» » » Audit Wasops Mabes Polri Dalam Rangka Ops Mantap Brata 2023-2024 di Polres Sanggau

Audit Wasops Mabes Polri Dalam Rangka Ops Mantap Brata 2023-2024 di Polres Sanggau

Penulis By on Kamis, 29 Februari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Graha Wira Pratama Polres Sanggau dilaksanakan kegiatan Audit Was Ops Mabes Polri Dalam Rangka Ops Mantap Brata 2023-2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut Irbidjemen SDM I Itwil II Itwasum Polri Kombespol Ulung Sampurna Jaya, S.I.K, Auditor Itwil I Itwasum Polri Kombespol Andrie Rondonuwu, S.I.K, M.Si, Auditor Kepolisian Madya Tk. III Itwasda Polda Kalbar Kombespol Eddy Suryantha Tarigan, S.I.K, MH, Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, PJU Polres Sanggau serta Kabagops, Kasat Intelkam, Kaposko, Operator dari Polres Sanggau, Polres Sintang, Polres Sekadau dan Polres Melawi.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau mengucapkan selamat datang di Polres Sanggau dan senang disini.

AKBP Suparno juga menyampaikan laporan situasi Polres Sanggau dan 3 Polres dalam keadaan aman terkendali serta melaporkan situasi khusus di Polres Sanggau tentang Georafis dan wilayah Perbatasan.

“Operasi OMB dilaksanakan telah sesuai dengan Ren Ops yang sudah ada, sesuai arahan dari Tingkat Mabes dan Polda serta telah dilaksanakan supervisi, dalam tahapan Pemilu 2024 tidak ada kendala dan saat sekarang dalam tahapan sidang pleno Kabupaten Sanggau,” ungkapnya.

Kapolres Sanggau juga menyampaikan dalam perencanan kegiatan telah sesuai dengan Ren Ops dan menyesuaikan anggaran yang ada,  tentunya itu semua blm sempurna, dimohon kepada tim memberikan petunjuk dan arahan agar pelaksanaan operasi dan penggunaan anggaran dapat berjalan dengan baik.

Sementara Ketua Tim Audit Wasops Itwasum Polri dalam sambutannya menyampaikan bahwa kedatangan kami merupakan petunjuk dari pimpinan dan memberikan konsultan dalam pelaksanaan OMB 2024, baik dari Personil, pelaksanaan dan anggaran.

“Jangan sampai ada riak-riak kembali yang bisa menimbulkan permasalahan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi sampai ke Pusat,” pesannya.


Kombespol Ulung juga meminta data sudah kami pegang semua dan dirangkum, kami akan mencoklit data yang ada agar mendetail.

“Kepada para Kapolres agar tertib personil dan anggaran untuk menjunjang kegiatan operasi,” ucapnya.

“Saya ucapkan terimakasi dan Apresiasi kepada Kasatwil jajaran yang telah  mengelola situasi Kemtibmas yang Kondusif,” tambahnya.

Terakhir, Dirinya juga meminta jangan sampai ada permasalahan terkait anggaran OMB.

Sementara beberapa objek yang dilakukan pendalaman Bidang Opsnal dan Anggaran diantaranya Penerimaan Direktif dan Dokumen Renops Mantap Brata 2023-2024, Struktur pelaksana operasi, Data awal, data perkiraan ancaman dan Renpam baik menjelang, pada saat dan setelah pelaksanaan setiap tahap kegiatan Pemilu Tahun 2024 (pendaftaran, penetapan peserta, kampanye, masa tenang, pemungutan suara, rekapitulasi dan penghitungan suara) yang sesuai Renops.

Penyusunan jadwal kegiatan operasi secara terstruktur dan sistematis baik pelaksanaan pengamanan Pemilu yang dilaksanakan selama 222 hari, Distribusi dan tata kelola anggaran operasi, Pemanfaatan teknologi informasi dalam mendukung operasi, Rencana Latpraops dan pelaksanaannya, Bentuk kerjasama dan pelibatan instansi lintas sektoral, Pembuatan Renkon dengan mendasari Renops dan Renpam yang ada dalam rangka mengantisipasi terjadinya resiko yang bersifat kontijensi, Bentuk kebijakan dan terobosan untuk memperlancar operasi, Jumlah dan jenis Almatsus Polri yang digunakan dalam operasi, Terkait penerimaan bantuan dana hibah dari Instansi / Lembaga penyelenggara pengamanan Pemilu, Pilpres dan Pileg, Kendala ataupun hambatan pelaksanaan tugas operasi, Upaya untuk menjaga netralitas Polri, Kirpat Intel, Jumlah personil yang dilibatkan dalam OMB, Penetapan Pos dan Personil di KPU dan Bawaslu, Verifikasi TPS dan Pola PAM, Rikes Personil yang terlibat operasi serta Sistem pelaporan operasi.

Pelaksanaan kegiatan Audit Was Ops pada Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata Kapuas 2023-2024 oleh Itwasum Polri dalam rangka pengecekan terhadap kesiapan, meningkatkan efektivitas, efisiensi serta akuntabilitas sesuai dengan prosedur operasional dalam pelaksanaan tugas Kepolisian pada Operasi Mantab Brata Kapuas 2023-2024 Pemilu serentak Tahun 2024 khususnya di Jajaran Polda Kalbar.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya