» » » Pengecekan Lokasi Bencana Banjir di Desa Semuntai dan Desa Inggis Kecamatan Mukok

Pengecekan Lokasi Bencana Banjir di Desa Semuntai dan Desa Inggis Kecamatan Mukok

Penulis By on Senin, 10 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi serta meluapnya Aliran air di Sungai Kapuas mengakibatkan banjir yang membuat beberapa rumah warga menjadi tergenang air dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Bhabinkamtibmas Polsek Mukok Bripka Ahmad Kardoyo bersama Bhabinsa Koramil Mukok bergerak cepat merespon dan melakukan monitoring di beberapa lokasi yang terjadi banjir di wilayah Desa binaannya. Seperti yang terjadi di Desa Inggis dan Desa Semuntai Kecamatan Mukok.

Bripka Ahmad Kardoyo menuturkan bahwa di Desa Inggis tepatnya di Dusun Tanjung Periuk, Dusun Mangku Dua, Dusun Inggis dan Dusun Senjata dengan ketinggian air antara 50-80 Cm sedangkan di Desa Semuntai meliputi Dusun Semuntai dan Dusun Sungai Akar dengan Ketinggian air antara 50 - 80 Cm.

“Untuk wilayah Desa Inggis dari keempat Dusun yang terdampak sekitar 229 KK dan terendam sebanyak 3 KK sedangkan di Desa Semuntai dari Dua Dusun yang terdampak sekitar 122 KK,” paparnya.

Saat memantau lokasi banjir, Bripka Ahmad Kardoyo menyapa warga masyarakat sekaligus menghimbau kepada warga yang terdampak banjir agar lebih waspada serta hati-hati dalam menjaga ataupun meninggalkan rumahnya apabila akan mengungsi ke dataran tinggi, terutama barang-barang berharga dan aliran listrik.


“Apabila debit air naik lagi, saya berharap warga dapat sigap dan tetap waspada saat meninggalkan rumah terutama barang berharga dan aliran listrik,” ucap Bripak Ahmad Kardoyo.

Dirinya juga menghimbau untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman bisa di Kantor Desa atau di tempat sanak keluarga yang dataran lebih tinggi.

Terpisah Kapolsek Mukok Ipda Suhariyanto, SH mengatakan kehadiran Bhabinkamtibmas di Desa Binaan merupakan bentuk respon cepat Polri khususnya Polsek Mukok dalam mengayomi masyarakat khususnya yang mengalami musibah ataupun bencana.

”Kehadiran Anggota Polri ditengah-tengah masyarakat adalah hal yang harus dilakukan, karena Polisi adalah Pengemban Fungsi kamtibmas, dan Polisi sebagai salah satu pelaksana Fungsi Pemerintahan dibidang Harkamtibmas, perlindungan dan Pelayanan kepada Masyarakat,” tukas Ipda Suhariyanto.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya