» » Polwan Dan Motor Trailnya

Polwan Dan Motor Trailnya

Penulis By on Jumat, 26 Januari 2018 | No comments


Tribratanews.polri.go.id - Polda Kalbar- Polres Sanggau, Menjadi seorang anggota Polri, harus siap ditempatkan di mana saja walaupun menjadi seorang polwan, dan penempatannya juga tidak pandang bulu, Termasuk di perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang berbatasan dengan negeri jiran Malaysia misalnya, begitu juga yang dialami Bripda Indah anggota Polres Sanggau ini.

Indah merupakan satu dari dua Polwan yang bertugas di Polsek Entikong, jajaran Polres Sanggau. Bersama rekannya, Bripda Katarina Salona, Indah harus kuat menjalankan tugasnya di daerah perbatasan.

Entikong merupakan kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat yang berbatasan dengan Sarawak, Malaysia. Kondisi di perbatasan sudah biasa bagi Indah dan Katarina. Karena, mereka tumbuh besar di Kecamatan Kembayan dan Entikong.

Awal kariernya bermula saat ia menamatkan sekolah di SMA 01 Beduai dan lulus Diktuk Brigadir Polwan SPN Mojokerto tahun 2014 silam. Dirinya dilantik pada 29 Desember 2014 dan mendapat ranking 40 dari 999 siswa Diktuk. Setelah dilantik, Bripda Indah langsung mendapatkan penempatan pertama di Polres Sanggau pada 8 Januari 2015.

Selang dua bulan kemudian, ia dimutasi ke Polsek Tayan Hulu. Tak begitu lama, empat bulan kemudian ia kembali dimutasi 'balik kandang' ke Polsek Entikong. Hingga saat ini putri pertama dari empat bersaudara hasil pasangan T Simaremare dan N Nadeak ini masih mengemban tugas di sebagai anggota Fungsi Sium Polsek Entikong.


Sebagai 'anak perbatasan', Bripda Indah ingin benar-benar menjaga perbatasan yang tak lain merupakan kampung halamannya. Maka, wanita pemberani ini mempunyai mimpi besar agar anak-anak perbatasan mau dan banyak yang menjadi anggota Polri.

Langkah awal untuk memotivasi anak-anak perbatasan, Indah ikut menyambangi dusun-dusun pedalaman dan desa terluar di Entikong dalam rangkaian Patroli Jarak Jauh (PJJ). Senin 22 Januari 2018 kemarin, dia bersama sembilan personel Polsek Entikong menyambangi Dusun Mangkau, Desa Pala Pasang. Pasukan dipimpin Wakapolsek Entikong, Iptu Eeng Suwenda.

"Kemarin saya dilibatkan PJJ di Desa Pala Pasang. Saya ikut memberikan motivasi dan menumbuhkan semangat kepada anak-anak disana agar ingin dan mau bergabung menjadi anggota Polri," ucap Indah, Jumat (26/1/2018).

Dalam PJJ ini, kata Indah, antara Polwan dan Polki tidak ada yang dibedakan. Semuanya diberi perlakukan sama. Setiap anggota harus bermotor masing-masing. Tak peduli dengan kondisi medan yang dilewati. Banyak tanjakan dan turunan jalan tanah merah bercampur batu kerikil itu yang harus dihadapi. Belum lagi kondisi jalan yang berlumpur alias jalanan 'bubur' harus dilintasinya acapkali diguyur hujan.

"Banyak rintangan dalam perjalanan menuju Dusun Mangkau. Motor dinas yang saya gunakan ambles. Beruntung dibantu dorong oleh Wakapolsek beserta rekan lainnya, sehingga bisa meneruskan perjalanan," ujarnya lagi.

Indah melanjutkan, kegiatan PJJ kemarin sekaligus mengemban misi untuk menciptakan Pilkada damai, cipta kondisi, mengecek keamanan dan ketertiban masyarakat di sana. "Kami juga berdialog dengan tokoh masyarakat, agama dan adat. Mendengarkan aspirasi mereka," tutur wanita berwarna kulit sawo matang ini.

Sukses terus bripda Indah diwilayah perbatasan, mudah mudahan ditangannya lah nanti masyarakat perbatasan bisa lebih memahami tentang aturan aturan dalam bermasyarakat, serta bersama sama masyarakat dapat menjaga sitiasi kamtibmas diwilayah tersebut.



Penulis   : Muhammad Aulia
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya