» » » Tanggap Bencana, Kapolsek Toba Cek Lokasi Banjir

Tanggap Bencana, Kapolsek Toba Cek Lokasi Banjir

Penulis By on Senin, 13 Januari 2020 | No comments


Polres Sanggau - Kapolsek Toba Ipda Supariyanto bersama Anggota melakukan Pengecekan debit air anak sungai di wilayah Kecamatan Toba Kabupaten Sanggau.

Kapolsek Toba menjelaskan, untuk di Kecamatan Toba terdapat 3 (tiga) titik Desa yang akses jalannya terputus akibat Banjir dan beberapa rumah warga yang terendam banjir diantaranya Desa Teraju, Desa Bagan Asam dan Desa Belungai Dalam.

“Untuk Desa Teraju, terdapat dua Dusun yang terkena dampak banjir diantaranya Dusun Teraju Barat Rt. 001, Rt. 002 dan Rt.011 diketahui bahwa untuk saat sekarang debit air Sungai Dawak sudah mulai naik dan menggenangi beberapa titik akses jalan seukuran setengah betis orang dewasa, akan tetapi belum ada perumahan warga yang terendam serta Dusun Mangkup Rt. 007 dan Rt. 008 diketahui bahwa saat sekarang debit air Sungai Dawak sudah mulai naik, akses jalan didepan rumah warga terendam air, Rt. 018 akses jalan putus terendam banjir seukuran Paha kaki orang dewasa dan ada 6 KK rumah warga yang terendam air seukuran mata kaki orang dewasa.

Di Desa Bagan Asam, lanjut Kapolsek, terjadi di Dusun Modang Rt. 003 diketahui bahwa saat sekarang debit air Sungai Bawang sudah mulai naik, akses jalan didepan rumah warga terendam banjir dan ada 1 KK rumah warga terendam air seukuran mata kaki, Gereja Gapembri dan Polindes modang terendam banjir seukuran setengah betis orang dewasa.


“Sedangkan di Desa Belungai Dalam terjadi di Dusun Embangai Hilir diketahui bahwa saat sekarang debit air aliran anak sungai sudah mulai naik, akses jalan didepan rumah warga terendam banjir, akan tetapi belum ada perumahan warga yang terendam air dan Dusun Nek Cikam diketahui bahwa saat sekarang debit air aliran anak sungai sudah mulai naik, akses jalan didepan rumah warga terendam banjir, akan tetapi belum ada perumahan warga yang terendam air.

Ipda Supariyanto mengatakan Untuk saat ini di wilayah Kec. Toba khususnya akses jalan dan rumah warga dibeberapa Desa sudah terjadi banjir dan beberapa rumah warga terendam air dikarenakan luapan aliran sungai meningggi akibat intensitas curah hujan yang meningkat.

Langkah yang telah kami ambil dengan melakukan pemetaan terhadap daerah rawan banjir dan puting beliung serta tanah longsor di wilayah Kecamatan Toba dan Melaksanakan pengecekan dan monitoring debit air di sungai yang ada di wilayah Kecamatan Toba.

“Kami juga telah melaksanakan koordinasi dengan Satgas Bencana Kecamatan Toba dan Dinas Instansi terkait penangguangan apabila terjadi bencana,” tambah Kapolsek.


Untuk beberapa hari kedepan, kata Kapolsek, wilayah Kecamatan Toba akan terjadi banjir yang meluas di beberapa Desa dikarenakan intensitas curah hujan meningkat dan debit air disungai kapuas maupun luapan aliran anak sungai meninggi akibat setiap hari cuaca diwilayah Kecamatan Toba Hujan.

“Kami akan terus melakukan pengecekan dan monitoring setiap hari terkait perkembangan debit air di sungai kapuas maupun anak sungai yang ada di wilayah Kecamatan Toba sehingga perkembangan ketinggian air yang dapat mengakibatkan banjir meluas dapat segera diketahui dan dilakukan penanggulangan dengan segera,” kata Ipda Supariyanto.

“Kami juga akan melaksanakan koordinasi dengan dinas instansi terkait dan para Kades serta Kawil berikut BPBD Kabupaten Sanggau terkait penanggulangan jika terjadi bencana di wilayah Kecamatan Toba,” pungkasnya.

Penulis : Denny Ardiyanto
Publish : Humas Polres Sanggau
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya