» » » Kunjungan Kerja Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 / Sanggau serta PJU Polres Sanggau di Mapolsek Beduai

Kunjungan Kerja Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 / Sanggau serta PJU Polres Sanggau di Mapolsek Beduai

Penulis By on Rabu, 15 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K bersama Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Bayu Yudha Pratama melaksanakan Kunjungan kerja ke Mapolsek Beduai yang berada di Dusun Beduai Desa Kasromego Kecamatan Beduai.

Turut serta dalam kunjungan kerja tersebut Kasat Intelkam Polres Sanggau diwakili KBO Sat Intelkam Iptu Marianus, Kasat Lantas Polres Sanggau IPTU Yunita Puspita Sari, S.Tr.K. S.I.K, Kasi Propam Polres Sanggau Iptu Rukmana serta Kasi Humas Polres Sanggau Iptu Keken Sukendar.

Dalam kunjungannya, Kapolres Sanggau dan Dandim 1204 / Sanggau beserta rombongan disambut langsung oleh Kapolsek Beduai Iptu Mujiyono, Camat Beduai/mewakili, Danramil Beduai dan Danki Pamtas Pemodis/mewakili.

Kapolres Sanggau dalam arahannya Perkenalan diri secara singkat dan penyampaian riwayat pelaksanaan Dinas. Ia juga menjelaskan tujuan kunker untuk mengetahui secara real wilayah dan situasi di daerah.

“Keinginan dan harapan agar kinerja Polri khususnya diwilayah Kabupaten Sanggau semakin meningkat, dengan pelanggaran yang sebelumnya terjadi yang menurunkan citra Polri di masyarakat, hal ini perlu dibenahi agar citra Polri kembali baik di masyarakat,” ucapnya.

“Selalu jaga sikap dan prilaku, jangan ada pelanggaran yang dilakukan anggota Polri,” pesan AKBP Suparno.

Dirinya meminta kepada anggota untuk tingkatkan dan optimalkan kembali kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, buktikan bahwa Polri berada di tengah-tengah masyarakat.

“Dalam pelaksanaan tugas kedepankan intens terjun / turun ditengah-tengah masyarakat, dengan belanja masalah sehingga dapat mengantisipasi permasalahan,” pintanya.

Kapolres juga meminta untuk Optimalkan kinerja 3 pilar (Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas) untuk menangani dan menyelesaikan permalasahan yang ada di desa.

“Fungsi Intelkam dan Bhabinkamtibmas secara Optimal Mengupdate dan Mapping kerawanan permasalahan-permasalahan yang ada dan Tingkatkan Pelayanan Publik sehingga masyarakat merasa terlayani dengan baik serta Antisipasi kerawanan Laka lantas dengan Quick Respon, termasuk Kamtibcar lantas,” ujarnya.

Terkait Agenda Bidang Politik Pemilu 2024, Kapolres Sanggau menyampaikan bahwa tahapan sudah mulai berjalan, akan terjadi Polarisasi dimasyarakat, antisipasi dan Update kerawanan-kerawanan, jangan Under Estimate, tingkatkan kewaspadaan, Aturan jelas TNI-Polri adalah Netral.

“Tingkatkan Sinergisitas TNI-Polri, sehingga tercipta kolaborasi di lapangan dalam menjaga kamtibmas. Terkhusus Tokoh-tokoh dan masyarakat diharapkan bantuan, dukungan dan kerjasamanya membantu Polri guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” tutupnya.

Sementara Dandim 1204 Sanggau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh pihak yang menyambut kami.

“Mohon bantuan dan dukungan terkait narkoba diharapkan kepada seluruh hadirin untuk bersama-sama membantu aparat dalam pemberantasan narkoba,” ucapnya.

Sesuai dengan luas wilayah dengan perbandingan jumlah personil jauh kurang, maka kami perlu saran dan masukkan dari masyarakat.

“Kami mohon informasi dari masyarakat terkait kamtibmas di wilayah Kabupaten Sanggau, Saat ini Polres Sanggau telah menyebarluaskan no Handphone (HP) milik Kapolres Sanggau beserta PJU, diharapkan informasi dapat diberikan melalui nomor HP tersebut dan bukan disebarkan melalui medsos,” pesan Dandim 1204 Sanggau.

“Untuk penanganan anak stunting, diharapkan kerjasama semua pihak untuk melakukan pengecekan terhadap anak-anak yang di duga stunting,” tukasnya.


Dalam kegiatan Kunjungan kerja tersebut juga, disampaikan tanggapan-tanggapan dari para undangan yang hadir.

Sdr. Kalitus Pino selaku Temenggung Golik Iil menyampaikan masalah keamanan di wilayah Kecamatan Beduai, pada umumnya sudah aman dan kondusif.

“Kami mendukung adanya RJ (Restorative Justice) agar permasalahan kecil dapat ditangai di tingkat bawah terlebih dahulu dan Polsek Beduai telah memberikan kesempatan kepada Tokoh Adat untuk melakukan hal tersebut,” ucapnya.

Dirinya juga mendukung kegiatan Jumat Curhat supaya dapat menjaring keluhan dan permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

“Terkait Pencemaran air sungai di aliran Sungai Kayan dimungkinkan adanya aktivitas PETI di aliran Sungai Kayan, yang mana lokasi tersebut berada di wilayah Kecamatan Sekayam (Dusun Lomur Desa Kenaman) dan Kecamatan Entikong (Dusun Punti Kaiyan dan Dusun Punti Meraga Desa Nekan) agar di tindak lanjuti,” pintanya.

Kalitus Pino juga meminta kepada Polsek Beduai untuk menertibkan pengendara yang menggunakan knalpot racing yang mengganggu kenyamanan.

Sementara Kades Bereng Berkawat Sdr. Agus Rahmaddani dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polsek Beduai yang sudah melakukan strong poin di setiap pagi dan Kapolsek selalu mengawal anggotanya saat bertugas.

“Saat ini di Desa Bereng Berkawat sinergi 3 pilar sudah terjalin dengan baik dan selalu bekerja sama dalam menangani permasalahan yang terjadi di desa,” ungkapnya.

Agus juga meminta agar dalam Pembuatan SIM agar dipermudah dikarenakan faktor jarak tempuh dan biaya serta menyampaikan jarak penyekatan di depan Pos Pamtas Pemodis diharapkan agak di perlebar.

Ketua DAD Kecamatan Beduai Sdr. Ys. Sudarso dalam kesempatan tersebut meminta penjelasan Kasus seperti apa yang bisa di RJ (Restorative Justice) dan kasus yang bisa dilanjutkan ke ranah hukum.

“Terkait adanya aktivitas PETI di aliran Sungai Kayan, lokasi PETI berada di wilayah Kecamatan Sekayam (Dusun Lomur Desa Kenaman) dan Kecamatan Entikong (Dusun Punti Kaiyan dan Dusun Punti Meraga Desa Nekan), mohon kepada Kapolres Sanggau dan jajarannya untuk menindak tegas terhadap para pelaku PETI,” pintanya.

“Saya merasa prihatin dengan peredaran narkoba yang tidak ada habis-habisnya dan meminta tindakan tegas Polri dalam pemberantasan Narkoba,” tutupnya.

Selanjutnya Ketua FKUB Kecamatan Beduai Sdr. Antonius Anton dalam kesempatan tersebut mendukung program terkait komunikasi, sinergi dan kolaborasi serta meminta kepada Kapolres Sanggau untuk melanjutkan program tersebut agar terjalinnya komunikasi yang baik dengan masyarakat.

“Saya berharap agar Polres Sanggau menjemput bola dalam pembuatan SIM dikarenakan faktor biaya dan jarak tempuh serta adanya pembelajaran/bimbel kepada masyarakat pemohon,” tutupnya.

Dalam kegiatan Kunker tersebut Bapak Kapolres Sanggau menyerahkan Tali Asih kepada Purnawirawan dan Warakawuri serta memberikan bingkisan kepada anggota Koramil Beduai.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan Kunjungan Kerja Bapak Kapolres Sanggau, dalam rangka mengetahui wilayah serta situasi real di Polsek-polsek wilayah jajaran, selanjutnya memberikan arahan kepada seluruh Personil Polsek Beduai, dengan harapan pelaksanaan kinerja dapat berjalan Optimal dan sinergisitas TNI-Polri dapat terjalin baik.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya