» » » Kunjungan Kerja Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri di PLBN Entikong

Kunjungan Kerja Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri di PLBN Entikong

Penulis By on Jumat, 19 Maret 2021 | No comments


Polres Sanggau - Kunjungan Kerja Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri di PLBN Entikong Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat pada Kamis (18/3).
 
Dalam Kunjungan Kerja Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri ke PLBN Entikong tersebut di pimpin Kabag Lotas Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi, S.I.K didampingi Kasubbag Batas Baglotas Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri AKBP Gaspar Da Costa, S.H., Dipl.Tr dan anggota.
 
Kegiatan kunjungan ini di dampingi oleh Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, S. IK., MH, dan selanjutnya di adakan pertemuan di Aula Ruang Rapat PLBN Entikong.
 
Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala Administrator PLBN Entikong, Viktorius Dunand, SE, M. Si. Forkopimcam Entikong, CIQS PLBN Entikong  Danramil Entikong Mayor Inf Arman Sulistiono, Danyon Satgas Pamtas Yonif R 641/Bru diwakili oleh anggota, Camat Entikong yang diwakili oleh Sekcam Kosmas Yul, Kapolsek Entikong Akp Oloan Sihombing, Kepala Kantor BP2MI Entikong diwakili oleh Yusnita Surbakti, Kacabjari Entikong Rudi Astanto, Kepala Bea Cukai Entikong di wakili oleh Heri, dan Basuki Nur, Kepala Karantina Perikanan dan Kepala Karantina Pertanian Yongki Wahyu Setiawan, Karantina Kesehatan Pelabuhan diwakili Muarif, Komuniti Intel BIN Entikong Baskoro.
 
Dalam sambutannya Kapolres Sanggau AKBP Raymond M. Masengi, mengucapkan Puji dan Syukur kita panjatkan kepada TYM, dimana kita bisa dapat menerima kunjungan Divisi Hubungan Internasional Polri diwilkum Polres Sanggau.
 
Kapolres Sanggau mengucapkan terimakasih kepada instansi di PLBN Entikong atas kesiapan pelaksanaan kunjungan kerja Tim Divisi Hubungan Internasional Polri.
 
“Penanganan WNI/PMI Bermasalah atau terindikasi masalah pidana di Malaysia saat pemulangan/Deportasi agar CIQS saling berkoordinasi dan menginfokan ke pihak Kepolisian,” ucap AKBP Raymond.
 
Diharapkan Kabag Lotas Set NCB Interpol Indonesia Divhubinter Polri dapat memberikan arahan pelaksanaan tugas perbatasan di masa pandemi Covid-19, dan CIQS PLBN Entikong memberikan masukkan kepada tim sebagai bahan kajian.
 
“Semoga dengan kegiatan ini dapat kita implementasikan di wilayah perbatasan di Kabupaten Sanggau ini,” ucap Kapolres Sanggau.
 
Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi dalam sambutannya menjelaskan Divhubinter Polri bertugas menyelenggarakan kegiatan National Central Bureau (NCB) dalam upaya penanggulangan kejahatan internasional/transnasional, mengemban tugas misi internasional dalam misi damai kemanusiaan dan pengembangan kemampuan sumber daya manusia serta turut membantu pelaksanaan perlindungan hukum.
 
“Tujuan ke perbatasan Entikong untuk mengidentifikasi atau mencari konsep ideal dalam pengelolaan jalur lintas batas di PLBN Entikong dan untuk melihat serta mengevaluasi sinergitas antara Polri dengan Instansi terkait (CIQS) diwilayah perbatasan dalam rangka penanggulangan kejahatan transnasional maupun internasional,” ucapnya.
 
Kombes Pol FX. Arendra Wahyudi mengharapkan kepada pihak PLBN dan semua unsur di wilayah perbatasan Entikong untuk dapat mengindentifikasi keluar masuknya orang melalui PLBN Entikong.
 
“Dari sekian banyak PLBN yang ada di Indonesia, PLBN diwilayah Kalimantan Barat yang aktifitasnya sangat aktif dari lintas orang, barang dan kendaraan. Perlu dilakukan konsolidasi internal CIQS PLBN Entikong terutama dimasa pandemi Covid-19,” ucapnya.
 
Selanjutnya pada pukul 12.25 WIB, Tim Monitoring dan Evaluasi Divisi Hubungan Internasional Polri Melaksanakan pengecekan dan peninjauan Pelayanan dan Border PLBN Entikong.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya