» » » Kunjungan Kerja Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 Sanggau ke Polsek Sekayam, Ini Arahannya

Kunjungan Kerja Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 Sanggau ke Polsek Sekayam, Ini Arahannya

Penulis By on Rabu, 15 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Usai melaskanakan Kunjungan Kerja ke Polsek Beduai, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, S., S.I.K dan Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Bayu Yudha Pratama beserta PJU Polres Sanggau tiba di Polsek Sekayam dengan disambut Kapolsek AKP M.R. Pardosi, S.H. di dampingi Wakapolsek Iptu Zulfikar beserta Personel Polsek Sekayam dan Forkopincam Kecamatan Sekayam.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Sekayam Bpk. Cosmas Yul, Danramil Sekayam Lettu Sapto Wiyono, Koordinator Bais Kecamatan Sky- Etg Peltu Yusuf, Ka Puskesmas Balai Karangan Sdri. H. Yustina Amd,. Kep, Ketua MABM Kecamatan Sekayam Sdr. Safarani, Ketua DAD Kecamatan Sekayam Sdr. Aris Haryono,  Tokoh Masyarakat Sdr. Yohanes Aci, Ketua Yayasan Islamic  Centre Sekayam  Ustad Basuki, Ketua Pagayuban  Pasundan Sekayam  Drs. Imron Rosadi, Kades Balai Karangan  Sdr. Erzan serta Pdt. GPPIK Balai Karangan Sdr. Hareva.

Mengawali sambutannya, Kapolsek Sekayam AKP M.R Pardosi menyampaikan kami dari instansi pemerintah yang berada di wilayah Kecamatan Sekayam, beserta warga yang di wakili oleh unsur masyarakat mengucapkan selamat datang kepada Dandim dan Kapolres karna sudah berkenan meluangkan waktunya untuk berkunjung di wilayah kami.

“Saat ini Polsek Sekayam di awaki oleh 32 personil, dan memiliki 10 Desa, 56 Dusun,” ucap Kapolsek.

Kami sedang melaksanakan Pembinaan kepada 10 orang Casis Polri, Warga masyarakat Sekayam putra daerah perbatasan, guna memberikan pembekalan diri dalam rangka persiapan melaksanakan pendidikan Polri yang kan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

“Kami juga akan melakukan pembenahan internal sehingga dalam bertugas kita dapat optimal guna mendukung program komando atas,” tukasnya.

Sementara Kapolres Sanggau dalam sambutannya memperkenal diri secara singkat dan penyampaian riwayat pelaksanaan Dinas.  Dirinya juga menyampaikan tujuan kunker untuk mengetahui secara real wilayah dan situasi di daerah serta berterima kasih atas sambutan yang di berikan kepada kami.

“Kedatangan kami di wilayah Kecamatan Sekayam yaitu agar dapat mengenal lebih dekat dengan semua unsur di kecamatan Sekayam, sekalian membangun silahturahmi dengan baik,” ucapnya.

AKBP Suparno meminta dukungan dan kerjasama kepada seluruh lapisan masyarakat dan Instansi Terkait di wilayah Kecamatan Sekayam guna dapat mengatasi permasalah yang berkembang hal ini dikarnakan kurangnya personil dilapangan dengan dihadapkan situasi geografis dan demografi yang cukup luas dan kompleks, sehingga kita dapat menimbulkan situasi Kamtibmas yang lebih baik.

“Polsek dan Polres harus segera berbenah diri, Jangan ada pelanggaran sekecil apapun, kita harus menjaga Marwah Polri, Selalu berada di tengah-tengah masyarakat, laksanakan Pulbaket guna mengetahui situasi wilayah binaan, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktifitasnya dengan aman dan damai,” pesannya.

“Dalam Rangka menyambut Suasana pemilu, kita harus dapat menciptakan situasi yang aman, situasi wilayah akan memanas karna dampak dari mesin-mesin Politik yang sudah bekerja, kita harus menjadi Cooling System (pendingin) agar situasi tidak semakin memanas,” tambahnya.

Terkait dengan Peredaran Narkoba, Kapolres Sanggau mengajak untuk bersama berantas Narkoba, kita sepakat bahwa narkoba dapat merusak generasi bangsa kita.

“Laksanakan sosialisasi tentang penyalah guna narkoba, mulai dari generasi muda yang sedang duduk di bangku sekolah, sampai dengan masyarakat di wilayah binaan masing-masing,” ujarnya.

Kegiatan ilegal lainnya juga harus di tertibkan kembali, terutama terkait kegiatan PETI, yang dapat mencemarkan air sungai, hal ini bisa berdampak pada masyarakat karna sungai masih menjadi tempat dimana masyarakat melakukan aktifitas, mandi memasak dll.

“Lakalantas yang sering terjadi di wilayah kita sangat tinggi, korban dari lakalantas mulai dari luka ringan sampai dengan meninggal dunia, hal ini harus dapat kita cegah, sehingga tidak ada lagi korban sia-sia di jalan karna kurangnya pemahaman dan kesadaran dalam berkendara,” paparnya.


Kapolres meminta lakukan sosialisasi kepada masyarakat binaan, tentang pentingnya kesadaran saat berkendara, berikan himbauan juga kepada orang tua yang memiliki anak belum cukup umur, agar tidak berkendara sendiri.

“Semoga upaya-upaya yang sudah di lakukan dapat mengurangi angka kecelakaan lalulintas di wilayah Kabupaten Sanggau kususnya dan di Kalimantan Barat pada umumnya.

Dandim 1204 Sanggau dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan yang di berikan kepada kami, hal ini menunjukkan bahwa sudah terjalin silahturahmi dengan baik, sinergitas di antara kita tetap harus di pertahankan dan di tingkatkan.

“Seperti yang sudah di sampaikan oleh Kapolres Sanggau, bahwa kita harus bahu membahu mendukung program pemerintah guna Memajukan kelangsungan masyarakat kita,” ucapnya.

Untuk permasalahan yang saat ini sedang berjalan agar segera kita tindak lanjuti, terkait PETI juga saat ini menjadi sorotan.

“Kami menghimbau kepada instansi terkait dan seluruh lapisan masyarakat agar melakukan pengawasan di wilayah masing-masing, bila di temukan kegiatan tersebut agar segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Letkol Bayu mengungkapkan saat ini di wilayah kita khususnya di perbatasan, peredaran Narkoba semakin meningkat dan penyalahgunaan Narkoba semakin tinggi.

“Mari kita bekerja sama untuk memberantas peredaran Narkoba, gandeng semua unsur untuk berkoordinasi, saling tukar informasi dilapangan, masyarakat, instansi pemerintah, hal ini kita lakukan agar dapat mempersempit ruang gerak bandar-bandar narkoba yang berupaya meloloskan barang haram tersebut dari Malaysia melalui wilayah kita,” ajaknya.

Terkait dengan Stanting, Dandim 1204 Sanggau mengajak untuk bersama-sama berupaya mengurangi kasus ini, ada beberapa Faktor penyebab Stanting yaitu Pola Asuh anak yang kurang baik, pola makan yang kurang menyerap gizi seimbang, kurang akses air bersih dan sanitasi, sakit infeksi yang berulang.

“Yang menyebabkan pertumbuhan melambat, wajah tampak lebih muda dari seusianya, pertumbuhan gigi terlambat, berat badan tidak naik bahkan cenderung menurun, anak mengalami kesulitan dalam kemampuan fokus dan memori belajar, anak mudah terserang berbagai penyakit,” sambungnya.

Terkahir Letkol Bayu menyampaikan banyaknya organisasi yang berada di wilayah kita saat ini janganlah dijadikan penghambat, lakukan komunikasi yang baik sehingga organisasi tersebut bisa menjadi pendukung kita dalam melaksanakan kegiatan.

Dalam pelaksanaan Kunjungan kerja tersebut dilaksanakan sesi tanya jawab terhadap para tamu undangan dan personil Polsek dan Koramil Sekayam yang hadir dalam kegiatan.

Usai kegiatan, Kapolsek Sekayam AKP M.R Pardosi mengatakan bahwa kunjungan kerja tersebut merupakan rangkaian program kerja Kapolres Sanggau guna melakukan Pengawasan, Pembinaan dan Silaturahmi sekaligus memberikan motivasi kepada seluruh Personil Polsek Jajaran Polres Sanggau agar dapat melaksanakan tupoksi dengan baik dan profesional.

“Kegiatan Kunker Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 Sanggau ini juga dalam rangka mengetahui wilayah serta situasi real di Polsek-polsek wilayah jajaran, selanjutnya memberikan arahan kepada seluruh Personil Polsek Sekayam, dengan harapan pelaksanaan kinerja dapat berjalan Optimal dan sinergisitas TNI-Polri dapat terjalin baik,” tukas Kapolsek

Usai melaksanakan Kunker di Polsek Sekayam, selanjutnya Kapolres Sanggau dan Dandim 1204/sgu beserta PJU Polres Sanggau dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Polsek Kembayan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya