» » » Pamatwil Ops Mantap Brata Kapuas Polda Kalbar di Wilayah Kabupaten Sanggau

Pamatwil Ops Mantap Brata Kapuas Polda Kalbar di Wilayah Kabupaten Sanggau

Penulis By on Senin, 13 November 2023 | No comments


Polres Sanggau - Kabid Keu Polda Kalbar Kombespol Dolly A. Primanto, SH, S.I.K, MH melaksanakan giat Pamatwil Dalam Rangka Ops Pol Terpusat Mantap Brata Kapuas Tahun 2023-2024 di Wilayah Kabupaten Sanggau.

Dalam kegiatan tersebut, Kabid Keu Polda Kalbar didampingi Kasud Dit Bia & Apk Polda Kalbar AKBP Tonny Wintara, SE, MH diikuti Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K dan Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto.

Dalam rangkaian kunjungannya ke Wilkum Polres Sanggau, Pamatwil Ops Mantap Brata Kapuas Polda Kalbar melakukan pengecekan Kesiapan KPU Kabupaten Sanggau menjelang Pemilu 2024.

Selanjutnya Tim Pamatwil melaksanakan Pengecekan Posko dan Gudang Logistik, Melaksanakan Koordinasi terkait Pemilu di Kantor Sekretariat Sentra Gakkumdu serta Kantor Bawaslu Sanggau.

Usai melakukan pengecekan dan dan Koordinasi, selanjutnya tim Pamatwil bergeser ke Mapolres Sanggau untuk melaksanakan dengan Personil Polres Sanggau.

Pada kegiatan Pamatwil tersebut, Kapolres Sanggau dalam paparannya menyampaikan fungsi manajemen yang kami laksanakan pada rekor label dan CB secara umum dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kedua masyarakat yaitu melaksanakan frame preventif tenaga kerja hukum.

“Dalam rangka kesiapan operasi OMB, sebelumnya kami jauh hari sudah melaksanakan Cooling System yang mana sistem ini tentunya perintah dari Mabes Polri,” ungkapnya.

AKBP Suparno mengatakkan bahwa Program Kapolda Kalbar tentang Stunting terkait penanganan Stunting. Kemudian kami juga mencoba membuat terobosan-terobosan yaitu dengan memberikan bantuan sosial oleh pemerintah setiap 2 minggu sekali, karena di sini daerah pesisir sungai tentang kesehatan kami membuat terobosan yaitu Klinik Terapung.

“Kami tentunya sudah melaksanakan sosialisasi secara langsung dengan tiga pilar yang ada di desa berperan aktif untuk memberikan sosial secara langsung dan Satgas humas kami sudah memberikan pemahaman kepada masyarakat agar mengerti dan paham bahwa akan dilaksanakannya Pemilu,” ujarnya.

Terkait kesiapan Pemilu, Lanjut Kapolres, Untuk personil Polres Sanggau berjumlah 615 personil yang ada namun yang siap untuk melaksanakan dan dilibatkan dalam Ops Mantap Brata sebanyak 433 Personil.

“Untuk Sarana Prasarana (Sarpras) ini kami sudah cek dan Ricek serta final check dengan mengadakan gelar perlengkapan,” katanya.


“Sementara Siap Anggaran ini kami tahun 2023 sebesar Rp 1.514.926.000., ini untuk dukungan anggaran,” tambah AKBP Suparno.

Sesuai dengan data yang kami kormulir bahwa DPT yang ada di Polres Sanggau sebesar 359.344 jiwa untuk jumlah TPS sebanyak 1692 TPS Sedangkan untuk pola pengamanan yang sudah kami ending sebanyak 248 Sedangkan untuk TPS rawan kami mapping ada 8 TPS.

“Perkembangan terakhir dalam dinamika operasional operasi yang sedang berlangsung kami Satgas sudah melaksanakan setiap hari melaksanakan penjabaran tugas termasuk turjawali dan kemudian pengamanan yang difokuskan di gudang logistik sampai dengan tanggal 13 November 2023 dapat Kami laporkan bahwa di gudang logistik sudah ada bilik suara sebanyak 6.768 dan kotak suara sebanyak 8.490, sedangkan untuk tinta sebanyak 11 kali atau 3.384, segel stiker logo KPU baru 82. Atau sebanyak 162.77,” tukasnya.

Sementara Arakan dari Kabid Keu selaku Ka Tim Pamatwil mengatakan bahwa sudah banyak hal yang kita pelajari dan nanti sama-sama menjadi domain untuk opsi kita dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Operasi Mantap Brata tentunya.

“Untuk Pleton Siaga agar di Standbykan jika terjadi sesuatu, mudah-mudahan jangan sampai terjadi di Wilayak Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Kombespol Dolly mengungkapkan Saat pergeser pasukan agar lebih cepat supaya bisa lebih cepat dalam penanganan jika terjadi sesuatu yang fatal.

“Untuk akses menuju ke TPS tidak semua beraspal dan saya harapkan seluruh anggota bisa menjaga kesehatannya, ini yang betul-betul kita siapkan kesehatan anggota,” pintanya.

Dirinya menjelaskan ada beberapa titik yang memang Black Spot itu yang memang menjadi suatu kendala, nah ini tolong betul-betul dikelola dengan baik Kalau perlu dicarikan solusinya sehingga tidak bisa kita menyalahkan anggota itu karna sulit dihubungi atau mungkin ada hal yang mengganggu dalam menghambat dalam suatu tugas.

“Untuk Administrasi, tolong masing-masing anggota membawa buku catatan kecil, untuk seluruh anggota yang melaksanakan pengamatan TPS,” pesannya.

“Yang paling terpenting, seluruh anggota tidak ada yang boleh menghitung/mencatat perhitungan suara saat di TPS,” pungkasnya.

Dilaksanakan kegiatan Pamatwil Polda Kalbar dalam rangka mengecek kesiapan dan kelengkapan data sehubungan dengan Ops Pol Terpusat Mantap Brata Kapuas Tahun 2023-2024 di Wilkum Polres Sanggau.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya