» » » Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Bhabinkamtibmas serta Pelatihan Pembuatan Konten Sosmed dan Komunikasi Publik Anggota Polres Sanggau dan Polsek Jajaran

Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Bhabinkamtibmas serta Pelatihan Pembuatan Konten Sosmed dan Komunikasi Publik Anggota Polres Sanggau dan Polsek Jajaran

Penulis By on Rabu, 09 November 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau telah dilaksanakan Pelatihan Fungsi Teknis Kepolisian Sat Binmas (Bhabinkamtibmas) Anggota Polres Sanggau dan Polsek Jajaran serta Pelatihan Pembuatan Konten Sosmed dan Komunikasi Publik Anggota Polres Sanggau, Rabu (9/11).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K didampingi Kabag SDM AKP Harsoyo, S.Mn, M.M dan dihadiri Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Eeng Suwenda, Narasumber Pontianak Post Sdr. Sugeng, Anggota Sat Binmas Polres Sanggau dan Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran.

Kapolres Sanggau dalam sambutannya mengucapkan selamat datang Kepada Narasumber dari Media Online Pontianak Post, serta personel Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran.

“Kegiatan pada hari ini yaitu Pelatihan Fungsi Teknis Binmas serta pelatihan terkait Kehumasan. Kegiatan humas merupakan salah satu Atensi dari Kapolri, yaitu Program QW Presisi,” ucapnya.

Kapolres Sanggau juga mengatakan bahwa Program QW Presisi sebanyak 10 Program dan 29 Kegiatan, salah satunya yaitu peningkatan dan pelatihan kehumasan Polri.

“Tujuan dilaksanakannya QW Presisi dalam rangka meningkatkan kepercayaan Publik kepada Institusi Polri hingga diatas 60 % pada tanggal 10 Desember 2022,” terangnya.

Kegiatan terkait Bhabinkamtibmas pendalaman materi akan disampaikan oleh Narsum dari Sat Binmas, sedangkan terkait dengan kehumasan akan disampaikan Narasumber dari Media Online Pontianak Post.

“Tidak semua Polsek Jajaran ada Sie Humas, dan Bhabinkamtibmas terkadang merangkap menjadi Humas. Silahkan tanyakan kepada Nara Sumber terutama dalam hal kehumasan, bagaimana cara membuat sebuah konten berita dan produk berita yang ditampilkan di Media Sosial,” terangnya.


AKBP Ade Kuncoro menjelaskan Sebagai seorang Polri tidak hanya tupoksi Bhabinkamtibmas, melainkan bisa mengemban fungsi Intelijen yaitu sebagai mata dan telinga Pimpinan, apa yang terjadi diwilayah segera sampaikan kepada Kapolsek yang untuk selanjutnya secara berjenjang menyampaikan kepada Kapolres.

“Diharapkan kepada personel Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri dapat lebih semangat dalam melaksanakan tugas sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayan di Masyarakat. Kedepan apabila terealisasi, tunjangan Bhabinkamtibmas cukup besar, sehingga diharapkan harus balance antara hak dan kewajiban dalam pelaksanaan tugas,” pungkasnya.

Sementara Narasumber dari Pontianak Post dalam materinya menjelaskan saat sekarang sudah banyak para konten kreator dalam pembuatan Video singkat.

“Pembuatan konten kreator harus bisa memperhatikan beberapa aspek dalam menarik minat orang untuk melihat konten tersebut,” ungkap sugeng.

Dalam pembuatan Konten, lanjutnya, agar mempergunakan bahasa daerah setempat serta turur kata yang baik, sehingga bisa memberikan pesan kepada orang lain.

“Dalam pembuatan sebuah konten jangan asal-asalan, sehingga masyarakat enggan untuk menonton serta Penggunaan Medsos saat sekarang adalah sarana komunikasi efektiv dalam menyampaikan himbauan kepada masyarakat,” paparnya.

Sugeng juga menjelaskan dalam menyusun redaksi sebuah konten harus memuat alur cerita, pesan yang disampaikan, narasi komunikasi yang baik, menarik serta durasi waktu yang cukup.

“Untuk menambah keahlian dan pengetahuan para Bhabinkamtibmas dalam membuat sebuah video singkat sebagai konten kreator yang baik perlu dilaksanakan kegiatan pelatihan berkelanjutan,” tukasnya.

Sementara Kasatbinmas Polres Sanggau AKP Eeng Suwenda dalam materinya menyampaikan Data personel Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran, Dukungan Anggaran Bhabinkamtibmas TA.2022, Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Bhabinkamtibmas s/d Oktober 2022, Rencana Kegiatan Sat Binmas November 2022, Realisasi Anggaran Sat Binmas s/d Oktober 2022, Hasil Pelaksanaan Kegiatan Bhabinkamtibmas melalui APK Bos V.2 serta Dokumentasi kegiatan-kegiatan Sat Binmas dan Bhabinkamtibmas.

Dilaksanakannya kegiatan pelatihan dalam rangka memberikan edukasi, pemahaman serta keterampilan kepada personel Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas sebagai Pelindung, Pengayom dan Pelayanan terhadap masyarakat di Wilayah Desa Binaannya, sekaligus menambah pengetahun bagi personel Bhabinkamtibmas dalam membuat sebuah Konten Berita serta Video Singkat terkait himbauan Kamtibmas sehingga dengan mudah diterima, dimengerti dan dipahami oleh masyarakat.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya