» » » Wakapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan DBD Tahun 2023

Wakapolres Sanggau Hadiri Kegiatan Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan DBD Tahun 2023

Penulis By on Jumat, 17 November 2023 | No comments


Polres Sanggau - Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K menghadiri Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan DBD Th 2023 di Kabupaten Sanggau di halaman Kantor Bupati Sanggau.

Kegiatan Apel dipimpin oleh Plt. Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.SI selaku Pembina Apel yang dihadiri oleh unsur Forkopimda, Asisten Bupati, Kabag SDM Polres Sanggau AKP Harsoyo, S.MN, MM, para Asisten, Kepala OPD lingkup PemKabupaten Sanggau dan Pleton dari TNI POLRI, BPBD, ormas serta seluruh ASN Lingkungan Pemkab / Setda Kabupaten Sanggau.

Dalam arahannya Plt. Bupati Sanggau mengatakan bahwa pagi ini kita melaksanakan secara formal Apel bersama dalam rangka Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan DBD Th 2023 di Kabupaten Sanggau.

Ini sebagai langkah bagaimana kita komitmen dan care mengatasi wabah DBD di Kabupaten Sanggau, berdasarkan data di Kabupaten Sanggau terdapat sebanyak 247 orang pasien dirawat yang terkena DBD, tapi Data yang disampaikan oleh DINKES Kabupaten Sanggau sebanyak 244 pasien.

“Saya tekankan pastikan data tidak simpang siur, penderita yang meninggal dunia ada sebanyak 9 orang, ini sudah termasuk dan terhitung cukup tinggi angka kematian karena DBD,” ungkapnya.

Oleh karna itu, Lanjutnya, sebagai gerakan moral dan gerak kemanusiaan kita harus segera secepat mungkin melakukan langkah dan tindakan nyata represif, tak bisa lagi diam dan hanya menunggu dan berdiskusi.

“Saya minta keterlibatan dan peran aktif sosial seluruh Pegawai ASN di Lingkup Pemkab Sanggau, TNI-Polri dan masyarakat yang dimulai dari lingkungan sendiri kemudian interpensi keluar lewat gerakan cepat secara masiv, Dinas yang berkompeten dan seluruh komponen beri edukasi pada masyarakat kita tentang penanggulangan DBD agar kemudian hari tidak terulang kasus yang sama,” ungkap Yohanes Ontot.


“Saya bersama Dinas Intansi dan masyarakat sudah 2 hari ini melaksanakan kegiatan yang sama, hari ini kita akan melanjutkan kegiatan dan fokus di 2 kelurahan yakni Ilir kota dan Beringin, gerakan ini harus berkesinambungan, terutama Kantor, Pemukiman serta lembaga pendidikan,” tambahnya.

Hari ini kita akan melakukan kerja bhakti, penyemprotan dan pemberian abate, saya harap hari ini kita semua bekerja secara efektif.

“Saya berharap dan tekankan agar Kadinkes Kabupaten Sanggaudan BPBD serta jajaran kebawah harus tuning, Kadinkes kenapa tidak hadir, ini permasalahan penyelamatan jiwa, kemanusiaan, kita harus punya rasa care yang luar biasa tanggung jawab moral kita kepada masyarakat, saya ingatkan kepada kepala OPD, Ini kondisi yang stasional, Kadis yang berkompeten harus bertanggung jawab, jangan anggap remeh dan bersantai, ini Kadinkes yang berkompeten pun tidak hadir, harus merasa ada sign rasa tanggung jawab kita sebagai Dinas yang berkompeten sebagai leading sector,” pintanya.

Kegiatan ini bukan panik, tapi ini secara sporadis, laksanakan hingga ke tingkat Kecamatan dan Desa. Saya harap hari ini kita bekerja dengan efektif sebagai amal jariah kita kepada Tuhan YME.

“Terima kasih kepada semua yang telah hadir, semoga amal jariah kita hari ni diterima, semangat dan selamat bekerja demi Masyarakat Kabupaten Sanggau dalam rangka menjaga keselamatan jiwa manusia, Pencegahan dan Penanggulangan DBD di wilayah Kabupaten Sanggau,” ucapnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan Kerja Bhakti di Lingkungan Kelurahan Ilir Kota dan Kelurahan Beringin serta Penyemprotan / Fogging DBD di lingkungan Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Pelaksanaan Apel Pencegahan dan Kesiapsiagaan Penanggulangan DBD Th 2023 di Kabupaten Sanggau merupakan aktualisasi kesiapan dan komitmen PemKabupaten Sanggau beserta Lintas Sektoral dan seluruh komponen dalam upaya pencegahan dan penanggulangan KLB wabah DBD khususnya di wilayah Kabupaten Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya