» » » Peduli Generasi Muda, Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Kepada Siswa Baru

Peduli Generasi Muda, Bhabinkamtibmas Berikan Sosialisasi Kepada Siswa Baru

Penulis By on Selasa, 09 Juli 2019 | No comments


Polres Sanggau, Polsek Tayan Hilir - Selasa,09 Juli 2019 pukul 09.00 wita, Bertempat di Ruang Kelas SMA Negeri 1 Tayan Hilir, Bhabinkamtibmas Polsek Tayan Hilir Brigpol Wahyu Ari Wibowo menyampaikan materi kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Tayan Hilir, dalam rangka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi siswa-siswi baru tahun ajaran 2019/2020.

Adapun salah satu kegiatan pengenalan lingkungan sekolah yakni Pemberian Materi sosialisasi terhadap para siswa.

Selaku Bhabinkamtibmas mewakili Kapolsek Tayan Hilir dan selaku pemberi materi dikegiatan tersebut, Brigpol Wahyu memberikan materi tentang tertib berkendara dijalan raya serta penyebaran berita bohong / Hoax.

Pada kesempatan tersebut, Brigpol Wahyu Ari Wibowo memberikan pengetahuan terhadap para siswa baru tentang Tata tertib berlalu lintas, pengenalan terhadap rambu-rambu lalu lintas dan bagaimana cara jitu untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya, baik terhadap diri sendiri ataupun orang lain.

Dalam hal ini juga, Brigpol Wahyu menjelaskan kepada para siswa bagaimana bersikap baik ataupun buruk pada saat dijalan raya.


“Apabila kita mentaati peraturan berlalu lintas maka kita sudah bersikap baik dan akhirnya pun akan berhasil dengan baik atau mendapatkan keselamatan, begitu pula sebaliknya apabila kita bersikap tidak baik atau melanggar peraturan berlalu lintas maka kita akan mendapatkan keburukan atau kecelakaan saat berada dijalan raya,” ucapnya.

Seperti contoh bila menggunakan Helm Standar saat mengendarai sepeda motor maka kita sudah bersikap baik dan pasti akan selamat. Walaupun terjadi laka lantas maka kepala kita terlindungi, begitu juga sebaliknya bila tak gunakan helm kita tidak bersikap baik. Dan akhirnya terjadi laka lantas maka yang terjadi Kepala kita terjadi benturan yang mengakibatkan kematian.

Dalam Materi penyebaran berita bohong / Hoax Brigpol Wahyu menyampaikan saat ini sangat penting untuk dipahami oleh seluruh siswa/siswi sejak dini, dimana usia remaja adalah usia rentan terpapar info dan berita negatif yang sering tersebar melalui media sosial. Banyak konten yang tidak jelas kebenarannya ( hoax) yang berseliweran dengan bebasnya.

"Bagaimana kita menangkal kebohongan di Facebook, Instagram dan media sosial lainnya, tidak membagikan ke teman, tidak memberikan ke orang lain," ujar Brigpol Wahyu saat memberikan materi Penyuluhan di SMA Negeri 1 Tayan Hilir.

Meski hal tersebut merupakan suatu kebohongan, kata Brigpol Wahyu, lama-lama kebohongan itu diyakini sebagai kebenaran karena disebarkan terus menerus. Selain itu, ia meminta siswa tidak mempelajari sesuatu tanpa petunjuk maupun bimbingan. Jika tidak, maka siswa akan mempersepsikan sendiri informasi yang didapat dan menelannya mentah-mentah.

"Kita bisa punya pemikiran yang berbeda dan salah paham tentang keberadaan Pancasila, kerukunan beragama, antarsuku," pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya