» » » Kapolres Sanggau Cek Gudang Logistik KPU Kabupaten Sanggau

Kapolres Sanggau Cek Gudang Logistik KPU Kabupaten Sanggau

Penulis By on Kamis, 04 Januari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K melakukan Pengecekan Gudang Logistik KPU Kabupaten Sanggau di Jl. Jend. Sudirman Gg. Kelurahan Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

Kegiatan pengecekan oleh Kapolres Sanggau didampingi oleh PS. Kasat Intelkam Polres Sanggau Iptu Suhartoto, Pa Siaga Binops Polres Sanggau Iptu Suparman, Padal PAM Gudang Logistik KPU Iptu Hartono dan dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Sanggau Martinus Sumarto beserta Staf KPU Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau memberikan arahan dan atensi kepada Personil Pos Pengamanan Gudang Logistik KPU.

AKBP Suparno meminta kepada Personil Pos Pam agar melakukan pengecekan Sistem Keamanan yang ada di Gudang Logistik serta menyecek logistik yang baru datang di tempat penyimpanan.

“Lakukan Koordinasi dengan Ketua KPU Kabupaten Sanggau terkait Surat suara yang belum dilakukan pelipatan dan pernyortiran antara lain surat suara Pilpres dan DPD RI yang rencana datang tanggal 6 Januari 2024,” pintannya.

“Surat suara yang sudah dilakukan pelipatan yaitu surat suara DPRD Kab/Kota, surat suara DPRD Provinsi dan surat suara DPR RI namun untuk DPRD Provinsi masih terdapat selisih hitung sebanyak ± 9.000 surat suara dan akan dilakukan penyortiran ulang dan jika masih terdapat kekurangan akan dilakukan perbaikan sampai dengan batas waktu tanggal 10 Januari 2024,” tambah Kapolres Sanggau.

Kapolres Sanggau juga mengatakan Persiapan lokasi dan tempat penyimpanan Logistik Pemilu di tingkat PPK dan PPS. Perekrutan Petugas PPS, KPPS dan Petugas Ketertiban TPS.

Dalam kesempata tersebut juga, AKBP Suparno memberikan arahan agar membuat Jukrah ke Polsek Jajaran untuk melakukan Groundcheck tempat penyimpanan Logistik di tingkat PPK bersama Forkopimcam dan dilaporkan hasil pengecekannya.


“Kepada Kasat Intelkam segera berkoordinasi dengan Sat Pol PP Kabupaten Sanggau terkait perekrutan Petugas Ketertiban yang akan bertugas di TPS,” katanya.

Dirinya juga meminta tingkatkan kewaspadaan dan pengamanan disekitar Gudang Logistik KPU.

Sementara hasil koordinasi Kasat Intelkam Polres Sanggau dengan pihak KPU Kabupaten Sanggau dan Sat Pol PP Kabupaten Sanggau yakni untuk Data Pelipatan Surat Suara DPRD Kab/Kota Dapil 1 sebanyak 132 pack/66.000 lembar sementara yang rusak sebanyak 7 lembar, Dapil 2 sebanyak 158 pack/79.000 lembar sementara yang rusak sebanyak 142 lembar, Dapil 3 sebanyak 162 pack/81.000 lembar sementara yang rusak sebanyak 127 lembar, Dapil 4 sebanyak 172 pack/86.000 lembar sementara yang rusak sebanyak 49 lembar dan Dapil 5 sebanyak 113 pack/56.500 lembar sementara yang rusak sebanyak 49 lembar.

Sementara Surat Suara DPRD Provinsi Dapil Kalbar 6 sebanyak 735 pack/367.000 lembar sementara yang rusak sebanyak 188 lembar. Surat Suara DPR RI Dapil Kalbar 2 sebanyak 735 pack/367.037 lembar sementara yang rusak sebanyak rusak 188 lembar.

Untuk Kebutuhan untuk petugas KPPS Kabupaten Sanggau sebanyak 11.844 orang terdiri dari Pendaftaran terbuka terpenuhi sebanyak 10.015 orang (84,56%) dan Penunjukan langsung sebanyak 1.829 orang (15,44%).

Dari hasil koordinasi terkait perekrutan Petugas Ketertiban TPS sudah dilaksanakan mencapai 80% hanya tinggal Kecamatan Kapuas yang belum lengkap.

Kegiatan pengecekan Gudang Logistik KPU oleh Kapolres Sanggau guna memastikan keamanan yang ada disekitar Gudang Logistik serta berkoordinasi dengan pihak KPU terkait persiapan dalam menghadapi Pilpres dan Pilleg yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya