» » Antusiasme Pelajar SMP dan SMA se Kecamatan kapuas mengikuti Latihan PKS

Antusiasme Pelajar SMP dan SMA se Kecamatan kapuas mengikuti Latihan PKS

Penulis By on Rabu, 24 Januari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Bertempat di Mapolres Sanggau, Kasatlantas Polres Sanggau AKP Refandri Meidika Putra, S.Ik bersama Unit Dikyasa melaksanakan pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dengan peserta 175 orang pelajar SMP dan SMA se Kecamatan Kapuas, Selasa (23/01/2018).

Kegiatan pelatihan PKS perlu dilaksanakan dikalangan pelajar, dengan tujuan untuk membentuk kepribadian pelajar yang tanggap dan cekatan, berjiwa sosial serta berwawasan pengetahuan yang lebih baik. PKS juga sebagai suatu kebutuhan bagi pihak Sekolah yakni untuk mewujudkan keamanan, ketertiban dan kedisiplinan siswa di lingkungan Sekolah.


Keberadaan anggota PKS di lingkungan Sekolah dapat membantu peran Guru dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan, baik terhadap pembinaan pengembangan bakat siswa maupun pengawasan siswa di lingkungan Sekolah dan anggota PKS juga dapat membantu rekan-rekannya di jalan untuk menyeberangkan saat datang dan pulang dari Sekolah, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta dapat menjadi mitra dalam mendukung tugas Kepolisian yakni melaksanakan “Patroli Keamanan Sekolah” di lingkungan Sekolah masing-masing sesuai tugas pokoknya PKS tanpa mengganggu kegiatan belajar dan kegiatan PKS ini telah mendapat dukungan dari orang tua/wali murid serta Kepala Sekolah mengingat kegiatan tersebut dapat menumbuh kembangkan minat dan bakat siswa.

Materi yang disajikan dalam latihan PKS yakni teori dan praktek di lapangan mengenai tugas-tugas PKS, latihan PPPK, PBB, 12 Gerakan Dasar Pengaturan Lalu Lintas dan Senam Lalu Lintas yang disampaikan Kanitdikyasa Satlantas Polres Sanggau Aiptu Erpan Yudi Asmara.

“Diharapkan peserta latihan PKS setelah selesai mengikuti pelatihan dapat mengimplementasikan di Sekolah masing-masing dan sekaligus dapat menjadi contoh bagi rekannya serta dapat menjadi teladan dalam keluarganya” jelas Kasatlantas Polres Sanggau AKP Refandri Meidika Putra, S.Ik.






Penulis : Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya