» » » Psikologi SDM Polda Kalbar Gelar Tes Psikologi di Polres Sanggau

Psikologi SDM Polda Kalbar Gelar Tes Psikologi di Polres Sanggau

Penulis By on Rabu, 23 November 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau dilaksanakan Kegiatan Mapping dan Tes Psikologi Calon Pemegang Senpi Organik Polri, Konseling Psikologi kepada Anggota Bermasalah dan Tes Profil Klinis Psikologi dari Tim Psikologi SDM Polda Kalbar, Rabu (23/11).

Kegiatan dihadiri oleh Kabag SDM Polres Sanggau AKP Harsoyo, S.Mn, M.M, PJU Polres Sanggau, Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Para Kanit Opsnal Polres Sanggau dan Polsek Jajaran dan Personil Bintara Remaja Polres Sanggau.

Sedangkan Tim Psikologi dari Ro SDM Polda Kalbar dipimpin langsung oleh Kabagpsikologi Ro SDM Polda Kalbar AKBP Abdul Rosid, S.Ag, M.H, bersama PS. Paursubbagpsipers Bag Psi Ro SDM Polda Kalbar Ipda Muhammad Ramdhan Yusuf, S.Psi, Pamin 1 Subbagrenmin Ro SDM Polda Kalbar Ipda Ahsan, S.Psi dan Banum Bag Psi Ro SDM Polda Kalbar Aipda Yogi Purwanto, S.H.,  M.A.P.

Dalam sambutannya Kabag SDM menyampaikan dilaporkan kepada ketua Tim bahwa Personil Polres Sanggau yang hadir dalam kegiatan ini Para PJU, Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, Para Kanit Polsek dan Bintara baru Polres Sanggau.

“Setelah kegiatan ini mohon dilakukan konseling terhadap personil Polres Sanggau yang sedang sakit dan Bintara Baru Polres Sanggau,” ucapnya.

AKP Harsoyo juga menyampaikan permohoan maaf dalam persiapan dan penyambutan kami masih terdapat kekurangan.

Sementara Ketua Tim SDM Polda Kalbar dalam sambutannya menyampaikan bahwa saati ini banyak kasus yang terjadi di institusi Polri hal tersebut jangan sampai membuat semangat kita menjadi turun dalam melaksanakan tugas dilapangan.

“Maka dari itu Bag SDM akan selalu melaksanakan tes psikologi di Polres jajaran rutin setiap tahunnya guna memastikan kesehatan mental kita terjaga,” ujar AKBP Abdul Rosid.


Dirinya mengatakan beberapa hari yang lalu telah terjadi peristiwa kelalaian menggunakan senpi yang dilakukan oleh rekan kita di Pontianak yang mengakibatkan seseorang meninggal dunia, ini menjadi pelajaran untuk kita semua agar lebih hati-hati dalam memegang senpi jika tidak begitu perlu lebih baik digudangkan saja.

“Membawa dan menyimpan senjata api sangat beresiko, hitung betul apakah perlu atau wajib kita membawa senjata api,” ucapnya.

Dalam pertemuan tersebut, AKBP Abdul Rosid menitip kepada para komandan, senior untuk dapat menegur adik-adiknya yang keliru dalam melakukan kegiatan dilapangan.

“Terkait dengan 13 komponen agar dilengkapi walaupun tidak sedang persiapan test SIP maupun Dik lainnya karena sebagai syarat utama dalam pelaksanaan tugas anggota Polri,” ungkapnya.

“Laksanakan test dengan serius semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini kesehatan mental kita sebagai anggota Polri tetap terjaga,” tutupnya.

Dalam Kegiatan tersebut dibagi 3 tempat diantaranya Tes Psikologi bagi pemegang senpi di ruang Graha Wira Pratama, Arahan Kabag Psi Ro SDM Polda Kalbar bagi Bintara Remaja di Ruang Vicon Polres Sanggau dan Kegiatan Konseling anggota Polres Sanggau di ruang Kabag SDM Polres Sanggau.

Dilaksanakannya kegiatan Mapping dan Tes Psikologi Calon Pemegang Senpi Organik Polri, Konseling Psikologi kepada Anggota Bermasalah dan Tes Profil Klinis Psikologi dari Tim Psikologi SDM Polda Kalbar untuk mengetahui gambaran mulai dari gambaran kognitif, kondisi emosi dan kecenderungan sikap serta faktor-faktor yang mempengaruhi kesehatan mental Personil Polri.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya