» » » Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Noyan Rutin Berikan Imbauan kepada Warga

Cegah Karhutla, Bhabinkamtibmas Polsek Noyan Rutin Berikan Imbauan kepada Warga

Penulis By on Kamis, 23 Maret 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polsek Noyan Polres Sanggau jajaran Polda Kalbar terus berupaya mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kecamatan Noyan.

Seperti yang dilakukan oleh Bripka Adoremus Arsiswadi salah satu anggota Bhabinkamtibmas Desa Noyan Polsek Noyan yang terus melaksanakan kampanye rutin terkait ajakan pencegahan karhutla. Hal tersebut dilakukan secara langsung dan terjun ke tengah masyarakat, guna mensosialisasikan terkait bahaya dan kerugian akibat karhutla kepada masyarakat umum.

Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumag, SH, S.I.K., melalui Kapolsek Noyan Ipda H. Phontor Hutajulu mengatakan bahwa hal tersebut memang menjadi salah satu kegiatan rutin Polsek Noyan, terutama dalam mencegah terjadinya Karhutla.

“Sosialisasi yang kita lakukan ini, juga untuk mengedukasi dan menjelaskan akan dampak buruk dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang sangat merugikan, terutama untuk kesehatan,” katanya.

Menurut Kapolsek Noyan, sosialisasi ini digelar agar masyarakat mengetahui bahwa membakar hutan maupun lahan disengaja maupun tidak merupakan sebuah pelanggaran.

“Kita sampaikan informasi dan imbauan ini secara humanis dan persuasif. Terutama untuk menjelaskan kepada masyarakat kita bahwa dampak dari karhutla yang sangat merugikan,” kata Ipda Phintor.

Kapolsek Noyan mengungkapkan bahwa untuk pencegahan dini Karhutla seperti ini kedepannya akan tetap dilangsungkan secara rutin, guna memastikan wilayah Kecamatan Noyan bebas dari Karhutla.

“Tentunya dalam giat ini, kita melibatkan seluruh anggota, terutama Bhabinkamtibmas yang berhadapan langsung dengan masyarakat,” ungkapnya.

“Harapannya dengan disampaikannya imbauan ini dapat menyadarkan masyarakat bahwa Karhutla memberikan dampak yang akan merugikan kita semua dan meminta kepada masyarakat untuk berusaha bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan khususnya di wilayah Kecamatan Noyan,” tukas Kapolsek Noyan.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya