» » » Patroli dan Pemadaman Api oleh Anggota Polsek Sekayam bersama PT. GKM

Patroli dan Pemadaman Api oleh Anggota Polsek Sekayam bersama PT. GKM

Penulis By on Selasa, 06 Agustus 2019 | No comments


Polres Sanggau - Tiga Personil Polsek Sekayam Brigpol Suta Sutrisna, Brigpol Billy Deskara Herdan dan Brgpol Yanmaro bersama pihak Perusahaan PT. GKM (Global Kalimantan Makmur) melaksanakan Patroli dan pemadaman Api, Senin (5/8/2019).

Kegiatan patroli tersebut dilaksanakan di lokasi Area Perkebunan Kelapa Sawit PT. GKM (Global Kalimantan Makmur) di Dusun Setogor Desa Sotok Kecamatan Sekayam Kabupaten Sanggau untuk mengantisipai terjadinya kebakaran lahan di Area Perkebunan PT. GKM.

Giat Patroli dilaksanakan dengan route dimulai dari pengecekan disekitar Kantor, Camp Perusahaan, Pabrik hingga Areal Perkebunan dengan menggunakan Kendaraan Roda 4 dan Roda 2.


Kapolsek Sekayam AKP Efadhoni Lilik Pamungkas, SH, S. Ik melalu Bhabinkamtibmas Desa Sotok Brigpol Suta Sutrisna mengatakan, dari hasil patroli dilakukan, kami menemukan titik Api yang berada di sekitar Areal Afdeling OK.

“Hasil pengecekan Api tersebut berasal dari lahan milik warga yang dibakar untuk bercocok tanam dengan perkiraan luas lahan sekitar 0,5 Ha yang berbatasan langsung dengan perkebunan kelapa sawit milik PT. GKM yang selanjutnya dilakukan upaya pemadaman oleh Anggota Patroli gabungan,” ucapnya.

Brigpol Suta menambahkan Api berhasil dipadamkan dengan menggunakan Alat pemadam Api milik Polsek Sekayam dan selanjutnya personil Patroli gabungangan kembali ke Kantor PT. GKM sekitar pukul 16.30 Wib.


Bhabinkamtibmas Desa Sotok tersebut mengungkapkan tidak menutup kemungjinan masih banyaknya Titik-titik Api yang berada di wilayah Kec. Sekayam mengingat pada saat ini merupakan musim kemarau yang sering dimanfaatkan masyarakat lokal untuk memulai masa bercocok tanam dengan cara membakar lahan yg sudah dilakukan secara turun temurun.

“Sejauh ini, kami dari pihak Polsek Sekayam bersinergi bersama TNI telah melakukan upaya preemtif dan prefentiv dengan melakukan sosialisasi secara langsung ke masyarakat dan penggalangan kepada Tokoh Masyarakat, Adat dan perangkat Desa dan sampai saat ini giat tersebut tetap terus kami laksanakan,” pungkasnya.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya