» » » Wakapores Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Wakapores Sanggau Hadiri Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila

Penulis By on Senin, 02 Oktober 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Halaman Kantor Bupati Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila.

Selaku Irup Sekda Kab Sanggau Ir. Kukuh Triatmaka, MM, serta dihadiri Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Pimpinan OPD Pemkab Sanggau, Personil Polres Sanggau, Personil Kodim 1204 Sanggau, ASN Pemkab Sanggau, Sat Pol PP dan Damkar Kabupaten Sanggau, Dishub dan BPPD Kabupaten Sanggau serta para Pelajar Kabupaten Sanggau.

Dalam kegiatan upacara turut dilakukan Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks UUD 1945, Pembacaan Naskah Ikrar dan Pembacaan Amanat Bupati Sanggau.

Dalam amanat Bupati Sanggau yang dibacakan oleh Sekda Sanggau mengatakan bahwa kita menyadari bahwa selama ini Pancasila telah dipandang sebagai filsalfat, etika moral, politik, dan ideologi Nasional. Namun, pada tanggal 30 September 1965, muncullah Gerakan 30 September atau dikenal juga dengan Gerakan 30S/PKI yang merupakan pemberontakan dengan usaha mengubah Pancasila menjadi ideologi lain.

Pada hari tersebut, enam jenderal dan beberapa orang lainnya telah dibunuh sebagai upaya kudeta. Namun, berkat adanya kesadaran untuk mempertahankan Pancasila, upaya tersebut mengalami kegagalan. Selanjutnya, tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila untuk memperingati bahwa dasar negara Indonesia adalah Pancasila yang sakti dan tak tergantikan.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila hendaknya kita jadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh di masa kini dan di masa yang akan datang. Dalam hal ini Pancasila akan berperan sebagai titik berangkat sekaligus tujuan pembangunan bangsa dan negara kita. Pancasila menjadi dasar yang menyatukan keberagaman dan seluruh elemen yang ada sehingga dapat bersinergi untuk mewujudkan Indonesia maju,” ungkapnya.


Dengan segala keberagaman dan perbedaan yang ada itu, kita patut bersyukur karena kita dapat disatukan dalam konsep Indonesia yang menganut Pancasila sebagai pedoman dasar negaranya sekaligus menjadi dasar dalam berpikir, bersikap, dan berperilaku bagi warga negaranya. Dengan mengimplementasikan setiap sila dalam Pancasila, sejatinya kita telah mampu menjadi manusia yang utuh, sesuai dengan kodrat dan kehendak Tuhan Yang Maha Kuasa. Dengan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila itu, kita secara bersama-sama dapat melakukan pembangunan berkesinambungan demi mewujudkan cita-cita kita yaitu Sanggau maju dan terdepan.

“Melalui Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023 ini, menjelang akhir masa kepemimpinan saya, saya mengajak seluruh lapisan masyarakat Sanggau agar menjadikan peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk bersama-sama meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada setiap aspek kehidupan sehari-hari, baik itu dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, kapan pun dan di mana pun berada,” jelasnya.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila harus dimaknai masyarakat, khususnya generasi muda dan para pelajar melalui penguatan profil pelajar Pancasila yang sedang digalakkan di dunia pendidikan, sebagai momentum perekat persatuan dan kesatuan bangsa sebagaimana tema Hari Kesaktian Pancasila kali ini.

“Dengan nilai-nilai Pancasila yang menjadi dasar langkah kita, mari kita membangun Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Sanggau pada khususnya yang lebih tangguh, lebih inklusif, lebih mencerdaskan, dan lebih bermartabat,” tukasnya.

Dilaksanakan kegiatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila dalam rangka mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa, termasuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan revolusi yang gugur dalam peristiwa Gerakan 30 September atau lebih dikenal dengan sebutan G30S/PKI.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya