» » » Polres Sanggau Gelar Lomba Burung Berkicau se-Kalimantan Barat

Polres Sanggau Gelar Lomba Burung Berkicau se-Kalimantan Barat

Penulis By on Minggu, 02 Juli 2023 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K membuka langsung kegiatan Lomba Burung Berkicau dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-77 di Lapangan Burung Sabang Merah Kabupaten Sanggau.

Kegiatan dihadiri oleh Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Putra Andika Trihatmoko, Wakapolres Sanggau Kompol Novrial Alberti Kombo, S.I.K., M.AP., Kejaksaan Negeri Sanggau di wakili Fungsional pada Kejari Sanggau Damar Zulkarnaen, Kasat Pol PP Victorianus, S.sos., PJU Polres Sanggau, Kapolsek Jajaran Polres Sanggau Ketua Panitia Perlombaan Burung Berkicau Bripka Catur Witjanrko dan Peserta Lomba Burung Berkicau.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau mengatakan, bahwa kegiatan lomba burung berkicau ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023.

“Kegiatan lomba burung berkicau ini merupakan rangkaian dalam memeriahkan hari Bhayangkara ke-77, dan juga merupakan ajang untuk komunitas kicau mania untuk membuktikan siapa yang terbaik dalam hal perawatan serta pemeliharaan sehingga mampu menghasilkan burung yang memiliki kualitas nomor satu,” katanya.

Selanjutnya Kapolres Sanggau menyampaikan dalam rangka mengisi hari Bhayangkara yang ke-77 tahun 2023, Polres Sanggau menggelar berbagai macam kegiatan dan perlombaan yang salah satunya adalah lomba burung berkicau yang dilaksanakan pada hari ini bertempat di lapangan Sabang Merah Sanggau.

“Lomba burung berkicau ini diharapkan dapat menjadi sarana penyaluran hobi bagi para Pecinta burung yang dikemas dalam bentuk perlombaan,” ucap AKBP Suparno.

Peserta lomba burung berkicau ini diikuti peserta yang berasal dari seluruh Kabupaten Provinsi kalbar, diantara dari kabupaten sanggau, ketapang,pontianak,sintang dan lainnya. dengan melombakan 1.000 ekor burung, diantaranya Murai Batu, Kacer, Cucak Ijo, Kenari dan Lovebird.

Selain itu, Lanjut Kapolres, dalam kompetisi kicau mania ini yang terpenting adalah demi ajang silahturahmi antar para pecinta burung.


“Semoga saudara sekalian dapat saling bertukar ilmu yang bermanfaat Untuk penilaian, tim juri akan menilai setiap burung mulai dari penampilan yaitu warna bulu, kenampakan fisik meliputi kesehatan, kebugaran, dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Bripka Catur Witjanrko, mengatakan lomba ini menjadi salah satu wadah penyaluran pecinta burung kicau Se-Kalbar khususnya Kota Sanggau. Adapun kategori perlombaan sebanyak 26 kelas dengan 800 peserta yang memperebutkan tropy dan uang hingga jutaan rupiah. Sedangkan burung yang diperlombakan seperti Murai, Lovebird, Cendet, Kacer, Serindit, Kenari serta Cucak Hijau. Untuk sistem penilaian mereka menggunakan juri dari Persatuan Juri Independen (PJI) Kalbar.

Kegiatan lomba burung kicau ini momentum hari Bhayangkara ke 77 dan kita laksanakan dengan panitia dari komunitas Sanggau Bird Club selain itu yang mengikuti lomba sekitar kurang lebih 800 peserta dari 26 kelas jenis burung berkicau yang dilombakan dari berbagai daerah kalimantan barat.

“Kedepan saya berharap kegiatan ini secara rutin dilaksanakan di Kota Sanggau untuk menjadi daya tarik baru pariwisata di Kota Sanggau. Selain itu untuk juri kita mengundang dari PJI kalbar,"jelas ketua panita lomba burung berkicau Kapolres Sanggau Cup,” ucapnya.

Maksud dan tujuan kegiatan lomba burung berkicau ini catur menjelaskan, selain untuk menjalin silahturahmi antar sesama penggemar kicau mania Se-Kalimantan Barat khususnya Kota Sanggau selain itu juga memeriahkan hari Bahayangkara ke-77, dan untuk lomba burung berkicau ini akan dibuat agenda tahunan di Polres Sanggau.

“Saya mengucapkan Terima kasih banyak kepada bapak Kapolres Sanggau yang sudah mendukung penuh kegiatan lomba kicau mania ini yang kita laksanakan di lapangan burung berkicau Sabang Merah sanggau. Saya harap masyarakat semakin peduli terhadap lingkungan serta memberi dampak positif bagi pariwisata di Kota Sanggau. Dan kami ingin perkenalkan burung berkicau ini kepada masyarakat, dan juga disambut baik oleh Kapolres Sanggau Dengan ini sejalan dengan kami yang ingin memberi wadah dan nuansa baru bagi pencinta burung yang berujung pada peningkatan peminat burung yang akan datang dari berbagai daerah Sanggau,” ucap Ketua Sanggau BC.

Kegiatan lomba Burung Kicau Kapolres Cup Sanggau ini dilanjutkan dengan penggantangan burung secara simbolis oleh Kapolres Sanggau di dampingi oleh jajaran serta panitia pelaksana lomba burung berkicau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya