» » » Polres Sanggau Gelar Pengkajian dan Pemetaan Potensi Konflik Pertambangan Bauksit di Wilayah Kabupaten Sanggau

Polres Sanggau Gelar Pengkajian dan Pemetaan Potensi Konflik Pertambangan Bauksit di Wilayah Kabupaten Sanggau

Penulis By on Selasa, 28 Februari 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang PPKO Polres Sanggau Jln. Jenderal Sudirman Kel. Beringin Kec. Kapuas Kabupaten Sanggau telah dilaksanakan Kegiatan Penelitian / Pengkajian dan Pemetaan Potensi Konflik Pertambangan Bauksit di Wilkum Polres Sanggau.

Kegiatan dibuka oleh Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K, M.A.P. serta dihadiri oleh Selaku Ketua Tim Analis Utama Tingkat I RO Analis Baintelkam Polri Kombespol Dwi Suryo Cahyono, S.I.K, MH, Analis Utama Tingkat II RO Analis Baintelkam Polri Kombespol Antonius Wantri Yulianto, SH, Analis Utama Tingkat III RO Analis Baintelkam Polri Kombespol Hery Widgagdo, SE, MM, Pakar Analis Nasikhin Ahsanto, BOP Bag Produk RO Analis Baintelkam Polri Bripda Tio Ariyanto, Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Sanggau Drs. Paulus Usrin, S.Sos, Kepala UPT KPH Wilayah Sanggau Timur Abdul Haris, Kasi Perlindungan UPT KPH Wilayah Sanggau Barat Syahroni, Kepala Seksi Survey dan Pemetaan BPN Kabupaten Sanggau Jati Nugroho, S.Sit, Penata Pertanahan BPN Kabupaten Sanggau Tia Lisda Yanti, Analis Kebijakan Sekda Kabupaten Sanggau Kristine Imelda, Kasubag Umum dan Kepegawaian Sat Pol PP Kabupaten Sanggau Yuliana Deta serta unsur Masyarakat Kepala Wilayah Dusun Segelam Danau Desa Tanjung Bunut Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau / Pemilik Lahan / LSM an. Antonius EKO, Temenggung Adat Segelam Danau Desa Tanjung Bunut Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau / Pemilik Lahan an. Cadun, Kepala Desa Pedalaman Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau an. Sunarto dan dari Pihak Perusahaan Plh. HC CSR GA PT. ANTAM Tbk - UBP Bauksit an. Mohammad Asril, Staf CSR PT. ANTAM an. Jehu.

Dalam sambutannya, Wakapolres Sanggau mengucapkan selamat datang kepada Tim BIK Polri dan para Responden dalam kegiatan Penelitian / Pengkajian dan Pemetaan Potensi Konflik Pertambangan Bauksit di Wilkum Polres Sanggau.

Kompol Kombo juga menyampaikan aspek Astagatra Intel Dasar Polres Sanggau serta Jumlah Personil Polres Sanggau sebanyak 622 masih jauh kurang dari DSPP.

“Jumlah perusahaan pertambangan sebanyak 129 perusahaan, khusus pertambangan Bauksit 31 Perusahaan diantaranya 10 perusahaan aktif di 4 wilayah Kecamatan di Kabupaten Sanggau,” katanya.

“Kami dari Polres Sanggau berharap dengan kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi khususnya terkait Potensi Konflik Pertambangan yang berkolerasi dengan situasi Kamtibmas wilkum Polres Sanggau,” tutupnya.


Selanjutnya dalam penyampaian Materi Katim BIK Polri memperkenalkan Tim Baintelkam Polri yang hadir dalam kegiatan.

“Kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk menggali permasalahan secara mendalam guna mencari pemecahan masalah dengan cara pengakajian dan Pemetaan Potensi Konflik bersama para responden yang hadir pada kegiatan ini,” ungkap Kombespol Dwi Suryo.

Ia mengatakan bahwa dalam kegiatan ini dilakukan diskusi dan menerima masukan dari para responden terkait permasalahan di bidang Pertambangan.

“Hasil kegiatan akan kami laporkan untuk kemudian dihasilkan rekomendasi guna meminimalisir potensi konflik pertambangan,” tukasnya.

Selanjutnya akan dilaksanakan pendalaman terhadap responden yang akan dipimpin oleh Pakar Analis Eksternal Nasikhin Ahsanto serta  pendalaman materi dan diskusi terhadap para responden dari unsur perusahaan, masyarakat dan pemerintah, selama kegiatan berlangsung situasi dalam keadaan aman dan kondusif.

Kegiatan Penelitian / Pengkajian dan Pemetaan Potensi Konflik Pertambangan Bauksit di Wilkum Polres Sanggau bertujuan untuk menggali permasalahan secara mendalam guna mencari pemecahan masalah dengan cara pengakajian dan Pemetaan Potensi Konflik bersama para responden dari unsur Pemerintah, Masyarakat dan pihak Perusahaan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya