» » Jurnalistik dari Pewarsa berikan Pelatihan kepada Personel Polres Sanggau

Jurnalistik dari Pewarsa berikan Pelatihan kepada Personel Polres Sanggau

Penulis By on Jumat, 02 Februari 2018 | No comments


Polda Kalbar - Polres Sanggau - Tak kurang dari 50-an personel Polres dan Polsek dari berbagai satuan mengikuti pelatihan juranalistik yang digelar di aula sementara Mapolres Sanggau, Jumat (02/02/2018) siang. Pelatihan tersebut adalah salah satu rangkaian dari acara latihan cyber troops yang diinisiasi pihak Polres Sanggau.

Persatuan Wartawan Sanggau (Pewarsa) mendapat kehormatan untuk mengisi materi pelatihan tersebut. Kiram Akbar, wartawan harian Rakyat Kalbar, diberi kesempatan memberikan dasar-dasar penulisan berita. “Seperti kita tahu dasar penulisan berita itu 5W 1H. Itu dulu dilengkapi,” kata Kiram mengawali paparannya.

Dia mengatakan, tak perlu terlalu banyak menyampaikan teori dalam pelatihan ini. Terpenting adalah, begitu paham dasar-dasar pembuatan berita, peserta disilakan untuk mempraktikkannya.
“Sekarang saya minta saudara-saudara menuliskan report tentang kegiatan kita hari ini,” ajaknya.

Dibantu rekan-rekan Pewarsa lainnya, para anggota Polres itu dibimbing untuk menulis sebuah berita tentang kegiatan pelatiahan ini. “Memang tidak akan langsung bisa begitu mengikuti pelatihan. Terpenting perbanyak membaca untuk menambah wawasan dan keragaman kata,” pungkasnya.

Kebanyakan para peserta mengeluhkan sulitnya untuk memulai menuliskan sebuah laporan.
“Yang penting terus dan terus berlatih dan sering membaca berita koran atau online,” ujarnya.




Penulis : Denny Ardiyanto
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya