» » » Rapat Lintas Sektoral Ops Liong Kapuas 2023 dalam rangka Pengamanan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023

Rapat Lintas Sektoral Ops Liong Kapuas 2023 dalam rangka Pengamanan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023

Penulis By on Jumat, 20 Januari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jend. Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Lintas Sektoral Ops Liong Kapuas 2023 dalam rangka Pengamanan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023.

Kegiatan dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, S.H.,S.I.K., diikuti Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.AP., PJU Polres Sanggau dan Para Kapolsek jajaran, dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Sanggau Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Risma Aminin, S.IP. M.Si., Pasi Ops Kodim 1204/Sgu Kapten Inf. M. Yunus, Perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, Kasat Pol PP Kabupaten Sanggau Victorianus, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau H. Anuar Akhmad, Pengurus Yayasan Bhakti Suci Kabupaten Sanggau, Plt. Ketua DPD MABT Kabupaten Sanggau Gideon, S.E., Ketua Panitia perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 Hendi Ceu Adinata, S.H., Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Suherman, dan Ketua FKUB Kabupaten Sanggau Pdt. Suyono Asun.

Kapolres Sanggau dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam Rakor ini kita mempersiapkan rencana pengamanan, Koordinasi dan Kolaborasi dalam rangka kegiatan Pengamanan Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023.

“Untuk diketahui bahwa Ops Liong Kapuas 2023 adalah kegiatan Operasi imbangan, namun walaupun pelaksanaan Ops Imbangan, pelaksanaan Pengamanan diharapkan dapat berjalan maksimal sehingga pelaksanaan Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 dapat berjalan dengan aman dan Kondusif,” ucapnya.

AKBP Suparno mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyatukan persepsi, visi dan misi agar Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 dapat berjalan dengan aman, kondusif dan lancar.

“Setelah dipaparkan rencana pengamanan, agar para peserta rakor dapat menyampaikan saran, masukan dan pendapat serta tanggapan sehingga rencana pengamanan ini dapat disusun secara maksimal,” ujarnya.

“Kami Polri tidak dapat bekerja sendiri sehingga perlu dukungan dan kontribusi dalam menjaga keamanan dan ketertiban khususnya selama perayaan tahun baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023,” tukas Kapolres Sanggau.

Sementara Staf Ahli Bupati Sanggau Risma Aminin dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah mengundang kami untuk pelaksanaan Rakor ini.

“Dari Pemerintah Daerah akan secara konsisten untuk memberikan dukungan agar pelaksanaan perayaan tahun baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 dapat berjalan aman dan lancar,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Risma mengajak seluruh pihak untuk mendukung upaya Kapolres Sanggau agar Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 berjalan aman kondusif dan lancar.

“Mengingatkan warga baik secara langsung atau melalui medsos, karena kebetulan juga bertepatan Hari Libur Nasional sehingga dimungkinkan mobilisasi masyarakat ke luar Kota akan meningkat agar berhati-hati selama melakukan perjalanan,” tukasnya.



Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan Sesi tanya jawab dari peserta Rakor Linsek.

Ketua Panitia Perayaan Tahun Baru Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 Hendi Ceu Adinata menyampaikan untuk Perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 hanya ada kegiatan di tanggal 5 Februari 2023 dengan jadwal Ritual adat di Komplek Pekong pada jam 14.00 WIB, 15.30 WIB Perlombaan Barongsai, dan jam 19.00 WIB Pesta Hiburan Rakyat berupa karaoke, tarian dan barongsai.

“Melalui Bupati Sanggau sudah memberikan himbauan kepada warga Tiong Hua untuk memasang lampion, namun sampai dengan sekarang terlihat masih minim antusiasme masyarakat,” ucapnya.

Terkait pengamanan, ia mengatakan bahwa kegiatan ini tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Sementara Ketua FKUB Kabupaten Sanggau menyampaikan akan berkomitmen mendukung kegiatan Pengamanan baik dari tingkat Kabupaten sampai dengan tingkat Kecamatan.

“Umat Kristiani di Gereja dari kalangan Tionghua ada di 3 Gereja di dalam kota Sanggau, tidak menutup kemungkinan ada juga di wilayah Kecamatan, karena pada hari minggu juga bertepatan dengan perayaan Imlek ada ibadah Misa Perayaan Imlek mohon pengamanan juga pada pelaksanaannya,” ucap Suyono Asun.

Ia juga menyampaikan adanya kekhawatiran toko tutup 5 sampai dengan 7 hari selama perayaan Imlek terkait ketersediaan sembako.

“Kami meyakini dengan kolaborasi kegiatan Ops Liong Kapuas 2023 pengamanan perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tukasnya.

Kepala Kemenag Sanggau Anuar Akhmad dalam kesempatan tersebut mengatakatan sangat bersyukur bahwa perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 berjalan lancar dan aman di wilayah Kabupaten Sanggau, selanjutnya kita akan melaksanakan perayaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh Tahun 2023.

“Kita ketahui agenda ini adalah perayaan Agama, oleh sebab itu mari bersama-sama kita sukseskan agenda ini agar dapat berjalan dengan baik,” ucapnya.

“Sudah 2 tahun kita tidak ada melaksanakan kegiatan perayaan-perayaan agama untuk tahun ini mari bersama-sama pihak keamanan dan Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama kita sukseskan perayaan agama Imlek dan Cap Go Meh dari saudara kita,” tutup Anuar Akhmad.


Sementara Kasat Pol PP Kabupaten Sanggau Victorianus menyampaikan bahwa dari Pihak Pol PP siap memback Up Polres Sanggau dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Imlek dan Cap Go Meh.

“Kami akan memberi himbauan terkait penggunaan/permainan kembang api agar berhati-hati karena seperti yang kita ketahui untuk wilayah kita Kabupaten Sanggau sudah mulai memasuki musim kemarau untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan bahwa Pol PP sudah menyiapkan Damkar untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran selama pelaksanaan perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Sanggau.

Selanjutnya Ketua Pemuda Pancasila dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Sanggau yang selalu melibatkan kami Pemuda Pancasila dalam setiap kegiatan.

“Kami Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau siap memback up setiap pelaksanaan pengamanan kegiatan perayaan Imlek dan Cap Go Meh Tahun 2023 di wilayah Kabupaten Sanggau,” tukas Suherman.

Sementara Kapolres Sanggau dalam tanggapannya menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan semua pihak dan saran masukam sehingga dapat menyusun rencana pengamanan agar pelaksanaan Imlek 2574 dan Cap Go Meh 2023 dapat berjalan dengan lancar kondusif.

“Saran dan masukan tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana pengamanan yang lebih baik,” ungkapnya.

AKBP Suparno juga menyampaikan terkait Ibadah Gereja yang umatnya mayoritas Etnia Tionghua juga akan dilakukan Pengamanan.

“Untuk ketersediaan sembako pada saat Perayaan Imlek seperti tahun sebelumnya dapat terpenuhi, melalui pemerintah Daerah khususnya Disperindagkop dan UM Kabupaten Sanggau akan dikoordinasikan sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat dengan tutupnya toko sembako etnis tionghua yang merayakan Imlek,” pungkasnya.

Kegiatan Rapat Lintas Sektoral Ops Liong Kapuas 2023 dalam rangka Pengamanan Imlek 2574 dan Cap Go Meh tahun 2023 dilaksanakan bertujuan untuk Koordinasi dan Kolaborasi, serta menerima saran dan masukan dalam rencana Pengamanan sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya