» » » Brigadir Rudy Berikan Sosialisasi Kamseltibcar Lantas dan Bijak Penggunaan Medsos

Brigadir Rudy Berikan Sosialisasi Kamseltibcar Lantas dan Bijak Penggunaan Medsos

Penulis By on Jumat, 05 Oktober 2018 | No comments



Polres Sanggau - Polsek Parindu - Bhabinkamtibmas Desa Sebarra Polsek Parindu Polres Sanggau, Brigadir Rudy melakukan sosialisi tentang ketertiban berlalu lintas di SMP Negeri 1 Parindu, sosialisasi diberikan kepada siswa agar siswa mengetahui cara mentaati peraturan lalu lintas yang benar, Kamis (4/10) pagi.

Dalam kesempatan tersebut Brigadir Rudy menyampaikan sosiaslisasi antara lain, siap keselamatan berlalu lintas, siap mentaati semua peraturan lalu lintas, siap kondisi pengemudi saat berkendara serta siap kondisi berkendaraan bermotor.

Brigadir Rudy  dalam sosialisasinya juga menyampaikan, kecelakaan terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya adalah faktor kemanusiaan, faktor kendaraan, faktor jalan dan faktor iklim atau cuaca.


Seluruh komponen faktor penyebab kalau tidak diperhatikan, pasti akan menambah angka kecelakaan. “Oleh sebab itu perlu adanya kerjasama dari pengendara dan Polisi untuk berkomitmen menekan angka kecelakaan di wilayah Polsek Parindu,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama Brigadir Rudy juga mengajak para siswa untuk  bijak dalam menggunakan media sosial (medsos).

Dijelaskannya, dengan berkembangnya internet, alat komunikasi dan media sosial harus diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Jangan sampai penggunaan medsos disalahgunakan untuk kepentingan negatif dan berakibat hukum.


Disampaikan juga kepada siswa, saat ini di media sosial banyak beredar berita bohong atau Hoax. Banyak juga tulisan maupun gambar yang bersifat provokasi, isu SARA serta adu domba yang dapat memecah belah persatuan. Hendaknya siswa bisa menyaring informasi tersebut.

“Fungsi utama media sosial adalah untuk berkomunikasi dengan sesama. Jangan sampai media sosial digunakan untuk menimbulkan permusuhan maupun turut menyebarkan informasi yang belum diketahui pasti kebenarannya,” pesan Brigadir Rudy.

Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Parindu, bapak Suhardi mengatakan pihak sekolah sudah mengambil langkah bersama dengan orang tua siswa untuk mewujdkan disiplin lalu lintas. Dengan cara menghimbau kepada siswa agar tidak membawa kendaraan sepeda motor kesekolah, karena belum mempunyai surat ijin mengemudi (SIM).


“Sosialisasi ini sangat dibutuhkan agar anak-anak disiplin berlalu lintas sehingga anak lebih siap dalam proses belajar,” ujar Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Parindu.

Ditempat terpisah, Kapolsek Parindu Iptu Sapja mengatakan adanya kegiatan pembinaan siswa dimanfaatkan untuk memberikan materi tentang bijak menggunakan media sosial. Siswa kita ajak untuk menggunakan media sosial sesuai porsinya dan tidak ikut menyebar berita Hoax.

“Pembinaan terhadap siswa akan kita lakukan secara berlanjut dengan sasaran sejumlah Sekolah yang berbeda di Kecamatan Parindu. Hal ini untuk memaksimalkan sosialisasi Bijak bermedia sosial dan menangkal Hoax,” kata Kapolsek.


Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya