» » » Sosialisasi dan Asistensi Bidang Keuangan Oleh Bidkeu Polda Kalbar di Polres Sanggau

Sosialisasi dan Asistensi Bidang Keuangan Oleh Bidkeu Polda Kalbar di Polres Sanggau

Penulis By on Kamis, 30 Mei 2024 | No comments


Polres Sanggau - Bertempat di Aula Graha Wira Pratama Polres Sanggau Jl. Jenderal Sudirman Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi dan Asistensi Bidang Keuangan Oleh Bidkeu Polda Kalbar.

Tim Sosialisasi dan Asistensi dari Bidkeu Polda Kalbar dipimpin oleh Kombes Pol Dolly A. Primanto, SH, S.I.K., MH selaku Penanggung Jawab, Ketua Tim AKBP Tonny Wintara, SE, MH, Anggota Aiptu Harry Sulistiyono Suryo Oetomo, A.Md, Aiptu Nikodemus Valentino, SH, Briptu Mustamsikin dan Bripda Martinus Frengki Aheng.

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Sanggau AKBP Suparno Agus Chandra Kusumah, SH, S.I.K, PJU Polres Sanggau, Kapolsek Kapuas Iptu Marianus beserta Kasium, Kapolsek Mukok Iptu Sutono beserta dan Kapolsek Parindu Ipda H. Pintor Hutajulu beserta Kasium dan Para Kaurmintu, Paurmin Bag, Sat, Si Polres Sanggau.

Dalam sambutannya Kapolres Sanggau menyampaikan laporan situasi kamtibmas Polres Sanggau secara umum dalam keadaan aman tertib dan kondusif.

“Polres Sanggau telah melaksanakan kegiatan Kepolisian secara optimal sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang ada,” ucapnya.

“Kami menyadari masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan tugas, mohon bimbingan, arahan serta dukungan dari tim guna dalam penggunaan anggaran tepat sasaran dan tepat guna,” sambungnya.

AKBP Suparno mengungkapkan bahwa Polres Sanggau telah menandatangani anggaran NPHD terkait Pilkada Serentak Tahun 2024 dan mendapat hibah dari Pemda sebesar 5,8 M, dengan anggaran yang besar ini mohon arahan khusus terkait dengan pertanggungjawabkan penggunaan anggaran tersebut.

Sementara Kabidkeu Polda Kalbar dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa kegiatan Asistensi dalam rangka memberikan hal positif dengan memberikan sosialisasi dan asistensi kepada pengemban Fungsi Keuangan yang berdedikasi dan bertanggungjawab, kredibel serta akuntabel.

Dirinya mengatakan bahwa Capaian IKPA Polri menempati posisi 2 setelah Kementerian Keuangan, untuk nilai IKPA Satker Jajaran per April 2024 Polres Sanggau menempati posisi ke-3.

“Hasil temuan Audit Kinerja Itwasda Tahap I terdapat 150 temuan bidang Garkeu agar diatensi para Kasatker jangan sampai terdapat temuan berulang,” ungkap Kombes Pol Dolly.


Dalam penekanannya Kabidkeu Polda Kalbar menyampaikan terkait Belanja Pegawai, Belanja Barang, Belanja Modal dan Belanja PNBP T.A. 2024.

Kombes Pol Dolly meminta agar Kapolres segera menyelesaikan naskah hibah PAM Pilkada sehingga dapat segera diajukan nomor registrasi ke Bidkeu Polda Kalbar untuk selanjutnya membuka rekening dan dapat mempergunakan dana hibah tersebut sebagaimana mestinya (Polres Sanggau telah melaksanakan).

“Diharapkan Kapolres mengawal terkait Administrasi/Perwabkeu hibah uang PAM Pilkada tersebut agar ke depan tidak menjadi permasalahan. Apabila terdapat permasalahan dalam proses hibah silahkan koordinasikan dengan Bidkeu/Staf yang membidangi terkait mekanisme hibah atau KPPN setempat,” terangnya.

Dirinya menjelaskan, pada masa pengamanan Pilkada dimana semua sumber daya terfokus di hal tersebut jangan juga dilupakan kegiatan rutin yang sudah di anggarkan di Dipa Satker sehingga kedua hal tersebut dapat berjalan secara bersamaan.

Disampaikan juga kepada Kapolres dan para PJU Satker Polres untuk memperhatikan nilai IKPA Satker dan diharapkan agar dilakukan Anev secara rutin terkait komponen IKPA sehingga dapat di antisipasi apabila ada penurunan nilai Ikpa Satker.

“Bagi anggota yang diberikan tanggungjawab sebagai pengelola keuangan di subsatker atau kasium di Polsek agar selalu berpedoman pada Perkap 5 tahun 2022 dalam administrasi keuangan serta rutin membukukan di buku kas terkait penerimaan dan pengeluaran anggaran sehingga tidak menjadi permasalahan dikemudian hari,” ucap Kombes Pol Dolly.

Ia meminta Untuk bendahara penerimaan agar selalu mengecek antara setoran dengan material yang dikeluarkan serta diharapkan tidak ada sisa tunai perharinya di bendahara penerimaan sehingga tidak terjadi permasalahan.

“Kepada Anggota/PNS yang dilibatkan dalam beberapa kegiatan Ops dalam waktu yang bersamaan hanya diberikan honor satu kali yang paling besar untuk menghindari duplikasi,” ungkapnya.

“Agar bendahara selalu mengingatkan pengguna anggaran agar perwabkeu yang sudah terbit SP2D segera melengkapi perwabkeunya untuk segera di upload di aplikasi Puskeu Presisi (Modul Perwabkeu) dikarenakan selalu di Anev oleh Puskeu Polri,” tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi dan asistensi dengan sasaran meliputi Sosialisasi dan Asistensi belanja pegawai dan belanja modal, Perwabku belanja pegawai, belanja barang dan belanja modal T.A. 2023 dan Tahun berjalan T.A. 2024, Penerimaan Hibah Satker, Perwabku Tunjangan Kinerja, Laporan Tunjangan Khusus Perbatasan, Laporan penerimaan dan penyetoran PNBP dan laporan keuangan T.A. 2023 dan Laporan Penatabukuan Manual.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya