» » » Zoom Meeting Monitoring Penanganan Karhutla di Wilkum Polres Jajaran Polda Kalbar

Zoom Meeting Monitoring Penanganan Karhutla di Wilkum Polres Jajaran Polda Kalbar

Penulis By on Sabtu, 02 September 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di area lahan Lingkungan Doku Kelurahan Sei Sengkuang Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Zoom Meeting Monitoring Penanganan Karhutla di Wilkum Polres Jajaran Polda Kalbar.

Kegiatan Zoom Meeting Monitoring Penanganan Karhutla di Wilkum Polres Jajaran Polda Kalbar dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M. Si, didampingi Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto, S.I.K, M.H dan diikuti melalui sarana Zoom Meeting oleh Dandim 1204/Sgu Letkol Inf. Putra Andika Trihatmoko, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Budi Darmawan, S.TP, M.M, PJU Polres Sanggau, Pleton Brimob Sanggau, Personil Kodim 1204/Sanggau dan Personil Polres Sanggau, Manggala Agni Sanggau serta Polhut Sanggau.

Dalam arahannya Kapolda Kalbar mengatakan terkait penanganan Karhutla di Kalbar dan penjabaran luas wilayah dan Karakteristik wilayah Kalbar.

“Total luas lahan gambut di Kalbar 2,8 Juta Ha yang terbagi diwilayah Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Mempawah,” ungkapnya.

Penanganan Karhutla dalam pemadaman api di wilayah Kalbar untuk perbandingan pada tahaun-tahun sebelumnya identik menurun.

“Untuk peraturan Pembukaan lahan Perladangan dengan berbasis kearifan lokal masih memacu pada Pergub Nomor 103 Tahun 2020 tentang Pembukaan Areal Lahan Pertanian Berbasis Kearifan Lokal,” katanya.

Kapolda Kalbar menjelaskan terkait kendala dalam pemadaman pada Titik Hotspot Karhutla di wilayah Kalbar yaitu kendala dan hambatan dalam pencarian sumber air di wilayah yang terjadinya kebakaran hutan dan lahan.


“Adapun upaya dan langkah-langkah preemtif yang terus kami lakukan adalah terus melakukan berupa himbauan-himbauan dan menyiagakan Posko-posko Karhutla Terpadu,” ucapnya.

“Kami juga telah menyiapkan alat-alat pendukung yang tetap di siagakan dalam penanganan Karhutla. Hal yang perlu dilakukan dalam penanganan Karhutla yaitu Pengelolaan Lahan Gambut diserahkan kepada Pemerintah,” pungkasnya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Kapolri menyapa Posko Karhutla Terpadu Wilayah Kabupaten Ketapang, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sambas untuk menyampaikan terkait penanganan Karhutla diwilayah.

Untuk di Kabupaten Sanggau disampaikan langsung oleh Wakapolres Sanggau Kompol Yafet yang didampingi oleh Dandim 1204/Sgu, Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, PJU Polres Sanggau, Danton Brimob BKO, Manggala Agni Sanggau dan Polhut Sanggau.

Selanjutnya penayangan selayang pandang pembangunan perumahan Bhayangkara Landak.

Dilaksanakannya kegiatan Zoom Meeting untuk mengecek persiapan dan kesiapan Polres Jajaran dalam rangka penanganan Karhutla di Wilkum Polres Jajaran Polda Kalbar.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya