» » » Kegiatan Sosialisasi terkait Bullying di SDN 01 Sanggau

Kegiatan Sosialisasi terkait Bullying di SDN 01 Sanggau

Penulis By on Selasa, 12 Desember 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau melaksanakan kegiatan Sosialisasi Stop Bullying dilingkungan sekolah SDN 01 Sanggau.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K dan di hadiri Wakapolres Sanggau, Kasat Binmas, Kasi Humas, Kanit Regident Lantas serta diikuti oleh Dewan Guru dan Siswa siswi SDN 01 Sanggau.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan dibuka dengan Sosialisasi oleh Kapolres Sanggau kemudian dilanjutkan dengan Praktek Adegan Drama Bullying oleh personil Satbinmas dan Satlantas serta Interaksi / Tanya jawab Kapolres Sanggau dan Siswa Siswi SDN 1 Sanggau.

Kapolres Sanggau dalam sosialisasinya mengatakan Bullying merupakan perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial. Hal ini bisa dilakukan baik di dunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan. Pelakunya bisa perorangan ataupun kelompok.

Berbagai upaya pencegahan bullying perlu dilakukan seperti mengembangkan budaya relasi atau pertemanan yang positif, saling mendukung satu sama lain, dan merangkul teman yang menjadi korban bullying. Lalu dapat memahami dan menerima perbedaan tiap individu di lingkungan sebaya.


“Bentuk pencegahan lain bisa ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying,” katanya.

Menurutnya kasus bullying di sekolah rentan terjadi. Korban bullying biasanya mengalami trauma psikis yang membutuhkan penanganan dan pendampingan psikologis. Dengan itu, diperlukan upaya pencegahan agar tak terjadi kasus perundungan.

“Jangan takut melaporkan jika menerima bullying. Laporkan ke pihak sekolah, sehingga bisa diselesaikan jangan sampai dipendam sendiri,” tukasnya.

Kegiatan Sosialisasi tersebut dilaksanakan guna mencegah terjadinya perbuatan Bullying pada sekolah-sekolah dan pihak sekolah serta Murid menyambut baik kegiatan dimaksud.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya