» » » Jelang Pilkada Serentak, Satuan Sabhara Polres Sanggau Gencar Lakukan Latihan Dalmas

Jelang Pilkada Serentak, Satuan Sabhara Polres Sanggau Gencar Lakukan Latihan Dalmas

Penulis By on Jumat, 26 Januari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Untuk meningkatkan kemampuan pengamanan Pilbup Kabupaten Sanggau dan Pilkada serentak tahun 2018, Satuan Sabhara Polres Sanggau melaksanakan latihan rutin pengendalian massa (Dalmas), Jumat (26/01/2018).

Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan di lapangan Tribun Sabang Merah Kelurahan Bunut Kab. Sanggau, dipimpin langsung oleh Kasatsabhara Polres Sanggau AKP Oloan Sihombing, didampingi Kanit dan Kasubnit Dalmas.

"Pelatihan pengendalian massa dimulai dari latihan dalmas awal yaitu tanpa menggunakan peralatan, sampai penggunaan peralatan dari helm, tongkat, serta tameng," ujar Kasatsabhara Polres Sanggau AKP O. Sihombing.

Pelatihan tersebut bertujuan melatih fisik anggota serta kesiapan anggota pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya di lapangan mengingat sekarang sudah masuk dalam pentahapan Pilkada.


"Dalmas dalam pelaksanaan tugas di lapangan bergerak dalam ikatan peleton dan kompi, bergantung dari jumlah massa dan tingkat anarkis dan bahaya yang ditimbulkan," jelas AKP Oloan Sihombing

Dalam mengendalikan massa, kata AKP O. Sihombing, terdapat beberapa tahapan yang dilalui, mulai dari tindakan preventif dengan menurunkan tim negosiator, hingga menggunakan peralatan pemecah massa seperti gas air mata atau water canon.


"Standard Operational Procedure (SOP)-nya mengacu pada Perkap Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan dalam Tindakan Kepolisian," pungkasnya.




Penulis    :  Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya