satgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar melakukan pengecekan ke kandang ternak, memberikan himbauan dan penyemprotan desinfektan kendang ternak sapi milik warga di wilayah Jalan Sepakat Gang Usaha Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara, Senin (15/8).

Kompol Abdullah selaku Kasatgas Ops Aman Nusa II Polda Kalbar mengatakan, pengecekan ini sebagai langkah awal pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) baik kepada pemilik ternak maupun penjual hewan kemudian dilakukan tindakan aksi nyata melakukan penyemprotan desinfektan sekitar kendang ternak warga.

“Masyarakat warga di Gang Usaha ini kita lakukan himbauan tentang PMK agar selalu menjaga kebersihan kandang dan menecek kondisi hewan, kemudian kami langsung melakukan penyemprotan desinfektan dengan menggunakan cairan khusus merk Prodestan yang telah memiliki kualitas sangat baik dengan adanya ISO 9001 dan ISO 14001 yang aman bagi lingkungan serta OHSAS 18001 yang menjamin kesterilan bagi kendang ternak,” ujarnya.

Meski sampai saat ini di wilayah Kalbar Khususnya Kecamatan Kecamatan Pontianak Tenggara belum ditemukan kasus PMK dan sudah berada di zona hijau atau zero case PMK, pihak satgas berkomitmen terus memantau perkembangan situasi wilayah yang banyak ditemui binatang ternak berkuku belah atau genap.

Anggota satgas juga selalu tidak pernah bosan menghimbau agar masyarakat yang memiliki ternak jangan lengah dalam menjaga hewan ternaknya, apabila mendapati hewan ternaknya memiliki ciri ciri klinis berliur berlebihan, mulut melepuh, kurang nafsu makan, tidak mampu berdiri, kuku kaku luka, panas tinggi antara 39° derajat sampai dengan 41° derajat agar segera melaporkan kepada pihak terkait dalam hal ini dinas peternakan dan dinas Kesehatan setempat guna dilakukan langkah medis penanganannya.

Kegiatan himbauan sosialisasi tentang PMK dan penyemprotan desinfektan tersebut diapresiasi oleh warga pemilik ternak bapak H. Sayoat dan Rahmat Manidin di Gang Usaha Kelurahan Bansir Darat Kecamatan Pontianak Tenggara.

“Kegiatan penyemprotan desinfektan ini sangat bagus, selain Dinas kesehatan yang memberikan penyuluhan tentang PMK kepolisian juga melakukan penyuluhan juga dan diteruskan dilakukannya penyemprotan desinfektan kendang ternak warga sehingga kami para peternak merasa aman dan tenang jika akan memelihara ternak kembali,” pungkas Rahmat.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya