» » » Wakapolsek Toba Hadiri Pengawasan Alat Peraga Kampanye dan Rencana Penerimaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu

Wakapolsek Toba Hadiri Pengawasan Alat Peraga Kampanye dan Rencana Penerimaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu

Penulis By on Kamis, 04 Januari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Kantor Sekretariat Panwaslu Kecamatan Toba, Desa Teraju Barat Desa Teraju Kecamatan Toba dilaksanakan Rapat Koordinasi bersama yang diselenggarakan oleh Panwascam dan diikuti oleh Forkopincam dan PPK Kecamatan Toba, pembahasan mengenai Pengawasan APK (Alat Peraga Kampanye) dan Pengamanan rencana penerimaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu diwilayah Kecamatan Toba.

Kegiatan dihadiri Camat Toba Kanisius Bheny, Danramil Toba Kapten Inf. Agus Mulyanah, Wakapolsek Toba Ipda Darwanto, PS. Kanit Intelkam Polsek Toba Aipda R. Sinaga, Ketua Panwascam Toba Picensius Anes, Komisioner PPK Kecamatan Toba Stefanus Coneri bersama anggota dan PKD 7 Desa Kecamatan Toba.

Dalam kegiatan tersebut membahas kesiapan Penyelenggaraan dalam rangka Pelaksanaan Pemilu 2024 diwilayah Kecamatan Toba, berupa Sarana Prasarana (Tempat Penyimpanan Logistik, Angkutan / Transportasi Pendistribusian), terdapat beberapa wilayah yang harus menggunakan jalur air yang dalam hal ini perlu mendapat penanganan Khusus serta Rencana Penertiban APK (Alat Peraga Kampanye) diwilayah Kecamatan Toba.

Sementara dalam penyampaiannya Wakapolsek menyampaikan bahwa Kepolisian dalam hal ini bertugas melakukan dan memastikan Pengamanan Pemilu sehingga situasi tetap Kondusif.

“Polsek Toba Telah melakukan pemetaan dan Rencana Pengamanan terkait dengan Pelaksanaan pemilu, terkait dengan Transportasi logistik pemilu telah melakukan Koordinasi dengan Pihak-pihak lain, diharapkan PPK juga dapat melakukan Kolaborasi sehingga Kesiapan pada saat pelaksanaan dapat Optimal,” ungkap Ipda Darwanto.

Wakapolsek juga menambahkan, Polri dalam hal ini Netral dan mengharapkan dikungan serta kerjasama seluruh pihak agar pemilu dapat berjalan Kondusif.

“Dalam hal Penertiban APK silahkan dilaksanakan dengan terlebih dahulu menyampaikan Himbauan baik secara langsung dan tertulis sehingga saat dilaksanakan tidak menimbulkan permasalahan,” terangnya.

“Tingkatkan Sinergisitas antar stake Holder serta Komunikasi Intens sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan Optimal,” tukas Wakapolsek Toba Ipda Darwanto.


Komisioner PPK Kecamatan Toba menyampaikan bahwa secara umum Pelaksanaan Tahapan Pemilu diwilayah Kecamatan Toba berjalan dengan lancar.

Saat sekarang masih dalam kegiatan Penjaringan KPPS. Untuk Penerimaan Logistik direncanakan akan tiba di Kecamatan Toba pada H-7, lokasi penyimpanan telah ditetapkan.

“Terkait dengan Pendistribusian telah berkoordinasi dengan Perusahaan sekitaran wilayah Kecamatan Toba guna bantuan terkait dengan Transportasi,” ungkap Stefanus Coneri.

Terakhir Ketua Panwascam Toba mengatakan bahwa terdapat beberapa tempat lokasi penempatan APK tidak sesuai dengan ketentuan, hal ini akan ditindaklanjuti dengan Penertiban dan terlebih dahulu menyampaikan himbauan maupun surat tertulis kepada Pengurus Partai Politik.

“Terkait dengan Pengawasan Logistik Pemilu Panwas akan melakukan Pengawalan mulai dari Gedung KPU sampai dengan PPK Toba,” ungkapnya.

Picensius Anes menambahkan, saat sekarang sedang pada kegiatan Perekrutan Pengawas Pemilu TPS Kecamatan Toba.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Rangka Koordinasi bersama Panwascam, PPK dan Forkopincam terkait dengan Pengawasan APK dan Rencana Pengamaman penerimaan dan Pendistribusian Logistik Pemilu 2024 Kecamatan Toba.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya