» » » Rapat Koordinasi dan Monitoring Lintas Sektoral Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilkum Polres Sanggau

Rapat Koordinasi dan Monitoring Lintas Sektoral Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilkum Polres Sanggau

Penulis By on Rabu, 21 Desember 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Pertemuan Lantai I Kantor Bupati Sanggau dilaksanakan Rapat Koordinasi dan Monitoring Lintas Sektoral Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Wilkum Polres Sanggau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K., Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.SI., Asisten 2 Bidang Ekonomi Sekda Kabupaten Sanggau Paulus Usrin, Pabung Sekadau Kodim 1204/Sgu Mayor Czi Budi Rahardi, Ketua Pengadilan Negari Sanggau Haklainul Dunggio, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Sanggau H. Adi Irfan Jauhari, L.c., M.A., Kepala Kansilog Kabupaten Sanggau Hendra Dionisius, Manager PLN ULP Sanggau Pulung Gandhi P., Loka POM Sanggau Dewi Aprianti, BPS Kabupaten Sanggau Arihi Larasati, Para Kepala OPD Kabupaten Sanggau, PJU dan para Kapolsek Jajaran Polres Sanggau, serta diikuti Via Zoom Meeting oleh para Forkopimcam.

Dalam sambutannya Bupati Sanggau menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta Rapat Koordinasi, Forkopimda, Kepala OPD, Instansi, Forkopimcam yang telah hadir dalam kegiatan ini, dalam kesempatan ini akan membahas Persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun, menjadi perhatian bahwa kesiapan Pemerintah Daerah dan Instansi terkait dalam Perayaan Nataru menjadi perhatian Nasional,” katanya.

Dalam Nataru kali ini akan berbeda dari 2 tahun sebelumnya dimana pada 2 tahun ke belakang kita masih dalam Pandemi Covid-19, saat ini pemerintah sudah memberikan banyak kelonggaran walaupun begitu kita tidak boleh begitu saja mengabaikan prokes.

“Terimakasih untuk Disperindagkop dan UM serta Jajaran Pemerintah Kecamatan dan Forkopimcam telah melaksanakan operasi pasar sebagai upaya menstabilkan harga kebutuhan masyarakat menjelang Nataru, dan juga kegiatan-kegiatan berupa pengecekan ketersediaan dan Perkembangan Harga kebutuhan pokok masyarakat,” ucap Bupati Sanggau.

Dirinya berharap kepada kita semua dapat bekerjasama dalam pengamanan perayaan Nataru seperti pada tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Sanggau di setiap perayaan Nataru tidak pernah ada masalah maupun Gangguan Kamtibmas, Mari kita saling bahu membahu bersama mensukseskan perayaan Nataru 2022.

“Dalam rapat Koordinasi ini akan dibahas beberapa isu strategis di Kabupaten Sanggau yang berpotensi mengganggu jalannya Perayaan Nataru, untuk dapat diambil saran pendapat para peserta guna menentukan langkah dan kebijakan,” tukasnya.

Sementara Kapolres Sanggau dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Polres Sanggau telah melaksanakan beberapa persiapan Pengamanan dengan membuat Rencana Pengamanan.

“Terkait Pandemi Covid-19 berdasarkan Imendagri Nomor 51 tahun 2022 diberlakukan di seluruh Provinsi se-Indonesia, perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sanggau sampai dengan saat ini masih Zero kasus aktif,” ujarnya.

AKBP Ade Kuncoro menambahkan, menghadapi Nataru, POLRI di seluruh jajaran, khususnya di Polres Sanggau beserta Polsek  jajaran dengan didukung TNI, Instansi/Dinas/Badan dan Mitra Kamtibmas menyelenggarakan Operasi Kepolisian Terpusat Dengan Sandi Operasi “Lilin Kapuas-2022” yang akan dilaksanakan selama 11 (Sebelas) Hari TMT 23 Desember 2022 s/d 2 Januari 2023.

“Operasi tersebut mengedepankan kegiatan pencegahan didukung deteksi dan penegakan hukum dalam rangka Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan pelibatan 400 Personil  yang terdiri dari 100 personil terlibat Operasi Lilin Kapuas 2022 dan 300 personil Pengamanan Gereja,” katanya.


Tujuan pelaksanaan Operasi, Lanjutnya, untuk terjaminnya keamanan dan kenyamanan masyarakat serta situasi kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif sebelum, pada saat dan sesudah Natal dan tahun baru serta terwujudnya situasi dan kondisi Kamseltibcarlantas yang aman, lancar dan tertib baik sebelum, pada saat dan sesudah Natal dan tahun baru.

“Rencana Pelibatan Personel Pospam dan Pos Terpadu Ops Lilin Kapuas 2022, antara lain Pos Terpadu PLBN Entikong di Kecamatan Entikong, Pos Pam Simpang Ampar di Kecamatan Tayan Hilir, Pos Pam SImpang Sosok di Kecamatan Tayan Hulu, Pos Pam Pasar Pujasera di Kecamatan Kapuas, dan Pos Pam Bodok di Kecamatan Parindu dengan total pelibatan personil sebanyak 143 Personil terdiri dari Polri 65 personil, TNI 18 personil, Dinkes / Puskesmas 18 personil, Satpol PP 18 personil, Dinas Perhubungan 11 personil, BPBD 10 personil dan DAMKAR 3 personil,” terang Kapolres Sanggau.

Sedangkan Sasaran dan target operasi antara lain Orang, Benda/Barang, kegiatan dan Lokasi.

“Objek pengamanan di Kabupaten Sanggau yakni 80 Gereja, 6 Tempat Wisata, 5 Terminal, 2 Pusat Perbelanjaan, 2 Pelabuhan Sungai.

Kapolres Sanggau juga memaparkan tentang perbandingan Gangguan Kamtibmas, Potensi Kerawanan dan Kemacetan Lalu Lintas dan Perkiraan Ancaman Gangguan Lainnya dalam perayaan Nataru serta langkah-langkah yang disiapkan dalam mengantisipasinya.

Adapun Beberapa Informasi dari Peserta Rapat dan kesimpulan dalam Rapat Koordinasi diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau beserta Instansi terkait akan bekerja sama bahu membahu agar pelaksanaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dapat berjalan dengan lancar dan Kondusif seperti pada tahun tahun sebelumnya.

Berdasarkan Imendagri Nomor 51 tahun 2022 diberlakukan di seluruh Provinsi se-Indonesia, perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sanggau sampai dengan saat ini masih Zero kasus aktif, dipastikan akan meningkat mobilisasi masyarakat.

Ketersediaan Pangan dan Harga Bahan Kebutuhan pokok di Kabupaten Sanggau dalam keadaan mencukupi berkat pelaksanaan operasi Pasar menjelang Nataru dan kerjasama semua pihak.

Antisipasi Perubahan Cuaca Ekstrim, pada saat ini curah hujan masih cukup tinggi, Debit Sungai Kapuas sudah mengalami peningkatan, semua pihak akan mempersiapkan kemungkinan terjadinya bencana alam Banjir dan Tanah Longsor yang dapat mengganggu jalannya perayaan Nataru.

Terkait informasi tahanan Kabur LP Pangkalan Bun Kalteng an. Ruslan alias Joy bahwa masyarakat jangan mudah percaya isu-isu Hoaks yang beredar, Pihak Kepolisian saat ini masih melakukan pengejaran yang mana informasi terakhir berada di wilayah Sambas dan Bengkayang.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral dilaksanakan dalam rangka menyamakan persepsi, pola pikir dan pola tindak Pemangku Kepentingan dan Instansi Terkait dalam menyikapi perkembangan situasi di Kabupaten Sanggau pada saat Perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya