» » » Satgas Preemtif dan Preventif Ops Bina Karuna Polres Sanggau Gelar Patroli Pencegahan

Satgas Preemtif dan Preventif Ops Bina Karuna Polres Sanggau Gelar Patroli Pencegahan

Penulis By on Senin, 13 Maret 2023 | No comments


Polres Sanggau - Satgas Deteksi, Satgas Preemtif dan Satgas Preventif Ops Bina Karuna Kapuas 2023 Tahap 1 Polres Sanggau melaksanakan Patroli di Daerah yang Rawan terjadi Karhutla.

Adapun dalam pelaksanaan kegiatan Ops Bina Karuna Kapuas 2023 Tahap-1 dilaksanakaan kegiatan Patroli bersama maupun himbauan serta penyampaian edukasi oleh Satgas Preemtif dan Satgas Preventif yang dipimpin oleh Iptu Woro Susilo terhadap masyarakat guna mengantisipasi terjadinya Karhutla diwilayah Kabupaten Sanggau.

Pelaksanaan patroli dilaksnaakan di Lokasi rawan karhutla, himbauan karhutla dan penyampaian edukasi terkait antisipasi Karhutla dilaksanakan di Lingkungan Sompu dan Lingkungan Tanjung Kapuas Kelurahan Tanjung Kapuas serta di Desa Penyeladi Kecamatan Kapuas.

Iptu Woro menjelaskan pada pelaksanaannya, Satgas Preemtif maupun Satgas Preventif melaksanakan patroli dilokasi yang rawan Karhutla guna mengantisipasi terjadinya Karhutla.


“Kami melaksanakan Koordinasi dengan perangkat Desa Penyeladi guna bekerjasa dalam memberikan pemahaman kepada masy terkait dgn antisipasi Karhutla,” ucapnya.

“Kami juga menyampaikan Himbauan Karhutla serta penempelan / peyebaran pamflet antisipasi Karhutla kepada masyarakat,” tmabahnya.

Ditambahkan Iptu Woro, Anggota juga menyampaikan sosialisasi Maklumat Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat Nomor: Mak/ 3 /IV/2022 tentang Larangan Dan Sanksi Hukum Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) serta menyampaikan Himbauan terhadap Masyarakat Petani dan peladang sesuai dengan Maklumat Kapolda Kalbar, Pergub Kalbar nomor 103 tahun 2020, Perbub Sanggau nomor 39 tahun 2020 Peraturan Daerah Kabupaten Sanggau Nomor 14 Tahun 2022 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Peladang Dalam Pembukaan Lahan Berbasis Kearifan Lokal.

Pelaksanaan kegiatan Preemtif dan Preventif Ops Pol Bina Karuna Kapuas-2023 Tahap I sebagai upaya untuk meminimalisir terjadinya Karhutlah dan sebagai bentuk Edukasi kepada masyarakat terkait mekanisme atau aturan dalam pembukaan lahan dengan cara membakar.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya