» » » Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pematangan Persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sanggau

Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pematangan Persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sanggau

Penulis By on Kamis, 21 Desember 2023 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Ruang Rapat VVIP Lantai II Kantor Bupati Sanggau telah dilaksanakan kegiatan rapat koordinasi dalam rangka pematangan persiapan Pemilu 2024 di Kabupaten Sanggau.

Hadir dalam kegiatan tersebut Plt. Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si, Kabagops Polres Sanggau Kompol Wahyu Hartono, SH, M.AP, Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau Kapten Inf. M. Yunus, Kaban Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, S.Sos., Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto, Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau Septiana Ika Kristia serta diikuti secara virtual oleh seluruh Forkompimcam di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kaban Kesbangpol Kabupaten Sanggau, dalam kesempatan tersebut Kaban Kesbangpol Kabupaten Sanggau menyampaikan kepada seluruh Forkompimcam melalui sarana Vicon bahwa rapat koordinasi dilaksanakan dalam rangka untuk mengetahui kesiapan diseluruh kewilayahan sehubungan kegiatan pentahapan Pemilu yang saat ini berlangsung.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Bupati Sanggau mengatakan Rakor dilaksanakan dalam rangka evaluasi pelaksanaan Tahapan Pemilu di Kabupaten Sanggau yang telah berjalan 2 Minggu, terutama dalam pelaksanaan kampanye dan pemasangan APK.

Dirinya menanyakan kepada pihak Bawaslu terkait prosedur pemasangan APK di Kabupaten Sanggau yang telah sesuai dengan aturan KPU serta menanyakan kembali kepada pihak Bawaslu terkait netralitas ASN di Kabupaten Sanggau yang diduga melanggar aturan.

“Agar Para Camat dapat memberikan masukan dan informasi sehubungan pelaksanaan dan kendala di lapangan,” pesannya.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa untuk saat ini KPU sedang fokus terhadap logistik Pemilu untuk Kabupaten Sanggau.

“Terkait keberadaan, jumlah dan pengamanan logistik Pemilu telah dilakukan koordinasi bersama pihak Kepolisian,” ucap Martinus Sumarto.

“Hari ini telah berlangsung kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara untuk Pemilu Serentak Tahun 2024,” tambahnya.

KPU Kabupaten Sanggau telah menyampaikan kepada seluruh PPK untuk menyiapkan Rencana Pola Distribusi Logistik. Dirinya juga menyampaikan berbagai macam bentuk logistik yang telah ada di gudang logistik KPU.

“Dalam kegiatan pendistibusian logistik terdapat beberapa kendala, diantaranya gedung atau gudang untuk tempat penyimpanan logistik Pemilu. Untuk persiapan pemungutan suara, KPU telah melaksanakan kegiatan Binteknis kepada tingkat PPS,” katan Martinus Sumarto.

Terdapat kendala untuk mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan bagi para KPPS, mengingat jumlah KPPS yang banyak dan jarak tempuh ke Puskesmas yang cukup jauh.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada Forkompimda atas segala dukungan yang telah diberikan,” tukasnya.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa hari telah berlangsung kegiatan penertiban APK yang tidak sesuai dengan PKPU.


“Penertiban APK dilaksanakan dari Jl. RE. Martadinata (Kantor Deskranada) s/d jalur protokol di Jln. Jend. Sudirman Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau,” ucap Septiana.

Dirinya mengatakan baha Bawaslu dan seluruh jajaran Panwascam akan melaksanakan apel gelar pasukan.

“Sesuai STTP Kampanye yang diterbitkan Polres Sanggau belum seluruhnya ditembuskan ke Bawaslu Kabupaten Sanggau. Kegiatan kampanye di kewilayahan yang tidak memiliki STTP tetap akan dilakukan monitoring oleh Panwascam,” ungkapnya.

Bawaslu akan menginstruksikan kepada jajaran Panwascam untuk melaksanakan kegiatan penertiban APK yang serupa dilaksanakan oleh Bawaslu.

“Kami telah mensosialisasikan kepada Parpol untuk secara kesadaran membersihkan APK yang tidak sesuai pada tempatnya, jika hal tersebut tidak ditindaklanjuti maka dari pihak Bawaslu dan Pol PP yang akan melakukan kegiatan pembersihan,” tukas Septiana.

Sementara Kabagops Polres Sanggau mengatakan saat ini telah masuk Tahapan Kampanye yang mana kegiatan Kampanye dilakukan pengamanan oleh pihak Kepolisian.

“Hasil monitoring kegiatan kampanye dapat berjalan dengan kondusif dan belum ditemukan adanya kejadian menonjol. Kami dari Polres Sanggau telah menenpatkan personil pengamanan di KPU, Bawaslu dan Gudang Logistik KPU,” ucap Kompol Wahyu.

Terkait kegiatan pelipatan dan penyortiran surat suara, Polres Sanggau telah memberikan himbauan Kamtibmas kepada seluruh pekerja untuk tidak melakukan pelanggaran maupun Tindak Pidana.

“Hasil koordinasi bersama PPK masih terdapat gudang penyimpanan yang belum sesuai dengan SOP, khususnya bebas dari rawan kebocoran, kebakaran serta hal-hal yang dapat menggangu penyimpanan logistik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut juga, Kompol Wahyu menyampaikan terkkait kerawanan distribusi logistik Pemilu. “Dalam kegiatan penertiban APK, Polres Sanggau bersinergi bersama Bawaslu,” pungkasnya.

Pasi Ops Kodim Sanggau dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa TNI siap bersinergi bersama Kepolisian dalam rangka pengamanan pada tiap Tahapan Pemilu.

“Kodim Sanggau telah menyiapkan personil dan sarana prasarana pendukung untuk pengamanan Pemilu,” ungkap Kapten Inf. M. Yunus.

Dalam kegiatan pembulatan, Plt. Bupati Sanggau meminta agar Para Camat dapat bersinergi bersama TNI-Polri serta merumuskan fasilitas yang tepat untuk tempat penyimpanan logistik Pemilu.

“Saya minta apa yang disampaikan KPU dan Bawaslu dapat menjadi acuan pelaksanaan tugas Forkompimcam dilapangan,” tukas Yohanes Ontot.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya