» » » Kasatbinmas Hadiri Ritual Adat Malapeh Kaua Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau

Kasatbinmas Hadiri Ritual Adat Malapeh Kaua Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau

Penulis By on Rabu, 21 Desember 2022 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Hotel Carano Sanggau dilaksanakan kegiatan Ritual Adat “Malapeh Kaua” Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau Tahun 2022.

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si, Plt. Kadis Dikbud Kabupaten Sanggau Drs. Alipius, Pasi Pers Kodim 1204/Sgu Kapten Agus Mulyana, Kasatbinmas Polres Sanggau Iptu Sukiswandi, Camat Kapuas Jamaen S.ip M.si, Wakapolsek Kapuas Ipda Subardi, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau Akmal, Paguyuban Lintas Etnis Kabupaten Sanggau, Tokoh Agama Islam, Tokoh Masyarakat dan masyarakat Etnis Minang dan Padang Sumatera Barat.

Ketua IKSB Kabupaten Sanggau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemda dan Dinas Dikbud Kabupaten Sanggau yang telah mensupport sehingga “Ritual Adat Malapeh Kaua” Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau Tahun 2022 dapat dilaksanakan.

“Ritual Adat Malapeh Kaua ini merupakan warisan leluhur yang hingga kini masih dilaksanakan, khususnya masyarakat Etnis Minang dan Padang,” ucap Akmal.

Dirinya mengungkapkan kita sudah melewati suatu masa yang dimana wabah melanda kita yaitu Covid-19, Alhamdulillah kita sudah melewati masa tersebut hingga berjalan normal namun masih harus mengikuti protokol kesehatan.

“Nazar kami dalam ikatan keluarga besar Sumatra barat apabila masa pandemi sudah terlewati kami bernazar memotong 1 ekor sapi dengan acara ritual adat,” ungkapnya.

“Kami IKSB selalu bersinergi dengan pemerintah daerah dan paguyuban lintas etnis lainnya dalam kebersamaan,” pungkasnya.


Sementara Wakil Bupati Sanggau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada IKSB Kabupaten Sanggau dapat mengundang kami dalam ritual adat Sumatra Barat ini.

“Kita berharap semua Etnis yang ada di Kabupaten Sanggau dapat menampilkan adat istiadatnya,” katanya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan budaya sebenarnya sesuai dengan  visi misi kita bagaimana kita mengembangkan dan mendorong kuat budaya dan iman dan taqwa karena dalam sebuah Negara besar dan maju sebenarnya budaya dan iman menjadi sebuah kekuatan besar.

“Mari Kita bekerja dengan hati dengan ikhlas dengan tulus untuk mencurahkan perhatiannya kepada daerah ini dalam berbagai aspek yang sebisanya dilakukan untuk menunjukkan sikap sesuai dengan latar belakang budaya demi kemajuan Kabupaten Sanggau,” ajak Wakil Bupati Sanggau.

“Harapan kami, kita jangan menganggap Covid-19 ini telah sepenuhnya berakhir, kita selalu tetap waspada dan juga anggaran pemerintah untuk Penanganan Covid-19 juga masih ada dan kita tetap harus mengikuti kebijakan pemerintah,” tukasnya.

Kegiatan Ritual Adat “Malapeh Kaua” Ikatan Keluarga Besar Sumatera Barat (IKBS) Kabupaten Sanggau sebagai ucapan rasa syukur berakhirnya wabah Covid-19.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya