» » » Pimpin Apel Pendistribusian Perlengkapan Bhabinkamtibmas, Ini Arahan Kapolres Sanggau

Pimpin Apel Pendistribusian Perlengkapan Bhabinkamtibmas, Ini Arahan Kapolres Sanggau

Penulis By on Rabu, 09 November 2022 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menggelar Apel Pendistribusian Perlengkapan Bhabinkamtibmas yang dilaksanakan di Halaman Mapolres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau, Rabu (9/11).

Bertindak selaku Inspektur Apel adalah Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K, Perwira Apel AKP Eeng Suwenda dan Komandan Apel Ipda Rikson Artanta Gurning, S.TrK serta dihadiri Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP, Para Kabag, Kasat, Perwira dan personel Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Sanggau.

Dalam amanatnya AKBP Ade Kuncoro mengatakan dilaksanakannya kegiatan apel hari ini dalam rangka pendistribusian perlengkapan Bhabinkamtibmas kepada Personel Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Sanggau.

“Kehadiran Personel Bhabinkamtibmas disetiap Desa / Kelurahan merupakan garda terdepan, sebab Bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak Polri dalam memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan kepada Masyarakat,” ucapnya.

Kapolres menjelaskan bahwa Desa / Kelurahan merupakan basis interaksi dari masyarakat yang mana di Desa / Kelurahan itulah terjadi persentuhan perdana antar warga masyarakat.

“Interaksi antar warga masyarakat bisa timbul berbagai permasalahan Sosial, yang disebabkan oleh satu dan lain hal, apabila tidak diatasi secara dini bisa berkembang menjadi gesekan Sosial dan berpotensi terjadinya gangguan keamanan dan konflik Sosial,” katanya.

AKBP Ade Kuncoro meminta setiap personel Bhabinkamtimbas harus menyadari betul tentang betapa pentingnya keberadaan Bhabinkamtimbas di tengah-tengah masyarakat.

Personel Bhabinkamtibmas minimal harus mrmiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang meliputi Kepolisian Tugas Umum, Intelijen Dasar dan Deteksi Dini, Negosiasi, Mediasi, Komunikasi Sosial, Pemecahan Masalah Sosial serta Berbicaea Efektif,” terangnya.


“Personel Bhabinkamtibmas juga membutuhkan Sarpras yang cukup dan memadai dalam menunjang pelaksanaan tugas di Wilayah Desa Binaannya,” tambah Kapolres.

Kapolres mengatakan Pimpinan Polri terus mengoptimalkan sumber daya untuk mendukung personel Bhabinkamtibmas dengan meningkatkan anggaran operasional dan meningkatkan Sarpras pendukung. Pendistribusian material perlengkapan Bhabinkamtibmas merupakan bukti nyata bahwa Pimpinan Polri sungguh-sungguh mendukung kinerja Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaan tugas.

Adapun material perlengkapan yang akan di distribusikan kepada Bhabinkamtibmas  pada hari ini yaitu Jaket, Rompi, Jas Hujan dan Tas Ransel Bhabinkamtibmas yang masing-masing sebanyak 75 buah.

“Kepada seluruh personel Bhabinkamtibmas yang menerima kelengkapan pada hari ini agar selalu bersemangat dalam melaksanakan tugas dan menjaga seluruh perlengkapan yang sudah diberikan oleh Negara,” pungkasnya.

Penyerahan Material Barang Inventaris Bhabinkamtibmas dilakukan secara simbolis oleh Kapolres Sanggau kepada 2 (dua) orang perwakilan Bhabinkamtibmas melalui pelaksanaan kegiatan Apel yang dihadiri oleh seluruh Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Sanggau.

Untuk Material Barang Inventaris Kelengkapan Bhabinkamtibmas berupa Jaket, Rompi, Jas Hujan dan Tas Ransel dengan jumlah 75 paket barang inventaris.

Dilaksanakannya pendistribusian perlengkapan Bhabinkamtibmas dalam rangka mendukung serta menunjang tugas personel Bhabinkamtibmas dalam memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan terhadap masyarakat diwilayah Desa Binaannya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya