» » » Polres Sanggau Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS serta Simulasi Pengamanan TPS Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024

Polres Sanggau Gelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS serta Simulasi Pengamanan TPS Dalam Rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024

Penulis By on Jumat, 09 Februari 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Tribun Presisi Polres Sanggau Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS serta Simulasi Pengamanan TPS dalam rangka Pengamanan Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Sanggau.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Candra Kusumah, SH, S.I.K, Wakapolres Sanggau Kompol Yafet Efraim Patabang, SH, S.I.K, Dandim 1204/Sgu diwakili oleh Pasi Ops Kodim 1204 Sanggau Kapten Inf. M. Yunus, Ka Rutan Kelas IIB Sanggau Donni Isa Dermawan, A.Md.IP, SH, M. Si PJU Polres Sanggau, Kapolsek Jajaran, Danton Kompi III Sanggau Aiptu Jefri Marpaung, Ketua KPU Kabupaten Sanggau Iis Supianto, Komisioner Bawaslu Sanggau Joko Mulyo Hari Setiawan, SH, PPK, Kabid Ormas Kerbangpol Kabupaten Sanggau Martinus Dop, SE, Panwascam dan Personil yang terlibat Pengamanan TPS.

Kegiatan simulasi Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS dan Simulasi Pengamanan TPS diperankan oleh personil Polres Sanggau.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau mengajak untuk senantiasa memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, Allah Subhanahu wa Ta'ala bahwasanya pada kesempatan pagi hari ini kita masih diberikan nikmat, kekuatan, keselamatan, kesehatan dan semangat. Kita hadir disini tentunya dalam rangka melaksanakan simulasi pengamana Pam TPS dalam hal ini Pemilu 2024.

AKBP Suparno juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua KPU dan seluruh Komisioner atas bantuannya yang telah menyediakan perangkat dan inklude dengan personil penyelenggara TPS yang hadir.

“Tentunya kami di Polres Sanggau ini mengucapkan terima kasih bisa dibantu semaksimal mungkin dalam pelaksanaan simulasi ini,” ucapnya.

Kapolres Sanggau mengungkapkan kegiatan simulasi ini, tujuannya adalah untuk memberikan gambaran kepada kita seluruhnya, terutama Personil yang akan terjun langsung mengamankan pemungutan suara ini, sehingga gambaran dan mekanisme ini bisa kita lihat secara riil nyata.

“Kalau dulu itu dikatakan Gladi Posko atau Gladi Lapangan disimulasikan sehingga rekan-rekan tidak hanya membaca aturan-aturan yang ada di buku dan aturan-aturan yang sudah di dapatkan pada Lat Praops,” ucapnya.

“Namun kita ingin memastikan bahwa Personil betul-betul paham dan mengerti tentang pedoman serta aturan mekanisme yang akan dilakukan di lapangan nanti. Sehingga tentunya dengan adanya Simulasi ini kita bisa percaya diri, tidak ragu-ragu dalam melaksanakan tugas nantinya,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolres Sanggau menyampaikan nanti kita akan melaksanakan pengamanan pemutan suara. Sebelumnya mungkin kita akan melaksanakan Serpas (Pergeseran Pasukan) yang akan dilaksanakan pada tanggal 12 Pebruari sesuai dengan rencana.

“Saya berharap kegiatan ini gunakan sebaik mungkin. Lihat dan mencermati serta pahami, jangan ada personil hanya datang di sini tidak ada artinya serta tidak ada manfaatnya,” pesannya.


“Nanti akan saya cek satu persatu personil, setelah simulasi ini apakah paham atau tidak setelah ada pelaksanaan silmulasi ini,” tambahnya.

Kemudian, lanjut Kapolres, pelaksanaan kegiatan Ini memerlukan persiapan baik itu fisik maupun mental. Kemarin kita sudah sampaikan jauh hari, silakan rekan-rekan jaga kesehatannya masing-masing, cek rutin supaya dalam pelaksanaan nanti di hari H-1 sampai dengan pelaksanaan selesai Rekapitulasi di PPK, kemudian surat suara tersebut kembali ke gudang KPU Kabupaten dalam keadaan sehat.

“Tolong siapkan mental yang kuat, karena ada beberapa lokasi yang memang memerlukan ya kekuatan mental kita, mulai dari sekarang jaga diri kita masing-masing. Tidak ada pelanggaran sekecil apapun, baik itu pelanggaran disiplin, etika serta pelanggaran pidana,” ucapnya.

“Sekali lagi sambil melihat, sambil juga mungkin mempersiapkan buku sakunya, dibandingkan serta disandingkan antara Law In The Book dan Law In Action yang akan kita laksanakan disini apakah ada perbedaan atau tidak,” tambah Kapolres Sanggau.

AKBP Suparno juga mengingatkan kepada Personil untuk mempersiapkan sarana prasarana Kaporlap perorangan yang sudah di bagikan seperti ransel, Jas Hujan dan sebagainya. Koordinasikan dengan rekan-rekan yang ada di wilayah, apa keperluan dan kesulitan yang akan di dapatkan di TPS.

“Pelaksanaan kegiatan Pemilu dari awal yakni pada 19 Oktober 2023 sampai dengan kegiatan yang saat ini telah kita lalui, Wilayah Kabupaten Sanggau masih dalam keadaan kondusif, aman, tertib dan terkendali,” katanya.

“Mari kita jaga selalu sampai dengan nanti selesai acara Pemilu 2024 ini, kami tidak bisa melaksanakan tugas sendiri, tentunya kita harus bekerja sama. Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih kepada TNI, KPU, dan Bawaslu, karena bisa bersinergi melaksanakan kegiatan ini, berkomunikasi, kemudian berkoordinasi dan kolaborasi,” ucap Kapolres Sanggau.

“Harapan kami kedepan dengan tahapan inti pelaksanaan pemilu ini, kami mengharapkan kolaborasi yang kita laksanakan nanti lebih ditingkatkan dan dimaksimalkan lagi sehingga kita di di wilayah Kabupaten Sanggau ini bisa tercipta keamananan dan ketariban yang kita inginkan,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan rangkaian Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS oleh Personil Polres Sanggau.

Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara di TPS dan Simulasi Pengamanan TPS yang telah dilaksanakan merupakan langkah penyusunan strategi pengamanan yang efektif dalam menangani situasi pengamanan kota dan kontijensi, khususnya kepada anggota yang melaksanakan pengamanan di TPS. Tujuan pelaksanaan kegiatan yaitu dalam rangka meningkatkan kesiapan para personil pengamanan dalam menghadapi potensi ancaman dan mengendalikan situasi yang dapat mengganggu kamtibmas pada Pemilu 2024.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya