» » » Pamatwil Ops Mantap Brata Polda Kalbar Kunjungi Polres Sanggau

Pamatwil Ops Mantap Brata Polda Kalbar Kunjungi Polres Sanggau

Penulis By on Sabtu, 09 Desember 2023 | No comments


Polres Sanggau - Polres Sanggau menerima kunjungan Pamatwil Polda Kalbar dalam Rangka Monitoring kegiatan Pengamanan Kampanye Ops Mantap Brata Kapuas Tahun 2023-2024.

Kegiatan dipimpin oleh Kabid Humas Polda Kalbar Kombespol Raden Petit Wijaya, S.IK, M.M, Kabag Dal Ops Polda Kalbar AKBP Stevy Pattasina, Kasubbid Multimedia Polda Kalbar Kompol Danur Lieantara, Briptu Haryogi dan Bripda Yogas Wira.

Dalam rangkaian kunjungannya, Pamatwil Polda Kalbar beserta rombongan tiba di Lapangan Sabang Merah Sanggau dengan menggunakan Heliped langsung disambut oleh Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, S.H. S.L.K selaku Waka Opsres didampingi Kabag Ops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, S.H., M.A.P selaku Karendal Opsres dan Pejabat Operasi OMB Polres Sanggau.

Selanjutnya tim Katim Pamatwil Polda Kalbar didampingi Wakapolres Sanggau memberikan arahan kepada Pejabat Operasi OMB Polres Sanggau.

Dalam sambutannya Wakapolres Sanggau mengucapkan selamat datang kepada Kabid Humas Polda Kalbar Kombespol Raden Petit Wijaya, S.I.K, M.M selaku Pamatwil Polda Kalbar berserta tim ke Polres Sanggau Dalam Rangka Patroli dan Monitoring kegiatan Pengamanan Kampanye Ops Mantap Brata Kapuas Tahun 2023-2024.

Kompol Yafet juga menyampaikan Permohonan maaf dari Kapolres Sanggau tidak bisa mendamping karena ada kegiatan di Pontianak.

Dirinya menyampaikan Kehadiran PJU Polres Sanggau dan para personil terlibat OMB. “Selanjutnya kami siap menerima arahan dalam Pelaksanaan kegiatan OMB,” tukasnya.

Sementara Kabid Humas Polda Kalbar selaku Pamatwil Polda Kalbar dalam arahannya mengatakan bahwa dirinya beserta tim mendapat tugas dari pimpinan untuk melaksanakan monitoring dalam kegiatan OMB.

“Kehadiran Pejabat Operasi, diharapkan dari pimpinan personil dalam kondisi prima, apabila kurang sehat segara berobat agar dinamika operasi berjalan dengan baik,” ucapnya.

Dirinya menjelaskan, Kasatgas dibantu, pejabat saling mendukung, mengingatkan dan mengisi kerjasama dengan baik dalam menghadapi hambatan agar roda organisasi dapat berjalan dalam OMB semakin solid.

“Untuk Teknis Operasi, tidak lepas dari perkiraan intelejen, diharapkan kepada Satgas intel memberikan puding kepada pimpinan dlsesuai fakta dan kondisi rill di lapangan, Kasat Intel harus memberikan informasi yang disampaikan benar dengan mengkroscek agar dapat terpantau kegiatan OMB,” katanya.


Kombespol Petit mengatakan bahwa Anev pada tahun 2019, terhadap personil dan panitia penyelenggara karena kelelahan menyebabkan meninggal dunia, perlu perhatikan kesiapan kelengkapan bekal kesehatan personil.

Dokumentasikan personil yang ditempatkan dimedan yang berat agar terekam dengan baik dalam pelaksanaan pengamanan TPS, agar masyarakat mengetahui kegiatan Polri yang baik dilapangan dapat terekpos, contohnya dalam pelayanan Polri kepada kegiatan HMI.

Dirinya meminta adanya upaya pengorbanan dan tindakan personil dengan baik agar di dokumentasikan.

“Masalah Netralitas Polri dalam Pemilu 2024 dan Ingatkan lagi terhadap Larangan bagi Anggota Polri. Saya meminta jangan anti dengan wartawan, lengkapi informasi yang ada,” terangnya.

Kabid Humas juga meminta laksanakan apa yang disampaikan Pimpinan dan amankan operasi Mantap Brata dan tingkatkan Waskat akan dinilai.

“Operasi Mantap Brata, jangan dijadikan hanya kegiatan rutin jdikan kegiatan khusus dan jangan menyepelkan/meremehkan kegiatan kita dalam OMB dapat berdampak dalam perubahan situasi cepat,” ucapnya.

Dirinya juga mekankan Pimpinan tertinggi harus turun kelapangan dalam menghadapai situasi dilapangan. Monitor pengamanan Kampanye di Wilayah Kabupaten Sanggau serta Untuk kegiatan Natal ada indikasi, untuk mengambil momen Kampanye,” tukasnya.

Selanjutnya Pamatwil Polda Kalbar berserta tim melakukan pengecekan di Posko OMB Polres Sanggau terkait Jumlah Personil terlibat OMB, Update Aplikasi EWS, SOT, Panel Data, Tabulasi, Buku Mutasi, Ren Hasil OMB serta Video Call melalui SOT kepada sebaran personil pengamanan di Kantor KPU dan Gudang Logistik KPU.

Pamatwil Polda Kalbar berserta tim juga melakukan pengecekan di Gudang Logistik KPU Kabupaten Sanggau, kegiatan dihadiri Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Bawaslu Kabupaten Sanggau terkait kesiapan dan jumlah Personil Pam, Buku Mutasi, lokasi Gudang penyimpanan Logistik Pemilu, CCTV yang telah terkoneksi ke Polres Sanggau dan personil Pam untuk melaksanakan Paroli di sekitar Gudang.

Serta melakukan pengecekan di Kantor KPUD Kabupaten Sanggau, kegiatan dihadiri Ketua KPU Kabupaten Sanggau, Komisioner KPU, Kesiapan dan jumlah Personil Pam dibantu satuan pengamanan dari KPU, Buku Mutasi, penyampaian tentang Netralitas Polri.

Dilaksanakan kegiatan Pamatwil Polda Kalbar dalam rangka mengecek kesiapan dan kelengkapan data serta sebaran Personil pengamanan sehubungan dengan Ops Mantap Brata Kapuas Tahun 2023-2024 di Wilkum Polres Sanggau.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya