» » » Gedung Baru Mapolresta Pontianak Kota akan Dibangun

Gedung Baru Mapolresta Pontianak Kota akan Dibangun

Penulis By on Rabu, 10 Oktober 2018 | No comments



Polda Kalbar – Hari ini Rabu, 10 Oktober 2018,  Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, melakukan acara tepung tawar pemancangan tiang pertama di lokasi pembangunan gedung Mapolresta Pontianak Kota. Lokasi bangunan itu berada di bilangan Jalan Johan Idrus No.1 Kecamatan Pontianak Selatan.

Pada kegiatan itu juga hadir Wakapolda Kalbar Brigadir Jenderal Polisi Dra Sri Handayani, Kapolresta Pontianak Kota Kombes Pol Wawan Kristyanto, Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono dan tamu undangan lainya.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH, menjelaskan gedung baru Mapolresta Pontianak Kota akan dibangun setinggi 3 lantai di lahan seluas 2.016 meter persegi. Rincianya, dengan luas bangunan 14 x 48 meter persegi. “Pembangunan ini akan menghabiskan dana sebesar Rp 9 Milliar lebih. Pembangunan menggunakan dana hibah anggaran APBD Pemerintah Kota Pontianak,” kata Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH. "Bangunan ini merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Kota Pontianak, konstuksi dijadikan dua tahap. Di tahun anggaran 2018 sebesar Rp 4,9 Milliar lebih untuk tahap I, dan tahun anggaran 2019 diperkirakan sebesar 5 milyar untuk tahap II yang sampai saat ini masih dalam tahap proses lelang oleh Pemerintah Kota Pontianak,".


Pemerintah Kota Pontianak melalui Dinas Cipta Karya mempercayakan pengerjaan proyek ini kepada PT. Sinar Jaya Pelita. Dalam kesempatan tersebut, projek manajer PT Sinar Cahaya Pelita, H Endang memastikan proyek akan berjalan lancar dan tepat waktu, estimasi waktu pengerjaan selama 90 hari Kalender dan diperkirakan selesai sekitar bulan Januari 2019 untuk tahap I.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH,  berkata kondisi gedung Polresta Pontianak Kota saat ini sudah tidak memadai sangat sempit. Ia menyebut gedung yang ada sudah tak bisa menampung untuk penambahan ruangan pelayanan kepolisian seperti ruang penyidikan, ruangan dokumen, arsip dan sebagainya.

Bangunan ini akan mengadopsi gaya bangunan minimalis bermotif kedaerahan dan menyesuaikan dengan budaya Kalimantan Barat.

“Tahun 2018 ini, Polda Kalbar mendapat Berkah. Beberapa gedung dibangun seperti: gedung Rorena, gedung TIK, bangunan commend center Biro Ops, bangunan Masjid Annur, gedung Rumkit, SPN di Singkawang, Mes Bintara di Polres Sambas dan Polres Singkawang, Kantor Pelayanan SIM dan gedung Penjagaan di Polres Singkawang serta yg terakhir lembangunan gedung Ditreskrimsus Polda Kalbar,” ujar Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH. “Ini semua berkat dari kinerja kita, kerja keras kita yang mampu mengelola kamtibmas,”.


Apresiasi Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono SH MH,  kepada Plt Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, atas hibah pembangunan gedung Mapolresta Pontianak Kota ini, begitu juga kepada warga masyarakat Kalbar yang telah membantu proses dan tahapan pembangunan beberapa gedung dan ruang pelayanan Kepolisian.

Dengan fasilitas gedung yang semakin layak ini, kedepan Polri akan semakin baik lagi dalam mengawal dan mensukseskan program pemerintah.

“Kami pastikan Kota Pontianak dan Kalbar adalah Provinsi yang aman, siapapun yang datang dan berinvestasi di Kalbar pasti aman, wisatawan domestik dan mancanegara kita kawal keamanannya,” tutur Jenderal bintang dua itu.


Penulis : Cucu Safiyudin S.Sos SH MH
Publish : Humas Polres Sanggau

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya