» » » Sat Samapta Polres Sanggau Kembali Gelar Latihan Dalmas

Sat Samapta Polres Sanggau Kembali Gelar Latihan Dalmas

Penulis By on Sabtu, 16 September 2023 | No comments


Polres Sanggau - Dalam rangka meningkatkan ketrampilan dalam pengendalian massa dan profesionalitas personel saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas, Sat Samapta Polres Sanggau kembali menggelar Latihan Pengendalian Massa (Dalmas), Sabtu (16/9).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Sanggau Iptu Supariyanto, SH didampingi KBP Sat Samapta Iptu Eko Aprianto, S. Sos dan diikuti oleh 37 (tiga puluh tujuh) Personil Sat Samapta Polres Sanggau.

Nampak terlihat personel Sat Samapta Polres Sanggau dalam melaksanakan gerakan Dalmas dengan tameng serta tanpa tameng, selain meningkatkan kemampuan, latihan ini juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksnakan pengamanan unjuk rasa guna ciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

Kasat Samapta Polres Sanggau Iptu Supariyanto, SH didampingi KBO Sat Samapta Iptu Eko Aprianto, S. Sos menjelaskan, kegiatan latihan Dalmas tersebut dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan skill Personil Sat Samapta Polres Sanggau terkait dengan penanganan kegiatan aksi unjuk rasa yang terjadi di wilayah Kabupaten Sanggau.


“Kegiatan latihan dalmas ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan skill kemampuan personel Sat Samapta dalam rangka mengantisipasi dan persiapan pengamanan Pemilu Legislatif, Presiden maupun Pilkada di Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan kegiatan latihan ini untuk mengingatkan kembali ilmu yang telah di dapat selama pendidikan sehingga semua Personel Samapta yang bertugas di lapangan selalu siap dan mampu menghapi semua tantangan dalam bentuk ikatan kesatuan.

Adapun materi yang dilatihkan pada Pelatihan Dalmas diantaranya Dalmas Awal meliputi Formasi Berbanjar, Formasi Bersaf, Formasi Berbanjar Tiga, Sikap Tangan Berkait dan Sikap Pegang Tali Dalmas. Selanjutnya materi Dalmas lanjut meliputi Formasi Berbanjar, Formasi Bersaf, Formasi Berbanjar Tiga dan Sikap Berlindung.

“Diharapkan dengan latihan ini secara rutin setiap Personil Sat Samapta Polres Sanggau selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas merupakan kemampuan utama bagi setiap Personel Sat Samapta,” tukasnya.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya