» » » Simulasi Penggunaan APAR kepada Personil Sat Samapta Polres Sanggau

Simulasi Penggunaan APAR kepada Personil Sat Samapta Polres Sanggau

Penulis By on Jumat, 05 Mei 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di halaman Mapolres Sanggau dilaksanakan simulasi Penggunaan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) oleh Seksi Penanggulangan Kebakaran Sat Pol Pamong Praja Kabupaten Sanggau kepada personil Sat Samapta Polres Sanggau.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Kasat Samapta Polres Sanggau Iptu Sutikno, S.Sos., M.A.P., diikuti oleh Kasi Dokes Polres Sanggau Iptu Narsin, Kasubag Dampers Bag SDM Polres Sanggau AKP Supriyanto, Personil Sat Samapta Polres Sanggau, dan Instruktur dari Seksi Penanggulangan Kebakaran Sat Pol Pamong Praja Kabupaten Sanggau dipimpin oleh sdr. Agus Suandi, diikuti oleh sdr. Abang Alhani, sdr. Yanto, dan sdr. Nata.

Dalam arahannya Kasat Samapta Polres Sanggau mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kepada personil Sat Samapta Polres Sanggau tentang prosedur pengoperasian APAR.

“Kepada para Peserta agar dapat menyimak materi dari instruktur dan mempraktekkan dengan benar cara penggunaan APAR, khususnya untuk Penanggulangan Bencana Kebakaran di Mako Polres Sanggau,” pesannya.

Iptu Sutikno juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada instruktur atas kesediaannya untuk melatih personil Polres Sanggau.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan pemberian materi oleh Personil Seksi Penanggulangan Kebakaran Sat Pol Pamong Praja Kabupaten Sanggau sdr. Agus Suandi.


Dirinya mengatakan bahwa APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau fire extinguisher adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api kecil atau mengendalikan kebakaran kecil, pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi.

“Prosedur Pengoperasian APAR, yakni Tarik kunci pengaman atau segel, Pegang bagian ujung selang dan arahkan ujung selang ke sumber api, Tekan tuas dan Kibaskan ujung selang pada sumber api secara perlahan sampai api padam.

“Kegiatan ini kita laksanakan dengan tujuan untuk memberi pengetahuan kepada peserta jika terjadi kebakaran api ringan, sehingga kebakaran dapat ditangani sedini mungkin,” ungkap Agus Suandi.

“Apabila kebakaran tidak dapat dikendalikan, merambat dan membakar area sekitar dan tidak dimungkinkan lagi dengan penggunaan APAR agar menghubungi pelayanan Bencana Kebakaran Seksi Penanggulangan Kebakaran Sat Pol Pamong Praja Kabupaten Sanggau,” pungkasnya.

Selanjutnya dilaksanakan praktek lapangan / simulasi oleh personil Seksi Penanggulangan Kebakaran Sat Pol Pamong Praja Kabupaten Sanggau kemudian dipraktekkan oleh Personil Sat Samapta Polres Sanggau.

Simulasi Penggunaan APAR dilaksanakan untuk memberi pengetahuan kepada peserta jika terjadi kebakaran api ringan, sehingga kebakaran dapat ditangani sedini mungkin khususnya untuk mengantisipasi Bencana Kebakaran di Mako Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya