» » » Anggota Polsek dan Koramil Toba Tinjau Lokasi Banjir di Desa Bagan Asam

Anggota Polsek dan Koramil Toba Tinjau Lokasi Banjir di Desa Bagan Asam

Penulis By on Senin, 10 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Tingginya Debit air akibat Intensitas Curah hujan tinggi dan luapan Air Sungai mengakibatkan banjir di wilayah RT 02 dan RT 03 Wilayah 00 Dusun Kemantan Desa Bagan Asam Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau.

Pengecekan dilakukan oleh Personil Bahabinkamtibmas bersama dengan Babinsa Desa Bagan Asam Kecamatan Toba.

Dari hasil pantauan dilapangan, ketinggian debit air berkisar 50 s/d 60 Cm, dalam hal ini menggenangi jalan disekitar pemukiman warga, serta beberapa rumah telah tergenang air, sehingga untuk sementara Masyarakat disekitar tidak dapat mengakses jalan Darat dengan kendaraan bermotor, melainkan dengan menggunakan Transportasi Air milik masing-masing Warga, serta terhambatnya aktifitas kegiatan warga.

Kapolsek Toba Iptu Nana Supriatna mengatakan Penyebab dari Naiknya Debit air adalah Peningkatan Intensitas Curah Hujan selama beberapa waktu dan meluapnya Sungai Labai.

“Saat ini terdapat 26 (Dua Puluh Enam) KK terdampak dengan hal tersebut diatas (dalam hal ini sementara stand by dirumah masing-masing menunggu air surut), terdapat 12 (Dua Belas) rumah warga yang mulai terendam, telah dilakukan antisipasi oleh masyarakat dengan mengamankan barang-barang kelokasi yang lebih tinggi,” terangnya.


Iptu Nana menjelaskan bahwa RT. 02 dan 03 Wilayah 00 Dusun Mungguk Kemantan Desa Bagan Asam Kecamatan Toba memang kerap mengalami Banjir, dikarenakan wilayah tersebut diatas berada diwilayah bantaran Sungai dan merupakan dataran rendah, penyebab utama meningginya Debit air adalah peningkatan Intensitas Curah Hujan dan meluapnya air pada Sungai Labai.

Kapolsek menambahkan saat ini, Warga terdampak lebih memilih untuk tinggal dirumah masing-masing menunggu surutnya air, hal tersebut sering dilakukan diakarenakan hal ini kerap terjadi.

“Perlu dilakukan langkah dan upaya-upaya penanganan terhadap Warga terdampak, dalam hal ini secara berjenjang lakukan Kordinasi terhadap pihak-pihak berkompeten terutama BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah),” ungkapnya.

“Melalui Peran Bhabinkamtibmas dengan melakukan Monitoring dan Himbauan secara Intens terhadap Masyarakat guna lebih waspada mengantisipasi kemungkinan bertambahnya ketinggian debit air,” tambahnya.

Apabila Intensitas Curah hujan meningkat akan menambah jumlah warga yang terdampak, serta semakin sulit akses darat yang dapat untuk dilalui menuju Lokasi.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya