» » » Jumat Curhat Polres Sanggau bersama Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau

Jumat Curhat Polres Sanggau bersama Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau

Penulis By on Jumat, 31 Maret 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Kantor Sekretariat Pemuda Pancasila Jln. Riam Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Jumat Curhat Polres Sanggau bersama Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau.

Kegiatan diikuti oleh Kasat Binmas Polres Sanggau AKP Sukiswandi, KBO Sat Narkoba Polres Sanggau Ipda Supar, Personil Sat Binmas Polres Sanggau, Ketua Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau Suherman beserta para pengurus dan anggota Ormas Pemuda Pancasila Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya Kasat Binmas Polres Sanggau mengatakan bahwa kegiatan Jumat Curhat merupakan program Kapolri yang setiap hari Jumat dilaksanakan secara berkelanjutan.

AKP Sukiswandi juga menyampaikan tujuan kegiatan Jumat Curhat.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pengurus Pemuda Pancasila yang telah menyiapkan tempat untuk dilaksanakan kegiatan Jumat Curhat Polres Sanggau,” ucapnya.

“Sekiranya rekan-rekan dari Pemuda Pancasila dapat memberikan informasi, saran ataupun kritikan kepada Polres Sanggau yang mana akan kami tampung dan respon secara cepat untuk ditindaklanjuti,” tukasnya.

Adapun beberapa rangkuman pertanyaan, saran dan masukan dari Ormas Pemuda Pancasila, antara lain Curhat terkait maraknya penipuan di media sosial, mohon saran bagaimana cara mengantisipasinya dan mengetahui apakah hal tersebut benar-benar penipuan atau asli.

Dalam memasuki tahun politik banyak terjadi pemberitaan yang sifatnya hoax dimedia sosial, bagaimana cara menyaring berita yang asli ataau berita yang sifatnya hoax.

Sebentar lagi umat Kristiani merayakan Paskah yang mana kita ketahui hal tersebut bertepatan dengan umat Muslim yang melaksanakan ibadah puasa dibulan Ramadhan, agar pihak Kepolisian memberikan pengamanan dalam setiap kegiatan keagamaan dan terciptanya toleransi antar umat beragama.


Terkait berita dibatalkannya Indonesia menjadi Tuan Rumah Piala Dunia U20 banyak berita-berita yang menyudutkan salah satu pejabat publik maupun beberapa pihak lain di media sosial, agar Polres Sanggau memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tidak memberikan komentar yang berlebihan seingga dapat merugikan diri sendiri.

Berkaitan dengan perkara laka lantas tabrak lari yang terjadi pada tanggal 11 Februari 2023 di Kecamatan Tayan Hulu yang mengakibatkan korban meninggal dunia, mohon informasi dari Polres Sanggau sampai dimana penanganan perkara laka lantas tersebut.

Untuk kedepannya mohon difasilitasi kegiatan Bhayangkari Polres Sanggau bersama ibu-ibu Srikandi Pemuda Pancasila sehingga bisa bertukar informasi.

Sementara dalam tanggapannya Kasatbinmas Polres Sanggau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ormas Pemuda Pancasila yang sudah membantu pihak Kepolisian terutama dalam melakukan pengamanan dalam setiap kegiatan masyarakat.

“Terkait Maraknya penipuan Online yang saat ini sering terjadi adalah mengirimkan file Apk dengan modus undangan, modus kurir paket, dan modus lainnya yang bertujuan mengarahkan korban untuk mengklik file Apk tersebut sehingga apabila diklik secara otomatis korban menyetujui seluruh aktifitas akun WhatsApp, Email dan sebagainya bahkan aplikasi Banking diambil alih oleh pelaku, cara mengantisipasi hanya dengan hindari langsung membuka file / dokumen tersebut yang terlihat mencurigakan, Polres Sanggau juga telah melakukan sosialisasi dengan memberikan label Hoaks dan beberapa modus penipuan online yang terjadi agar masyarakat tidak menjadi korban,” ucap AKP Sukiswandi.

Ia menambahkan, di tahun Politik banyak hal yang dapat dipilitisir demi mencari keuntungan pribadi, agar disampaikan kepada keluarga dan kerabat jika menemukan berita yang belum jelas sumbernya untuk disaring dan bisa disampaikan Polsek terdekat ataupun Polres Sanggau.

“Untuk perkara laka lantas tabrak lari yang terjadi pada tanggal 11 Februari 2023 di Kecamatan Tayan Hulu akan ditampung dan langsung disampaikan kepada Sat Lantas Polres Sanggau yang menangani perkara tersebut dan bisa disampaikan hasil penyelidikan dan penyidikan kepada pihak keluarga,” ujarnya.

“Terima kasih kepada ibu srikandi Pemuda Pancasila terkait saran yang diajukan untuk mengadakan pertemuan dengan Bhayangkari Polres Sanggau, hal tersebut akan dijadikan agenda Polres Sanggau kedepan dalam bertukar informasi kepada masyarakat,” tukasnya.

Kegiatan Jumat Curhat dilaksanakan sebagai sarana bagi Polri untuk menerima informasi berbagai persoalan, keluhan, saran, masukan dan kritik terkait Kamtibmas untuk ditindaklanjuti guna mewujudkan Transformasi Polri yang Presisi.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya