» » » Bhabinkamtibmas Polsek Mukok Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dengan Banner

Bhabinkamtibmas Polsek Mukok Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dengan Banner

Penulis By on Kamis, 06 Juni 2024 | No comments


Polres Sanggau - Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Bhabinkamtibmas Polsek Mukok Aipda HR. Siahaan melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan menggunakan banner sebagai media informasi. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai lokasi strategis di Desa Engkode, Kecamatan Mukok, Kabupaten Sanggau.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya menyampaikan bahwa penggunaan banner merupakan salah satu cara efektif untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya dan dampak dari karhutla.

“Banner ini berisi imbauan dan informasi mengenai bahaya kebakaran hutan serta cara-cara pencegahannya. Kami berharap masyarakat dapat lebih waspada dan ikut berperan aktif dalam mencegah terjadinya karhutla,” ujarnya.

Dalam sosialisasi tersebut, Aipda HR. Siahaan menjelaskan beberapa langkah preventif yang dapat dilakukan oleh masyarakat, seperti tidak membakar sampah atau lahan secara sembarangan, melaporkan adanya titik api atau kebakaran kepada pihak berwenang, serta ikut serta dalam kegiatan patroli bersama untuk memantau dan mencegah terjadinya karhutla.

Selain menggunakan banner, sosialisasi juga dilakukan melalui pertemuan dengan tokoh masyarakat, pemuda, dan warga.

Aipda HR. Siahaan memberikan penjelasan langsung mengenai risiko dan dampak negatif dari karhutla, baik terhadap kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi masyarakat.

Sementara Kapolsek Mukok, Iptu Sutono mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas dalam upaya pencegahan karhutla.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini dan berharap dapat meningkatkan kesadaran serta partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan. Kerja sama antara Polri dan masyarakat sangat penting untuk mencegah terjadinya karhutla,” katanya.

Kegiatan sosialisasi ini mendapatkan respon positif dari masyarakat Desa Engkode. Mereka menyatakan kesediaan untuk ikut serta dalam upaya pencegahan karhutla dan berkomitmen untuk menjaga lingkungan sekitar agar tetap aman dan bebas dari ancaman kebakaran.

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan kasus karhutla di wilayah Kecamatan Mukok dapat diminimalisir dan masyarakat semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan demi keberlangsungan hidup yang lebih baik.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya