» » » Video Conference dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M

Video Conference dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M

Penulis By on Selasa, 18 Oktober 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Vidcon Polres Sanggau dilaksanakan Kegiatan Video Conference (Vicon) dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M secara serentak dengan tema “Dengan Aktualisasi Keteladanan Akhlak dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Mewujudkan Polri Yang Presisi”.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, dengan dihadiri oleh Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, diikuti secara virtual oleh seluruh Kapolda beserta PJU serta para Kapolres jajaran.

Kegiatan Video Conference dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M secara Virtual dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Kemasyarakatan dan SDM Sophiar Juliansyah, Pasiter Kodim 1204 / Sanggau Kapten Inf Eko Prasetyo Widodo, Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Haklainul Dunggio, SH, MH, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau Drs. H. Gusti Arman, M.Si, Tokoh Agama Islam Ade Juandi, diikuti oleh para Kabag, Kasat, serta Perwira Staf yang beragama Islam.

Dalam sambutannya Kapolri menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, BEM dan OKP seluruh elemen masyarakat atas partisipasinya dan kesediaan waktunya untuk menghadiri kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kita kepada Nabi Besar Muhammad SAW.

“Selama dua tahun lebih kita menghadapi pandemi Covid-19 yang mana tenaga medis sempat kewalahan merawat pasirn Covid-19, Rumah Sakit sempat kekurangan pasokan oksigen, masyarakat merasakan dampaknya termasuk dibidang Ekonomi,” ucapnya.

Sigit mengatakan Terdapat 66 Negara dalam kerentanan perekonomian, 345 juta orang menderita kekurangan pangan akut, 19.600 orang meninggal dunia (setiap hari karena kelaparan).

“Alhamduliah Indonesia cukup tangguh dan mampu menghadapi berbagai ketidakpastian global tersebut dan mendapatkan pengakuan dunia karena mampu mencapai swasembada beras sejak tahun 2019 dan memiliki sistem ketahanan pangan yang baik,” katanya.

Saat ini Indonesia menempati peringkat ke-7 dengan tingkat inflasi terendah diantara Negara-Negara G20 lainnya. Ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 5,44% pada triwulan II-2022 meningkat 0,43% dibandingkan kwartal I-2022 sebesar 5,01%.


Pendapatan Negara tahun 2022 tumbuh 40% dibbandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp.1.764 Triliun dan Neraca perdagangan atau jual beli Indonesia denagn Negara lainnya selalu untung selama 27 bulan berturut-turut sebesar Rp.364 Triliun. Peningkatan tersebut harus kita jaga bersama-sama diperlukan kewaspadaan dan sense of crisis karena situasi saat ini tidaklah mudah dan tugas pokok Polri untuk Harkamtibmas, melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat serta menegakan hukum akan menjadi semakin berat.

“Dalam era keterbukaan informasi setiap orang bisa mengabarkan perilaku anggota Polri melalui media sosia, Satu sisi apabila kita mampu menunjukan sosok anggota Polri yang sesuai harapan masyarakat kepercayaan publik terhadap Polri akan meningkat, sisi lain bila perilaku yang tidak sesuai dengan harapan masyarakat akan menurunkan kepercayaan public,” ungkap Sigit.

Hal tersebut, Lanjut Kapolri, harus kita hadapi bersama dengan soliditas, kerja keras dan doa kita bersama, yakinlah pekerjaan itu dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya dan kepercayaan publik terhadap Polri akan kembali pulih.

“4 sifat utama Nabi Muhammad SAW yang harus kita teladani dalam menjalani kehidupan dan melaksanakan tugas sebagai insan bhayangkara yaitu Siddiq, Amanah, Tabligh dan Fathanah. Dengan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW tersebut seluruh anggota Polri dapat melaksanakan tugas sebagai linyomyan masyarakat secara optimal sebagaimana yang diharapkan masyarakat,” ujarnya.

Kesederhadaan dengan menghindari hidup yang bermewah-mewahan atau berlebihan untuk merefleksikan kita semua agar tidak terjebak dalam hidup hedonis yang menganggap bahwa kesenangan dunia merupakan akhir dan tujuan hidup. Profesi sebagai anggota Polri merupakan pekerjaan yang mulia karena hakekatnya tugas pengabdian bukan semata-mata dalam aspek duniawi tetapi ada aspek ukhrawi (akhirat).

“Polri tidak bisa bekerja sendiri, dengan segala kerendahan hati kami mengajak TNI, Pemerintah, Tokoh-Tokoh, dan seluruh elemen masyarakat untuk menjaga solifitas dan saling bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Soliditas dan Sinergitas kita semua akan menjadi kekuatan besar untuk melewati berbagai tantangan kedepan dalam mewujudkan bangsa dan negara yang aman, damai dan makmur,” pungkasnya.

Kegiatan Video Conference Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M dilanjutkan dengan Tausyah.

Usai Kegiatan Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan mengatakn pelaksanaan Video Conference dalam rangka Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M oleh jajaran Polda Kalbar merupakan sarana pembinaan mental bagi seluruh personel Polri dan ASN sekaligus momentum guna meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Allah SWT serta meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW yang diimplementasi dalam peningkatan kinerja memberikan Pelayanan dan Pengabdian kepada masyarakat Bangsa dan Negara melalui institusi Polri.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya